Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Dibalik Nasi Padang yang Kamu Harus Tahu

List Artikel
2 November 2018 | 0 Komentar
Siapa yang nggak tahu nasi Padang? Makanan yang biasa ditemui di rumah makan Padang ini memang sudah diakui kelezatannya. Selain itu nasi Padang juga menjadi salah satu ikon kuliner yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional lho. Masakan Padang seperti rendang, ayam pop, gulai, dendeng balado, dan lain-lain memang selalu konsisten memanjakan lidah para penikmatnya. Terkadang meski perut terasa penuh, jika disajikan makanan Padang di atas meja rasanya hati juga nggak mampu nolak deh. Tetapi tahukah kamu fakta menarik di balik kelezatannya itu? Simak beberapa penjelasan di bawah ini yuk!

1. Porsi Nasi Lebih Banyak Jika Dibungkus


Sumber : Seringg.blogspot.com

Dilihat dari sejarahnya, pada zaman Belanda yang dapat menikmati masakan Padang dirumah makan Padang hanyalah kalangan elit saja. Oleh sebab itu karena pemilik rumah makan Padang ingin orang pribumi juga bisa menikmati nasi Padang maka disiasati dengan cara membungkusnya dan porsinya lebih banyak agar bisa berbagi dengan yang lain. Versi lain juga menyebutkan hal ini disebabkan karena biaya pelayanan, kalau makan di tempat diberikan pelayanan. Sedangkan kalau dibungkus nasi nya lebih banyak dibandingkan makan di tempat.

2. Di Padang Nggak Ada Nama "Rumah Makan Padang"


Sumber : Pergikuliner.com

Di Sumatera Barat, kamu nggak akan menemukan warung makan yang bertuliskan 'Rumah Makan Padang', sebab di sana warung makan biasa tersebut ya Rumah Makan Padang itu. Restoran yang menyediakan berbagai macam makanan Padang biasanya memiliki spesialisasinya sendiri. Oleh karena itu jika ingin menikmati gulai, kamu bisa mencarinya di restoran yang khusus menjual menu itu. Jarang ada restoran yang menyediakan beragam masakan, biasanya mereka mempunyai keahlian masing-masing. Setiap daerah mempunyai masakan Padang yang khas yang berbeda dari yang lain.

3. Foto Kakek Berkopiah Hitam


Sumber : Reportaseglobal.com

Sebagian rumah makan Padang mempunyai foto kakek berkopiah hitam atau dikenal dengan foto Ungku Saliah. Jika menjumpai foto Ungku Saliah di beberapa rumah makan padang, maka dapat dipastikan bahwa pemilik rumah makan padang itu berasal dari Pariaman, Sumatera Barat. Orang Minang, khususnya orang Pariaman beranggapan bahwa Ungku Saliah adalah orang keramat. Memajang fotonya bagi sebagian orang akan mendatangkan rezeki. Sementara sebagian lagi hanya sebagai identitas asal mereka. Ada juga yang ikut-ikutan tanpa tahu awalnya.

4. Antara Daun Singkong dan Gulai Nangka


Sumber : Pergikuliner.com

Di Pulau Jawa, daun singkong dan gulai nangka nggak dapat dipisahkan jika membeli nasi padang dibungkus atau makan di tempat. Dua menu tersebut menjadi pelengkap wajib dalam sajian nasi padang. Namun, di tempat asalnya, Sumatera Barat, daun singkong malah jarang dipasangkan dengan gulai nangka lho.

5. Rendang Menjadi Makanan Paling Lezat di Dunia


Sumber : Pergikuliner.com

Masakan asal Sumatera Barat yang sangat terkenal adalah rendang. Bahkan rendang masuk dalam 50 masakan terenak di dunia versi pembaca situs berita dunia CNN pada pertengahan 2017 lalu. Nggak main-main, rendang berhasil menyabet juara satu. Bumbu rendang yang kaya rempah mampu mengeluarkan aroma lezat. Belum lagi daging sapi yang sudah direndam berjam-jam dicampur rempah benar-benar bisa menggoda lidah. Nggak heran, rendang jadi incaran banyak orang di dalam maupun luar negeri.

6. Lebih Nikmat Makan Pakai Tangan


Sumber : Pergikulier.com

Walaupun disediakan sendok dan garpu di meja makan, tapi tentu saja akan lebih nikmat menyantap hidangan nasi padang menggunakan tangan. Karena kuah dan bumbu yang menempel di tangan itu lebih nikmat ketika kita menjilat tangan kita setelah selesai menyantap nasi padang, walaupun makan nasi padang menggunakan tangan akan meninggalkan aroma nasi padang yang akan sulit hilang jika hanya dibilas dengan air.

Dan itu dia beberapa fakta di balik nasi Padang yang lezat. Sekarang waktunya kamu untuk menikmati suguhan nasi Padang enak yang ada di beberapa rumah makan Padang rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Marco Padang Grill

Foto Marco Padang Grill
Foto Marco Padang Grill

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

RM Pangeran Khas Minang

Foto RM Pangeran Khas Minang
Foto RM Pangeran Khas Minang
Foto RM Pangeran Khas Minang

Padang Express

Foto Padang Express
Foto Padang Express
Foto Padang Express

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?