Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unik Roti Bluder, Kuliner Peninggalan Belanda yang Sedang Viral

List Artikel
26 September 2023 | 0 Komentar

Hampir setiap bulannya, dunia kuliner selalu memiliki kuliner yang sedang naik daun atau yang disebut sebagai kuliner viral. Belakangan ini, ada kuliner viral yang sering wara-wiri di media sosial, yakni roti bluder. Sebagian besar orang mungkin sudah merasa familiar ketika mendengar nama roti bluder, karena roti ini memang termasuk dalam roti klasik khas Indonesia. Roti bluder adalah roti yang memiliki bentuk kotak piramida terbalik dengan bagian atasnya yang bulat mengembang. Roti ini memilki isian yang sangat klasik karena rasa aslinya hanya rasa cokelat dan keju. Meski terdengar biasa, roti bluder memiliki cita rasa yang khas sehingga saat kita menyantapnya pasti akan teringat akan kampung halaman dan juga masa kecil. Untuk mengenal lebih lanjut tentang roti bluder yang sedang viral ini, di bawah ini ada beberapa fakta yang perlu kamu ketahui!  



Sumber: pergikuliner.com

 

Warisan Peninggalan Belanda

Roti bluder ternyata termasuk dalam salah satu warisan kuliner peninggalan dari Belanda. Sudah bukan rahasia lagi bahwa ada banyak kuliner khas Indonesia yang diadaptasi dari kuliner Belanda. Karena memang semasa penjajahan kolonial Belanda, ada banyak kuliner Belanda yang diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia. Mulai dari kue kering kastengel, kue nastar, selat solo, klapertar, hingga roti bluder yang saat ini sedang viral. Diketahui bahwa pada masa kolonial Belanda, yakni sekitar tahun 1800-an, masyarakat Indonesia baru mengenal roti dan cara pembuatannya. Diperkenalkanlah roti bluder kepada masyarakat Indonesia pada saat itu. Roti bluder aslinya memiliki nama ‘broeder’, lalu nama ini diserap dalam bahasa Indonesia yang lebih mudah disebut menjadi bluder. Seiring berjalannya waktu, roti bluder menjadi salah satu roti manis yang populer di Indonesia hingga kini kembali viral di media sosial.

 

Pernah Muncul di Negara Lain

Meski ada banyak orang yang meragukan keaslian roti bluder yang dianggap sebagai peninggalan Belanda, hal ini kemudian dibantah dengan ditemukannya roti serupa di negara India dan Sri Lanka dengan nama ‘brudher’. Tak jauh berbeda dengan negara Indonesia, keberadaan roti bluder di dua negara ini juga dikarenakan Belanda pernah menjajah negara tersebut. Menurut sejarah, sekitar tahun 1663 hingga 1795, Belanda menduduki negara India dan Sri Lanka. Meski broeder dan brudher berbeda, dipercaya bahwa kedua roti ini sama-sama berasal dari Belanda.



Sumber: instagram.com/bludercokro

 

Dikenal sebagai Oleh-oleh Khas Madiun

Roti bluder semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia karena kuliner ini juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas Madiun, Jawa Timur. Mengapa bisa dikatakan sebagai oleh-oleh khas Madiun? Hal ini dikarenakan produsen roti bluder pertama dan terbesar ada di kota Madiun, yakni Bluder Cokro. Pada tahun 1989, Bluder Cokro pertama kali dibuat dan dijajakan di berbagai toko oleh-oleh khas Madiun. Dinamakan Bluder Cokro karena memang lokasinya berada di Jalan Cokroaminoto. Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya pesanan dari konsumen, Bluder Cokro terus berkembang dan pabriknya pun kini sudah pindah ke Jalan Hayam Wuruk. Setelah kesuksesan Bluder Cokro yang menjual roti bluder hingga menjadi terkenal, muncul lah toko roti lainnya yang juga ikut menjual roti bluder sebagai oleh-oleh khas Madiun.

 

Keunikan Tekstur dan Rasa

Kepopuleran roti bluder bukan tanpa alasan. Roti ini memiliki ciri khas tekstur serat halus yang lembut. Meski dibuat tanpa pengawet, kelembutan roti bluder bisa tahan hingga sekitar enam hari. Tektur yang lembut membuat roti bluder disukai oleh semua kalangan, tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak dan lansia. Keunikan roti bluder juga bisa dilihat dari segi rasanya. Meski rasa awalnya hanya cokelat dan keju, lambat laun rasa dari roti bluder menjadi lebih bervariasi. Ada rasa kacang, nutella, matcha, hingga rasa asin gurih seperti rasa abon sapi, smoked beef, dan sosis. Selain karena keunikan tekstur dan rasanya, roti bluder disukai masyarakat karena harganya yang sangat murah karena dijual dengan harga mulai dari Rp5.000 hingga Rp15.000 saja, tergantung dari isian yang digunakan.

 

Itulah beberapa fakta unik roti bluder yang jadi kuliner peninggalan Belanda. Roti bluder yang terkenal dengan tekstur lembut dan rasa yang khas ini mulai populer kembali dengan viralnya di media sosial sehingga dicari oleh banyak orang. Nah, buat kamu yang suka menyantap roti, di bawah ini ada beberapa rekomendasi toko roti yang bisa kamu datangi!

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Michelle Bakery

Foto Michelle Bakery
Foto Michelle Bakery
Foto Michelle Bakery

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

AJ Bakery & Cake

Foto AJ Bakery & Cake
Foto AJ Bakery & Cake
Foto AJ Bakery & Cake

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?