Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Petis Si Bumbu Masak Khas Jawa Timur

List Artikel
12 November 2018 | 1 Komentar

Bagi masyarakat Jawa Timur, nama petis sudah tidak asing lagi karena sering digunakan dalam kuliner-kuliner khas Jawa Timur karena bisa membuat cita rasa masakan jadi lebih lezat. Petis merupakan salah satu bumbu masakan yang terbuat dari bahan baku utama rebusan ikan atau udang yang dimasak lagi hingga mengental seperti saus lalu ditambahkan gula dan aneka rempah lainnya. Petis memiliki rasa yang gurih dan manis dengan tampilan warna hitam pekat. Ada beberapa fakta mengenai petis yang perlu kamu ketahui, yaitu:



Sumber : Makantravelind.blogspot.com


Termasuk Dalam Teknologi Pengawetan Cita Rasa Ikan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahan baku petis adalah ikan atau udang sehingga penghasil petis banyak kamu temukan di daerah-daerah pesisir pantai seperti Madura dan Gresik. Oleh masyarakat setempat, petis dijadikan sebagai teknologi pengawetan citarasa ikan dan udang dari hasil tangkapan nelayan. Bisa dikatakan kalau gizi dan cita rasa dari ikan dan udang tidak hilang jika dijadikan sebagai petis.


Bumbu Wajib Dalam Masakan Madura

Dibanding masyarakat Gresik, masyarakat Madura memang lebih terkenal akan sebagai penghasil petis terbesar di Jawa Timur. Ini dikarenakan Selat Madura memiliki beragam hasil laut, mulai dari ikan, udang, lorjuk, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tak heran jika masyarakat Madura pasti memiliki bumbu petis di dapur rumahnya. Selain harganya yang sangat murah sehingga terjangkau oleh semua golongan masyarakat, ada banyak masakan khas Madura yang menggunakan bumbu petis ini. Selain kuliner Madura, kuliner yang ada di kota Surabaya juga sebagian besar menggunakan bahan dasar bumbu petis di dalamnya seperti tahu telur, rujak cingur, dan masih banyak lagi.


Alternatif Pengganti Saus dan Penyedap Rasa

Petis bisa dikatakan termasuk dalam jenis saus yang terbuat dari sari pati suatu bahan hewani, sama seperti saus tiram atau saus yang biasa digunakan sebagai bahan olesan daging atau ikan bakar sehingga tak heran kalau cita rasa masakan yang menggunakan bumbu petis akan terasa jauh lebih lezat dan gurih. Jadi tak perlu menggunakan bumbu penyedap rasa seperti micin karena kamu cukup menambahkan petis dalam masakan untuk memperlezat rasa. 


Sekarang kamu sudah tahu kan kalau peran petis dalam masakan khas Jawa Timur? Nah sekarang kamu ingin menyantap kuliner khas Jawa Timur? Kamu bisa datang ke tempat makan yang ada di bawah ini!

Kupat Tahu Magelang AA

Foto Kupat Tahu Magelang AA

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan

Pondok Suryo Begor

Foto Pondok Suryo Begor
Foto Pondok Suryo Begor
Foto Pondok Suryo Begor

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Thank you for sharing excellent informations. Your web-site is very cool. I’m impressed by the details that you¡¦ve on this web site. It reveals how nicely you understand this subject. Bookmarked this web page, will come back for extra articles. You, my friend, ROCK! I found simply the information I already searched all over the place and simply couldn’t come across. What a perfect web-site. <a href="http://pialaqq.best/">PialaQQ</a> <a href="http://memberqq.store/">MemberQQ</a> <a href="http://member-qq.biz/">MemberQQ</a> <a href="http://hebat-qq.biz/">HebatQQ</a> <a href="http://hartapoker.biz/">HartaPoker</a>
nontonmovieasia19@gmail.com | 02 May 2020 pk. 12:54 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?