Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unik Keju Termahal Di Dunia

List Artikel
28 April 2020 | 0 Komentar
Keju menjadi salah satu makanan yang paling banyak digunakan dalam dunia kuliner, terutama untuk kuliner barat. Di dunia, keju punya banyak sekali jenisnya tergantung dari daerah asal, bahan utama, dan serta metode dan lama pembuatannya. Beberapa keju yang sangat terkenal di dunia adalah keju cheddar, keju edam, keju mozarella, cream cheese, keju gouda, hingga keju parmigiano reggiano. Keju parmigiano mungkin tidak terlalu dikenal di Indonesia, tetapi di negara-negara Eropa dan Amerika, keju ini sangat populer. Keju ini berasal dari Italia, tepatnya di daerah yang bernama Parma dan Reggio Emilia. Tak heran kalau dinamakan parmigiano reggiano karena diambil dari nama daerah asalnya. Menjadi keju primadona di Eropa dan Amerika, keju parmigiano reggiano ternyata punya beberapa fakta unik yang perlu kamu ketahui, yaitu:


Sumber : News.italianfood.net

Sudah Ada Sejak Abad ke-13
Fakta unik yang pertama adalah keju parmigiano reggiano merupakan keju termahal dan tertua di dunia. Pasalnya keju ini diduga sudah ada sejak abad ke-13. Pada masa itu, keju ini diproduksi di rumah biara-biara karena lahan pekarangan mereka sangat cocok untuk beternak sapi perah. Sapi yang dipelihara oleh biara-biara ini diberi makan daun semanggi sehingga susunya memberikan citarasa yang sangat unik. Berhubung susunya terasa nikmat, mereka pun memutuskan untuk membuatnya menjadi keju agar susu bisa awet dikonsumsi. 

Menjadi Keju Termahal
Keju parmigiano reggiano merupakan salah satu keju termahal yang ada di dunia. Jika dibandingkan dengan keju-keju populer lainnya seperti keju cheddar, parmesan, dan mozarella, keju parmigiano reggiano jelas punya harga yang jauh lebih tinggi. Per kilonya, keju ini bisa dijual antara 25-26 euro atau jika dirupiahkan bisa mencapai harga Rp500-600 ribu per kilonya. Keju parmigiano reggiano bisa mahal harganya karena proses pembuatannya yang sangat lama dan rumit serta kualitasnya yang tinggi.

Dibuat dari Susu Sapi Bersertifikat
Keju parmigiano reggiano memang punya harga yang mahal. Salah satu penyebabnya adalah karena keju ini dibuat dari susu sapi bersertifikat. Jadi tak sembarangan susu bisa dijadikan keju parmigiano reggiano. Susu sapi bersertifikat didapat dari sapi yang hanya makan bahan makanan yang berasal dari daerah penghasil keju, yakni Parma dan Reggio Emilia. Seperti yang sudah dikatakan di atas, sapi yang menghasilkan susu untuk bahan utama pembuatan keju diberi makan dengan campuran daun semanggi. 

Proses Pematangan Bisa Mencapai 10 Tahun
Fakta unik lainnya dari keju parmigiano reggiano adalah proses pematangannya yang bisa mencapai 10 tahun lamanya. Awalnya pembuatan keju dibuat dari campuran susu, garam, dan rennet, lalu dilakukan proses pencampuran, fermentasi, dan pemisahan hingga keju menjadi padat. Setelah itu barulah keju dimatangkan dengan cara disimpan dalam rak-rak khusus hingga kurang lebih 3-10 tahun lamanya. Selama masa pematangan tersebut, keju sama sekali tidak boleh disentuh oleh tangan. Semakin lama usia keju parmigiano reggiano, maka semakin mahal harganya. 

Punya Ukiran Logo dan Nama yang Dicetak Khusus
Fakta yang terakhir adalah signature atau ciri khas dari keju parmigiano reggiano yakni adanya ukiran logo dan nama yang terletak pada bagian permukaan luarnya. Jadi setelah keju padat, sebelum dimatangkan atau disimpan dalam rak-rak khusus, keju harus diberi logo dan nama dengan proses stensil. Logo dan nama tersebut menandakan kalau keju parmigiano reggiano dibuat dari tempat yang sama. 

Itulah beberapa fakta unik dari keju parmigiano reggiano. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kulinermu ya! Jika ingin kuliner lainnya yang berbahan dasar keju, kamu bisa mampir sejenak ke sini aja ya!

Master Cheese Pizza

Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza

Hokkaido Baked Cheese Tart

Foto Hokkaido Baked Cheese Tart
Foto Hokkaido Baked Cheese Tart
Foto Hokkaido Baked Cheese Tart

Ohayou! Cheese Toast

Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast

Say Cheese To The Wheel

Foto Say Cheese To The Wheel
Foto Say Cheese To The Wheel
Foto Say Cheese To The Wheel

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?