Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unik Kecap Manis yang Hanya Ada di Indonesia Sejak 3000 Tahun Lalu

List Artikel
23 Agustus 2020 | 0 Komentar

Kecap menjadi salah satu bumbu masakan yang bisa menjadikan citarasakulinerjadi lebih lezat. Bagi masyarakat Indonesia, kecap memang banyak digunakan dan sangat populer. Mulai dari dijadikan saus cocolan disantap bersama nasi putih hangat dan lauk pauk, hingga dicampurkan dalam masakan seperti dalam semur, soto, nasi goreng, orek, dan masih banyak lagi. Saking populernya, tak jauh berbeda dengan sambal, kecap juga selalu tersaji di atas meja sebagai bahan penyedap alami makanan. Meski sangat populer, tapi tak banyak orang tahu akan fakta unik dari kecap manis. Buat kamu yang belum tahu apa saja fakta unik dari kecap manis, cek dulu yuk di bawah ini!

 


Sumber: Grid.id


Dibawa Oleh Pedagang Tiongkok ke Indonesia Sejak 3000 Tahun Lalu

Fakta unik yang pertama dari kecap manis adalah ternyata bumbu masakan ini sudah ada di Indonesia sejak 3000 tahun yang lalu. Menurut catatan Bondan Winarno yang berjudul “Kecap Manis: Pusaka Kuliner Nusantara” sebenarnya tidak ada sejarah yang pasti kapan kecap manis masuk ke Indonesia, tapi pastinya kecap dikenal masyarakat Indonesia melalui pedagang Tiongkok yang datang ke Indonesia pada 3000 tahun lalu.


Hanya Indonesia Saja yang Punya Kecap Manis

Tahukah kamu kalau ternyata kecap manis ini adalah warisan kuliner asli Indonesia. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, awalnya pedagang Tiongkok memang membawa kecap dan bahan bakunya yakni kedelai pada saat singgah di Indonesia. Tapi kecap yang dibawa oleh pedagang Tiongkok ini adalah jenis kecap asin yang memiliki tekstur encer. Sayangnya masyarakat Indonesia tidak terlalu menyukai tekstur encernya sehingga kecap asal Tiongkok tersebut diadaptasi dengan cara menambahkan gula merah di dalamnya sehingga teksturnya jadi lebih kental dan pastinya memiliki cita rasanya menjadi lebih manis.


Cita Rasa Kecap Mania Berbeda-beda Tiap Daerah

Meski sama-sama kecap manis, tapi anehnya, beda daerah rasa kecap manisnya akan terasa berbeda. Tentu saja hal ini berlaku untuk merek kecap lokal yang hanya ada dan dijual di daerah tersebut. Penyebab utama cita rasa kecap manis yang berbeda ini dikarenakan komposisi dan jenis bahan yang digunakan dan berbeda-beda. Coba saja kamu perhatikan, gula merah yang ada di berbagai daerah di Indonesia rasanya beda-beda bukan?


Ada Dua Jenis Kacang Kedelai yang Digunakan

Tahukah kamu kalau ada dua jenis kacang kedelai yang digunakan dalam pembuatan kecap yakni kacang kedelai kuning dan hitam. Dari keduanya ini, jenis kacang kedelai hitam paling banyak digunakan karena selain warnanya yang lebih gelap, tekstur dan citarasanya juga cocok untuk dijadikan kecap manis.


Kecap Manis Kaya Manfaat untuk Tubuh

Fakta unik yang terakhir adalah kecap manis ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan kecap manis dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan. Seperti yang kita tahu, makanan fermentasi bisa menghasilkan asam amino yang membantu tubuh mencerna makanan lebih baik.


Itulah beberapa fakta unik dari kecap manis yang hanya ada di Indonesia. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kulinermu ya!

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Plataran Tiga Dari

Foto Plataran Tiga Dari
Foto Plataran Tiga Dari
Foto Plataran Tiga Dari

Rawon Bar

Foto Rawon Bar
Foto Rawon Bar
Foto Rawon Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?