Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unik Baso Aci, Kuliner Viral Bandung yang Ada sejak Zaman Kolonial

List Artikel
5 Oktober 2023 | 0 Komentar

Bakso atau baso merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Ada banyak faktor yang membuat masyarakat Indonesia menyukai bakso, mulai dari harganya yang murah meriah karena merupakan salah satu kuliner kaki lima, memiliki rasa yang enak dan gurih, hingga cocok disantap oleh semua kalangan usia. Bakso pada dasarnya dibuat dari bahan dasar campuran daging dan tepung. Ciri khas dari kuliner ini adalah bentuknya yang bulat dengan tekstur yang sangat kenyal. Berhubung masyarakat Indonesia sangat menyukai bakso, maka ada banyak varian bakso yang bisa kita jumpai tergantung dari daerah asalnya. Jadi, setiap daerah di Indonesia memiliki bakso khasnya sendiri. Di daerah Jawa Barat, ada baso aci yang sekarang sedang viral di berbagai media sosial. Sebelum mencicip kuliner yang sedang viral ini, mari kita ketahui beberapa fakta unik baso aci yang ada di bawah ini!



Sumber: pergikuliner.com

 

Sudah Ada sejak Zaman Kolonial

Fakta unik baso aci yang pertama adalah kuliner ini sebenarnya sudah ada sejak zaman kolonial. Jadi, meskipun belakangan ini sedang populer, ternyata baso aci termasuk dalam kategori kuliner klasik khas Indonesia karena sudah lama ada. Jika dirunut dari asal-usulnya, baso aci konon berasal dari daerah Garut, Jawa Barat. Baso aci muncul pada abad ke-19 atau pada sekitar zaman kolonial Belanda. Awalnya, baso aci ini hanya dijajakan di pasar tradisional karena memang diperuntukkan untuk masyarakat kalangan bawah. Lalu karena rasanya lezat, maka baso aci mulai dijajakan keliling dengan menggunakan gerobak sehingga menjadi salah satu kuliner murah favorit di Garut.

 

Awalnya Tidak Menggunakan Bahan Daging

Baso aci memiliki ciri khas yang terbilang cukup unik. Meski namanya baso, kuliner ini tidak menggunakan campuran daging pada awalnya, melainkan menggunakan tepung tapioka  yang dicampurkan dengan bumbu dan air lalu dibentuk bulatBaso aci dibuat oleh masyarakat setempat sebagai "bakso-baksoan" karena jika membuat bakso asli, harus menggunakan daging sapi cincang yang tentunya mahal. Meski demikian, baso aci sekarang sudah menggunakan campuran daging sapi cincang yang halus. Karena menggunakan tepung tapioka, maka tekstur dari baso aci ini sangat kenyal. Jadi ketika baso aci sudah mendingin, teksturnya jadi lebih agak keras. Maka dari itu, baso aci sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan masih panas.



Sumber: pergikuliner.com 


Isian dan Pelengkap yang Beragam

Fakta lainnya dari baso aci adalah kuliner khas Jawa Barat ini memiliki banyak isian dan pelengkap yang beragam. Jadi, selain baso aci sendiri, ada  cuanki lidah, siomay kering, pilus cikur, ceker, tetelan, tulangan, dan sebagainya. Banyaknya isian dan pelengkap yang ada pada sajian baso aci membuat rasa dari kuliner ini menjadi lebih kaya. Jadi. beda isian dan pelengkapnya, maka berbeda pula rasa dari hidangan baso aci.

 

Populer sejak Tahun 2000-an tapi Sempat Ditinggalkan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, baso aci ini sebenarnya sudah lama ada, tapi mengapa baru populer sekarang? Sebenarnya pada tahun 2000-an, baso aci sempat populer karena banyak dijual oleh pedagang kaki lima. Lalu kepopulerannya lambat laut memudar karena banyaknya kuliner asing yang masuk ke Indonesia. Pada sekitar tahun 2020-an, kuliner baso aci kembali populer karena banyak diulas oleh para selebgram dan influencer. Kini kamu bisa menjumpai baso aci yang dijual secara online dalam bentuk kemasan yang siap saji. Inilah yang membuatnya kembali terkenal.

 

Setelah melihat beberapa fakta unik dari baso aci yang sedang viral ini, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Di bawah ini ada gerai bakso enak yang sebelumnya sudah pernah dikunjungi oleh Teman Kuliner lainnya! Buat kamu penggemar bakso, yuk lihat beberapa rekomendasi bakso enak di bawah ini!

Baso Aci Mantan

Foto Baso Aci Mantan
Foto Baso Aci Mantan
Foto Baso Aci Mantan

Baso Aci Akang

Foto Baso Aci Akang
Foto Baso Aci Akang
Foto Baso Aci Akang

Bakso Solo Samrat

Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat

Adam Baso Sapi Asli

Foto Adam Baso Sapi Asli
Foto Adam Baso Sapi Asli
Foto Adam Baso Sapi Asli

Bakso Super Special Pak Diran

Foto Bakso Super Special Pak Diran
Foto Bakso Super Special Pak Diran
Foto Bakso Super Special Pak Diran

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?