Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Itiak Balado yang Konon Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan Belanda

List Artikel
22 September 2019 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang tidak suka makan masakan Padang? Keberadaan masakan Padang yang aslinya berasal dari daerah Minangkabau ini memang sudah mendunia. Tak hanya terkenal di Indonesia saja, tapi di luar negeri keberadaannya juga terbilang sangat populer. Masakan Padang terkenal akan cita rasanya yang lezat. Sebenarnya masakan Padang ini memiliki ciri khas santan, cabai merah dan cabai hijau. Coba saja kamu perhatikan beberapa menu masakannya seperti gulai kakap, dendeng batokok, hingga itiak lado mudo. Itiak lado mudo atau yang lebih dikenal dengan nama itiak balado ini merupakan sajian daging bebek (itiak) yang dipadu dengan lado mudo (cabai hijau keriting) yang telah digiling lalu dibumbui dengan aneka rempah-rempah. Inilah alasan mengapa kuliner ini dinamakan itiak lado mudo (bebek cabai hijau).

 


Sumber : Resepkoki.id 


Usut punya usut, ternyata itiak lado mudo ini sudah ada sejak zaman Belanda. Kuliner itiak lado mudo ini pada zaman Belanda selalu disajikan oleh masyarakat Minangkabau pada saat acara panen sawah. Itiak lado mudo ini berasal dari kawasan Ngarai Sianok, tepatnya di Nagari Sianok dan Koto Gadang. Dari sinilah kuliner ini berasal. Ada banyak pertanyaan kenapa itiak lado mudo ini bisa sangat terkenal jika dibandingkan dengan dendeng batotok. Sebenarnya kepopuleran keduanya ini sama saja. Tapi berhubung itiak lado mudo ini lebih jarang ditemukan, maka orang jadi lebih penasaran untuk mencicip kuliner ini.



 Sumber : Goodindonesianfood.com


Meski menggunakan daging bebek, tapi bukan berarti tekstur dari itiak lado mudo ini alot lho. Berhubung menggunakan bebek yang masih muda, maka tekstur dagingnya pun jadi lebih empuk. Bebek yang dipilih ini usianya kurang lebih baru 6 bulan, jika lebih dari itu, maka tidak bisa digunakan. Tapi ternyata penggunaan bebek yang usianya masih muda ini bukan hanya karena agar bisa mendapatkan daging yang empuk saja, tetapi juga bertujuan supaya cita rasa bumbu dan rempahnya lebih terasa hingga ke dalam tulang-tulangnya. Untuk memasak itiak lado mudo ini membutuhkan waktu berjam-jam lamanya. Dengan proses memasak yang cukup lama, maka cita rasanya terasa lebih lezat da juga dagingnya akan semakin empuk.

 

Jadi ingin makan masakan Padang? PergiKuliner punya beberapa restoran Padang ternama yang cita rasa masakannya patut diacungi jempol. Yuk, lihat!

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

RM Sinar Minang

Foto RM Sinar Minang
Foto RM Sinar Minang

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

RM Bopet Mini

Foto RM Bopet Mini
Foto RM Bopet Mini
Foto RM Bopet Mini

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?