Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unik Milk Tea, Minuman Asal Hongkong yang Sempat Viral di Indonesia

List Artikel
4 Agustus 2023 | 0 Komentar

Siapa di antara kalian yang suka menyeruput milk tea? Milk tea atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti sebagai teh susu adalah minuman yang dibuat dari dua bahan dasar, yakni teh dan susu. Teh susu sebenarnya sudah lama ada di Indonesia. Kita mengenal teh susu yang berasal dari Asia Tenggara atau yang dikenal dengan nama teh tarik. Lalu ada Thai tea yang berasal dari Thailand, British milk tea dari Inggris, dan yang terakhir adalah milk tea asal Hongkong. Dalam beberapa tahun belakangan, milk tea asal Hongkong ini sedang populer di Indonesia karena memiliki sensasi rasa yang manis legit dan menyegarkan. Sebelum kamu mencicip minuman viral ini, yuk ketahui dulu beberapa fakta unik yang dimiliki oleh milk tea.



Sumber: thehoneycombers.com

 

Tidak Dibuat dari Daun Teh Hongkong

Milk tea Hongkong memang berbeda dari milk tea dari negara lain karena memiliki ciri khas teh yang kuat dari bahan dasar pembuatannya yang berbeda. Diketahui, minuman viral ini dibuat dari bahan dasar teh yang konon berasal dari daun teh Ceylon asal Sri Lanka, bukan daun teh asal Hongkong. Pemilihan daun teh Ceylon bukan tanpa alasan. Daun teh Ceylon memiliki rasa dan aroma yang sangat kuat sehingga saat dipadukan dengan bahan tambahan lainnya, aroma dan rasanya masih tetap kuat dan tidak kalah. Tapi belakangan ini, milk tea Hongkong kerap menggunakan campuran dari daun teh lainnya. Satu hal lagi yang membuat milk tea Hongkong memiliki rasa yang unik adalah jenis campuran susu yang digunakan. Jika biasanya milk tea lain menggunakan susu biasa, milk tea Hongkong menggunakan campuran susu evaporasi. Pemilihan susu evaporasi dikarenakan masyarakat Hongkong dulunya tidak mampu membeli susu segar, sehingga sebagai penggantinya digunakanlah susu evaporasi yang lebih murah tetapi rasanya lebih gurih dan creamy.

 

Dibuat dengan Cara Menumbuk Teh

Tidak hanya bahan pembuatannya saja yang berbeda, cara pembuatan dari milk tea Hongkong juga berbeda dari pembuatan milk tea pada umumnya. Hal inilah juga yang membuat rasa dan aromanya menjadi unik. Sebelum diseduh, daun teh akan ditumbuk terlebih dahulu sehingga nanti seduhannya bisa memberikan rasa dan aroma yang kuat dan pekat. Teh yang ditumbuk juga bisa membuat ekstraksi teh menjadi lebih cepat. Kandungan tanin pada teh yang ditumbuk juga bisa lebih cepat terlarut dalam air. Nantinya teh yang sudah ditumbuk dan diseduh ini akan disaring dengan saringan besar berpori halus lalu ditarik berulang kali sehingga menghasilkan teh yang pekat. Barulah setelah teh berhasil diseduh, maka susu evaporasi akan ditambahkan. Perbandingan teh dengan susu evaporasi adalah 70:30. Perbandingan teh yang lebih banyak membuat rasa tehnya jauh lebih pekat dibanding milk tea kebanyakan.  

 

Menjadi Warisan Budaya

Milk tea di Hongkong sudah dianggap sebagai warisan budaya karena keberadaannya sudah ada sejak tahun 1950-an. Dilihat dari sejarahnya, minuman milk tea ternyata memiliki pengaruh dari negara Inggris. Konon, teh awalnya hanya merupakan minuman kelas atas karena harganya terbilang mahal. Barulah setelah Perang Dunia II terjadi, minuman ini bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Berhubung kemunculannya sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, milk tea sudah dianggap sebagai minuman tradisional masyarakat Hongkong. Menjadi minuman tradisional khas Hongkong, pihak pemerintah pun mendeklarasikan milk tea pada tahun 2017 sebagai warisan budaya Hongkong. Minuman milk tea yang disebut yeey lai cha lalu menjadi simbol kebanggaan dari Hongkong. Jadi, kalau kamu pergi ke Hongkong, maka minuman tradisional yang wajib dicicip adalah milk tea Hongkong. Milk tea Hongkong termasuk dalam jenis street food sehingga kamu bisa menemukan dengan mudah banyaknya penjual milk tea di sepanjang jalanan Hongkong.


Itulah beberapa fakta unik milk tea yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan adanya informasi di atas, bisa menambah pengetahuanmu mengenai dunia kuliner. Buat yang ingin mencicip minuman serupa, di bawah ini ada beberapa rekomendasi gerai minuman yang bisa kamu datangi!

Ben Gong's Tea

Foto Ben Gong's Tea
Foto Ben Gong's Tea
Foto Ben Gong's Tea

Grandma Soya Milk

Foto Grandma Soya Milk
Foto Grandma Soya Milk
Foto Grandma Soya Milk

Magic Of Soymilk

Foto Magic Of Soymilk
Foto Magic Of Soymilk
Foto Magic Of Soymilk

Chicha San Chen

Foto Chicha San Chen
Foto Chicha San Chen
Foto Chicha San Chen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?