Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unik Keripik Kentang yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
31 Mei 2016 | 0 Komentar

Siapa tak suka keripik kentang? Cemilan gurih ini bisa ditemukan dengan mudah di mana saja. Keripik kentang biasa dimakan saat sedang berkumpul bersama teman, menonton televisi, atau teman untuk mengerjakan tugas. Keripik kentang berbentuk irisan tipis yang renyah.



Sumber: www.bakeryandsnacks.com


Amerika Serikat bahkan memiliki hari yang diperingati sebagai hari keripik kentang nasional yang ditetapkan pada tanggal 14 Maret. Tapi tahukah kamu kalau ada beberapa fakta unik tentang keripik kentang yang sering kamu konsumsi? Yuk cari tahu!


1. Asal usul keripik kentang

George Crum merupakan orang Amerika asli yang menemukan keripik kentang. Saat ia bekerja sebagai chef, dia mendapat keluhan dari pelanggan mengenai kentang goreng yang basah dan tebal. Maka ia mencoba untuk membuat lagi. Crum mencoba mengiris kentang tipis-tipis, kemudian digoreng sampai renyah. Untuk melengkapi rasa, keripik kentang tersebut ditaburi dengan garam. Hasilnya, keripik kentang renyah dan gurih serta disukai banyak orang.


2. Belum ada yang mematenkan

Setelah berhasil membuat keripik kentang menjadi cemilan populer, George Crum yang merupakan orang kulit hitam membuka restoran sendiri dengan nama, "Crumbs House" pada tahun 1860. Berhubung pada masa itu ada larangan yang tidak memperbolehkan mengajukan hak paten bagi orang kulit hitam, maka Crum tidak mematenkan penemuannya itu. Hingga sekarang, keripik kentang yang dijual dalam kemasan tidak ada yang mencantumkan namanya sebagai pencipta keripik kentang.


3. Kemasan keripik kentang pertama kali

Keripik kentang awalnya dikemas hanya dengan menggunakan kantong kertas. Hingga pada tahun 1926, Laura Scudder yang memiliki bisnis keluarga keripik di Monterey Park, California memiliki ide untuk menyetrika kertas lilin dan membuatnya menjadi kantong. Dengan menggunakan kertas lilin, keripik kentang dapat bertahan lebih lama serta dapat meminimalisir keripik hancur atau remuk.


4. Merek keripik kentang

Karena sejak dulu belum ada yang mematenkan cemilan ini, akhirnya banyak produsen yang mengeluarkan keripik kentang dengan berbagai macam merek. Merek keripik kentang yang cukup terkenal adalah Lay’s. Lay’s menjadi merek keripik kentang nasional pertama di Amerika yang sukses di pasaran. Awalnya, pada tahun 1920, Herman Lay menjajakan keripik kentangnya di Southern dari bagasi mobilnya. Sejak saat itu, keripik kentangnya menjadi populer dengan nama Lay’s Potato.


5. Pembuat varian rasa keripik kentang

Awalnya keripik kentang hanya diproduksi dengan rasa original alias hanya ditambahkan garam saja. Namun pada tahun 1950, Joe "Spud" Murphy, pemilik sebuah perusahaan keripik bernama Tayto di Irlandia menambahkan aneka rasa seperti rasa keju, bawang, garam, dan cuka.


Hi Fries

Foto Hi Fries
Foto Hi Fries
Foto Hi Fries

Ninety-Nine

Foto Ninety-Nine

Ninotchka

Foto Ninotchka

Kopium Artisan Coffee

Foto Kopium Artisan Coffee
Foto Kopium Artisan Coffee
Foto Kopium Artisan Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?