Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unik Cloud Bread, Roti Awan untuk Diet yang Lagi Viral di TikTok

List Artikel
21 Agustus 2020 | 0 Komentar

Setelah kepopuleran dalgona coffee, Korean garlic cheese bread dan dessert box beberapa minggu yang lalu, sekarang ada lagi kuliner baru yang sedang viraldi TikTok saat ini yakni cloud bread atau yang dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai roti awan. Kuliner ini sangat populer sekarang di TikTok dan banyak Youtuber yang mengupload video tutorial-nya. Sesuai dengan namanya, roti awan ini memiliki keunikan dari segi tampilan dan teksturnya yang seperti awan yakni sangat lembut dan berongga seperti awan pada umumnya. Menjadi kuliner yang sedang viral saat ini, roti awan punya beberapa fakta unik yang perlu kamu ketahui, yaitu:



Sumber: Iamafoodblog.com


Sudah Ada Sejak Tahun 70-an

Fakta unik yang pertama dari roti awan adalah keberadaannya yang ternyata sudah ada sejak tahun 70-an. Meski baru terkenal belakang ini, tapi nyatanya cloud bread adalah jenis kuliner klasik yang tak lekang oleh waktu. Cloud bread diketahui pertama kali ada sekitar tahun 1970-an dan muncul di Amerika Serikat.


Awalnya Menjadi Kuliner untuk Diet

Kemunculan roti awan pada tahun 70-an diawali dari para pelaku diet yang sengaja membuat roti untuk diet mereka. Maka dibuatlah roti yang bebas gluten dan rendah karbohidrat. Roti ini pertama kali diperkenalkan dalam metode diet Atkins. Diet Atkins adalah metode diet rendah karbohidrat yang dipopulerkan oleh Robert Atkins. Atkins mendapatkan ide untuk membuat program diet tersebut setelah membaca Journal of American Medical Association.


Punya Nama Lain

Nama asli roti ini sebenarnya bukanlah cloud bread karena awalnya roti ini diberi nama oopsie bread atau oopsie rolls. Kenapa diberi nama tersebut. Ternyata cloud bread ini tercipta dari sebuah kesalahan pembuatnya. Meski cloud bread adalah roti yang digunakan pada diet Atkins, tapi resep yang beredar saat ini bukanlah resep awalnya. Jadi ceritanya, sang pembuat roti awan yang bernama Cleochatra telah melakukan kesalahan pada saat membuat roti tersebut menggunakan resep ala diet Atkins. Ia lupa menambahkan cottage cheese di dalamnya. Oleh karena itu muncul nama oopsie bread atau oopsie rolls.


Hanya Membutuhkan Tiga Bahan Utama

Menjadi viral di mana-mana membuat resep roti awan sangat mudah ditemukan. Perlu kamu ketahui kalau resep cloud bread hanya membutuhkan tiga bahan utama saja yakni putih telur, gula, dan tepung maizena. Sedangkan untuk bahan tambahannya hanyalah pewarna makanan saja. Putih telur dikocok bersama dengan gula hingga mengembang dan membentuk tekstur seperti meringue kemudian ditambahkan tepung maizena dan dipanggang hingga matang. Mudah bukan?

 

Terkenal Berkat Kartun Asal Korea

Menjadi roti yang asalnya dari Amerika membuat cloud bread awalnya kurang dikenal baik oleh masyarakat Asia, terutama Indonesia. Tapi sejak kemunculan sebuah kartun Korea bernama Cloud Bread yang ada di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia, roti ini mulai dikenal. Meski tidak seviral sekarang. Pada kartun tersebut terdapat kakak beradik bernama Hongshi dan Hongbi yang memasukkan awan ke dalam adonan roti milik ibunya sebelum dipanggang. Ketika mereka menyantap roti tersebut, maka tubuh mereka bisa melayang seperti awan. Konsep roti yang ringan seperti awan memang diadaptasi dalam kartun ini.

 

Itulah beberapa fakta unik dari roti awan yang sedang viral saat ini. Kamu sendiri sudah pernah mencoba roti awan ini belum? Kalau sudah, menurutmu bagainana rasanya?

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Iwai Bakery

Foto Iwai Bakery
Foto Iwai Bakery

Holland Bakery

Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery

Dandy Bakery

Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?