Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unik Banchan, Makanan Pendamping Khas Korea yang Penyajiannya Mini

List Artikel
5 Juni 2022 | 0 Komentar

Banchan adalah salah satu kuliner khas Korea yang sangat populer hingga ke luar negeri. Kepopuleran banchan dikarenakan rasanya yang sangat khas dan juga aromanya yang unik. Pasalnya, banchan ini merupakan kuliner yang difermentasikan sehingga memiliki keunikan tersendiri. Di Korea, banchan harus selalu tersaji pada setiap sajian makan. Ibaratnya jika di Indonesia harus ada sambal yang menemani setiap sajian makanan. Oleh karena itu, banchan tidak pernah boleh terlewatkan karena sudah menjadi sebagai tradisi yang dipertahankan secara turun temurun oleh masyarakat Indonesia. Menjadi kuliner tradisional yang sangat populer, ada beberapa fakta unik banchan yang perlu diketahui, yaitu:



Sumber: Kompasiana.com


Warisan Kuliner yang Masih Tetap Bertahan

Fakta yang pertama adalah banchan merupakan warisan kuliner yang konon sudah ada sejak jaman dinasti Joseon yang ada sejak tahun 1392 hingga 1897. Di masa tersebut, banchan hanya dapat dikonsumsi oleh para kaum bangsawan dan anggota kerajaan saja sehingga termasuk dalam makanan mewah. Pasalnya banchan ini dibuat dengan cara difermentasikan dalam jangka waktu yang lama sehingga membuat harganya menjadi lebih mahal. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, banchan mulai bisa dinikmati oleh masyarakat umum hingga seperti saat ini. Pada masa dinasti Joseon, banchan disajikan minimal 5 jenis dengan warna yang berbeda karena melambangkan lima arah. Warna yang dipilih bisa warna merah, putih, hitam, kuning, dan biru.

 

Tidak Hanya Dibuat Dari Bahan Sayuran

Banchan yang selama ini kita kenal mungkin hanya kimchi dan variannya saja yang dibuat dari bahan dasar sayuran. Padahal, banchan yang ada juga yang dibuat dari bahan bukan sayuran, misalkan saja dari protein seperti telur, ikan, kepiting, hingga kacang-kacangan. Tentu saja cara pembuatannya sama-sama dengan cara difermentasikan dalam jangka waktu yang lama. Hanya saja untuk bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sudah pasti berbeda. Kebanyakan banchan yang dibuat dari bahan protein atau kacang-kacangan akan difermentasikan dengan cara diberi campuran kecap asin sehingga nanti rasanya akan menjadi lebih asin, berbeda dengan kimchi yang agak asam.

 


Sumber: Namsan koreasource.com


Terdapat Ratusan Jenis Banchan

Fakta unik lainnya dari banchan ini adalah terdapat ratusan lebih jenis banchan yang dimiliki oleh Korea. Kimchi sendiri tercatat dalam Museum Kimchi di Seoul bisa mencapai hingga 187 jenis. Belum lagi banchan selain kimchi yang dibuat dari bahan dasar protein hingga kacang-kacangan. Bisa diprediksi kalau terdapat hampir 300 jenis banchan yang dimiliki oleh negeri ginseng ini.

 

Selalu Disajikan dalam Porsi Mini

Salah satu keunikan dari banchan adalah selalu disajikan dalam porsi mini. Hal ini dikarenakan banchan ini memiliki banyak jenisnya dan pada setiap sajian makan bisa disajikan 2-3 lebih banchan. Tapi biasanya jika ada jamuan makan bersama dengan keluarga, banchan yang disajikan bisa lebih dari 5 macam. Banyaknya banchan juga bisa dipengaruhi oleh jumlah jenis makanan yang disajikan. Oleh karena itu, porsi yang disajikan juga mini supaya kita bisa menyantap lebih dari satu macam banchan nantinya.



Sumber: Wikimedia.org

 

Pemilihan Banchan Disesuaikan dengan Jenis Makanan

Fakta terakhir dari banchan adalah ternyata banchan ini disajikan atau dipilih sesuai dengan jenis makanan yang disajikan. Jadi ada masyarakat Korea akan mencocokkan makanan dengan jenis banchan terlebih dahulu sebelum disajikan. Misalkan saja untuk banchan yang terbuat dari bahan protein seperti banchan jangjorim yang dibuat dari bahan dasar telur puyuh akan lebih cocok disajikan bersama dengan nasi putih, bukan dengan mie.

 

Itulah beberapa fakta unik banchan yang menjadi makanan pendamping khas Korea. Semoga informasi tersebut bisa menambah pengetahuanmu, ya! 

Gongjang Buffet Authentic Korean

Foto Gongjang Buffet Authentic Korean
Foto Gongjang Buffet Authentic Korean
Foto Gongjang Buffet Authentic Korean

Chingu Korean Fan Cafe

Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Namba Korean Comfort Food

Foto Namba Korean Comfort Food
Foto Namba Korean Comfort Food
Foto Namba Korean Comfort Food

SGD The Old Tofu House

Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?