Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Tentang Ikura, Telur Ikan yang Ada Pada Sushi

List Artikel
3 Desember 2021 | 0 Komentar

Teman Kuliner sangat suka menyantap sushi? Pastinya buat yang suka sushi tahu dengan telur ikan yang seringkali muncul sebagai topping yang ada pada sushi. Telur ikan berwarna orange bening dengan ukuran mini tak hanya memiliki tampilan yang sangat cantik, tapi juga bisa menjadikan tekstur dan rasa sushi jadi berbeda. Banyak telur ikan yang bisa digunakan sebagai topping sushi, tapi yang paling populer adalah ikura. 


Ikura adalah telur ikan salmon yang punya tampilan warna orange bening yang berkilau. Buat yang pertama kali melihatnya pasti akan mengingatkan Teman Kuliner akan bentuk dari sagu mutiara yang sering digunakan dalam aneka dessert atau makanan manis khas Indonesia. Dikenal sebagai topping sushi, tahukah Teman Kuliner kalau ada beberapa fakta mengenai ikura yang perlu diketahui, kita bahas sama-sama di bawah ini ya!



Sumber: Amazonaws.com

 

Selain Sushi Juga Digunakan dalam Masakan Jepang Lainnya

Selama ini kita mengira kalau ikura ini hanya bisa dijumpai pada kuliner sushi saja. Padahal kenyataannya, ikura juga bisa dijumpai pada aneka kuliner Jepang lainnya. Mulai dari donburi hingga kaisendon. Ikura lebih sering dijadikan sebagai topping pada makanan yang memiliki bahan dasar atau bahaj utama nasi putih karena memang ikura sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat. Tapi bukan berarti ikura tidak cocok disantap dengan olahan kuliner Jepang lainnya. Ikura juga bisa dicampurkan dalam ramen atau udon.

 

Sering Salah Dikenali Sebagai Tobiko

Ikura ini seringkali salah dikenali sebagai tobiko. Keduanya memang sama-sama termasuk telur ikan. Tapi tobiko adalah telur ikan terbang, sedangkan ikura adalah telur ikan salmon. Sekilas keduanya memang susah dikenali, tapi ada beberapa ciri yang bisa membedakan keduanya. Tobiko punya warna yang kemerahan, berbeda dengan ikura yang warnanya lebih orange. Untuk ukurannya sendiri, tobiko jauh lebih kecil daripada ikura. Sementara untuk tekstur dan kekenyalannya sendiri lebih kenyal tobiko dan pada saat menyantapnya akan ada rasa meletus di mulut. Sementara untuk ikura teksturnya lebih lembut dan berair.

 

Ternyata Bisa Disantap Matang

Ikura memang dikenal sebagai bahan makanan yang bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah. Tapi kenyataannya telur ini juga bisa disantap dalam keadaan matang. Biasanya masyarakat Jepang akan memasak ikura dengan cara dikukus hingga matang. Sebelum dikukus pastinya ikura akan dibumbui terlebih dahulu dengan kecap asin atau dashi supaya rasanya lebih kaya.

 

Punya Kandungan Nutrisi yang Tinggi

Fakta terakhir tentang ikura adalah telur ikan salmon ini punya kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Tak berbeda jauh dengan daging ikan salmon, telurnya ini memiliki kandungan omega yang sangat lengkap. Mulai dari omega-3, omega-6, omega-7, hingga omega-9. Selain kandungan omega juga ada kandungan lemak, protein, vitamin A, vitamin D, lemak, zat besi, kalsium, fosfor, dan masih banyak lagi. Kandungan nutrisi yang tinggi pada ikura ini diperkuat dengana adanya jurnal penelitian yang menyertainya. Di dalamnya dijelaskan kalau kandungan nutrisi yang ada dalam ikura alias telur ikan salmon ini sangat banyak dan tidak hanya bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan kulit kita.

 

Itulah beberapa fakta mengenai ikura yang merupakan telur ikan dalam topping sushi. Kamu jadi kepingin makan sushi atau aneka masakan Jepang lainnya? Langsung mampir aja ke salah satu tempat dari lima rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

Sushi Sei

Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Genki Sushi

Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi

Sushi Tei

Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?