Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Menarik Tentang Naengmyeon, Mie Dingin Asal Negeri Ginseng

List Artikel
5 November 2019 | 0 Komentar

Bagi pecinta drama Korea atau K-pop pastinya sangat suka atau seringkali mencicipi kuliner asal negeri ginseng. Tak hanya Jepang dan China saja yang punya sajian mie lezat, tapi Korea juga punya sajian mie dengan cita rasa yang pasti bikin kamu ketagihan. Beberapa di antaranya adalah ramyun, jajangmyeon, kalguksu, serta naengmyeon. Berbicara tentang naengmyeon, kuliner mie khas Korea Selatan ini banyak dijumpai pada saat musim panas karena memang mie ini harus disajikan dalam keadaan dingin. Tapi tahukah kamu ada beberapa fakta menarik tentang naengmyeon yang perlu kamu ketahui, yaitu:



 Sumber : Seonkyounglongest.com


1. Naengmyeon Punya Dua Jenis

Fakta yang pertama adalah naengmyeon ini punya dua jenis yang berbeda. Selama ini kita hanya mengetahui satu jenis naengmyeon saja, tapi ternyata jenisnya ada dua, yakni mul naengmyeon yang disajikan bersama dengan kuah kaldu sapi atau kuah kimchi lobak bening sehingga cita rasanya segar. Sedangkan jenis yang satunya lagi adalah bibim naengmyeon yang tidak ada kuahnya. Bibim naengmyeon ini disajikan dengan saus cabai merah sehingga cita rasanya cenderung pedas. Untuk mul naengmyeon dibuat dari bahan utama gandum, sementara untuk bibim naengmyeon dibuat dari bahan dasar tepung ubi atau jagung sehingga teksturnya lebih tipis dan chewy.

 

2. Penamaan Jenis Naengmyeon Ini Ada Kaitannya dengan Sejarah

Ternyata usut punya usut, penamaan kedua jenis naengmyeon ini ada kaitannya dengan sejarah masa lalu Korea. Mul naengmyeon awalnya punya nama lain Pyeongyang naengmyeon, sedangkan bibim naengmyeon punya nama lain Hamheung naengmyeon. Pyeongyang dan Hamheung ini ternyata adalah dua kota yang ada di Korea Utara. Lantas mengapa kedua sajian naengmyeon ini lebih populer di Korea Selatan? Ternyata pada saat terjadinya perang saudara antara dua negara bagian tersebut, tentara Korea Utara pergi meninggalkan negaranya menuju Korea Selatan dan bermukim di sana sehingga masyarakat Korea Selatan pun akhirnya mengenal naengmyeon.

 

3. Pembuatan Kaldu Jadi Kunci Utama Kelezatannya

Kunci kelezatan dari naengmyeon ternyata tidak hanya terletak dari segi mie yang digunakan, tetapi dari kuah kaldu yang digunakan. Bibim naengmyeon dan mul naengmyeon dimasak dengan menggunakan kaldu daging dan kimchi yang sudah dimasak dalam waktu berjam-jam lalu didiamkan dalam kulkas selama 4-5 jam. Dengan begitu cita rasa mie yang disajikan menjadi lebih kenyal dan berbumbu.

 

4. Menggunakan Es Batu dalam Penyajiannya

Ada satu fakta unik yang mungkin bagi masyarakat Indonesia akan terdengar aneh. Baik itu mul naengmyeon maupun bibim naengmyeon ini, keduanya sama-sama disajikan bersama dengan es batu. Namanya juga mie dingin, untuk mendapatkan sensasi dingin ini, maka ditambahkan es batu ke dalamnya sehingga sensasi dinginnya tetap berasa saat kamu menyantapnya.

 

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari naengmyeon, semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kamu tentang kuliner Korea ya. Jika ingin menyantap aneka kuliner Korea, kamu bisa mampir ke salah satu restoran Korea yang ada di bawah ini lho!

Noodle King

Foto Noodle King
Foto Noodle King
Foto Noodle King

SGD The Old Tofu House

Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House

Darin Master Of Noodle

Foto Darin Master Of Noodle
Foto Darin Master Of Noodle
Foto Darin Master Of Noodle

Holy Noodle

Foto Holy Noodle
Foto Holy Noodle
Foto Holy Noodle

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?