Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Risoles yang Jadi Camilan Favorit di Indonesia

List Artikel
20 Mei 2023 | 0 Komentar

Kamu suka menyantap camilan? Bagi orang yang suka ngemil pastinya tahu dengan kuliner yang bernama risoles. Risoles merupakan salah satu camilan yang juga termasuk dalam kategori jajanan tradisional karena kuliner ini tidak hanya dapat dijumpai di toko kue, melainkan juga dijual di pasar tradisional. Risoles memiliki ciri khas bentuk persegi panjang dengan bagian luar yang dibalut dengan tepung panir atau tepung roti sehingga saat digoreng, bagian luarnya akan terasa garing dan renyah sementara bagian dalamnya tetap empuk. Ciri khas lainnya dari risoles adalah rasanya yang sangat gurih dengan perpaduan rasa berbeda tergantung dari isiannya. Nah, buat yang suka dengan camilan mengenyangkan ini, Teman Kuliner harus tahu terlebih dahulu sejarah dari risoles yang jadi kegemaran masyarakat Indonesia.


Asalnya adalah Pastry Asal Perancis



Sumber: Pergikuliner.com


Tahukah Teman Kuliner kalau risoles ini aslinya berasal dari Perancis. Kebanyakan masyarakat Indonesia menganggap kalau risoles berasal dari Belanda, padahal aslinya camilan ini berasal dari Perancis. Kuliner ini sudah ada sejak abad ke-13 sehingga termasuk kuliner klasik. Uniknya, risoles termasuk dalam jenis pastry di Perancis. Jadi awalnya kulit risoles dibuat dari bahan pembuat pastry yakni mentega, telur, dan tepung terigu. Nama risoles ini berasal dari bahasa latin rissole dan bahasa Perancis risoller yang memiliki arti kemerahan. Hal ini dikarenakan adonan pastry yang digunakan untuk kulit akan diisi dengan daging cincang merah alias daging sapi dan digoreng hingga matang. Selain menggunakan daging merah, isian risoles di Perancis juga bisa berupa aneka seafood yang sudah dibumbui terlebih dahulu. Berbeda dengan Indonesia, masyarakat Perancis menyantap risoles sebagai makanan utama karena memang mengenyangkan.

 

Mengapa Risoles Dikira Berasal dari Belanda?



Sumber: Pergikuliner.com


Lantas mengapa risoles justru dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai kuliner dari Belanda? Ternyata hal ini ada alasan logisnya. Risoles yang sudah dikenal sejak abad ke-13 ini ternyata sangat populer di Eropa, termasuk di negara Belanda. Masyarakatnya sering menjadikan risoles sebagai lauk makan malam. Saat masyarakat Belanda datang ke Indonesia melalui jalur perdagangan laut, mereka membawa risoles sebagai bekal makanan. Dari sinilah masyarakat Indonesia mulai mengenal risoles dari masyarakat Belanda. Pada masa itu, risoles disebut dengan nama roinsolles. Berhubung di Indonesia, kulit pastry masih belum familiar, maka penggunaan kulit pastry digantikan dengan kulit crepes yang lebih mudah dibuat karena menggunakan tepung, telur, dan air. Untuk isiannya, berhubung daging sulit didapat, maka masyarakat Indonesia menggunakan sayur-sayuran seperti wortel dan kentang yang lebih murah dan mudah didapat.

 

Ada Banyak Jenis Risol yang Bisa Dijumpai di Dunia


Resepmamiku.com/@wawawiati


Selain diisi dengan sayur-sayuran, ada satu jenis risol lagi di Indonesia yang juga populer yakni yang menggunakan isian smoked beef, mayonaise, dan keju. Risoles ini ternyata tidak hanya punya dua jenis saja seperti yang ada di Indonesia karena ternyata di beberapa negara, risol dibuat dengan bahan yang berbeda sehingga jenisnya pun tak sama. Di Australia, bentuk risoles justru mirip dengan daging patty alias berbentuk bulat pipih. Berbeda dengan risoles di Portugal yang dibentuk setengah lingkaran dengan isian cincangan udang. Jadi bisa dikatakan kalau beda negara, maka berbeda pula jenis risolesnya.

 

Itulah sekilas sejarah mengenai risoles yang ternyata berasal dari Perancis. Semoga informasi tersebut bisa menambah pengetahuan Teman Kuliner mengenai aneka jajanan yang populer di Indonesia. Jika ingin mencicip aneka risol dan jajanan lainnya untuk nyemil, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat atau gerai kue yang bisa didatangi. Yuk, lihat!

Verina Risoles

Foto Verina Risoles
Foto Verina Risoles
Foto Verina Risoles

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Kenari Cakery

Foto Kenari Cakery
Foto Kenari Cakery
Foto Kenari Cakery

Pastel Wawa

Foto Pastel Wawa
Foto Pastel Wawa
Foto Pastel Wawa

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?