Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unik Taco, Kuliner Meksiko yang Terinspirasi dari Bubuk Mesiu

List Artikel
22 September 2023 | 0 Komentar

Kamu pernah mencicip kuliner khas Meksiko? Makanan khas Meksiko merupakan salah satu kuliner internasional yang sering dijumpai di Indonesia. Saking familiarnya masyarakat Indonesia dengan kuliner khas Meksiko, kamu bisa menjumpai restoran hingga kafe yang khusus menjual kuliner khas Meksiko. Salah satu kuliner khas Meksiko yang banyak digemari adalah taco. Taco memiliki tampilan yang unik karena berbentuk setengah lingkaran dengan bagian dalam yang memiliki beragam isian. Taco sering dijuluki sebagai sandwich-nya Meksiko karena kebanyakan isiannya berupa daging dan sayuran. Menjadi kuliner khas Meksiko, tahukah kamu bahwa ada banyak fakta unik dari kuliner yang satu ini? Sebelum mencicipnya, yuk kita kenalan dulu dengan taco!



Sumber: pergikuliner.com

 

Sudah Ada sejak Abad ke-18

Taco ternyata termasuk dalam kategori kuliner klasik dari Meksiko karena sudah ada sejak abad ke-18.  Sebenarnya, tidak diketahui secara pasti awal dari keberadaan taco. Tapi menurut sejarah masyarakat setempat, taco konon pertama kali muncul di sebuah tambang perak yang berada di salah satu daerah di Meksiko. Lebih spesifiknya, taco pertama kali diakui diciptakan oleh masyarakat yang tinggal di area lembah Valley of Meksiko. Ada juga yang memercayai bahwa taco konon ditemukan oleh seorang penakluk Spanyol bernama Hernan Cortes. Dirinya membawa taco dari Valley of Meksiko lalu menyajikannya kepada kaptennya di Coyoacan yang merupakan sebuah kota besar di Meksiko.

 

Terinspirasi Bubuk Mesiu

Ada satu fakta unik yang banyak dipercaya oleh masyarakat bahwa ternyata taco terinspirasi dari bubuk mesiu. Hal ini berhubungan dengan penamaan "taco," yang konon berasal dari kata "tlahco" dalam bahasa Nahuatl. Kata "tlahco" ini memiliki arti "di tengah". Sebelumnya telah disebutkan bahwa taco konon pertama kali muncul di sebuah tambang perak yang berada di salah satu daerah di Meksiko. Nah, asal-usulnya terinspirasi dari praktik pekerja tambang yang menggunakan bubuk mesiu, di mana bubuk tersebut ditempatkan di tengah selembar kertas atau potongan kertas, yang kemudian dilipat untuk membentuk wadah penyimpanan yang sederhana. Dengan demikian, bentuk taco terinspirasi oleh tlahco, yakni potongan kertas yang diisi dengan bubuk mesiu. Dari inspirasi ini, terciptalah inovasi kuliner taco yang praktis dikonsumsi selama jam kerja yang panjang. Tapi dalam kuliner taco, potongan kertas digantikan oleh roti atau tortila, sementara bubuk mesiu digantikan oleh beragam isian seperti daging dan sayuran.



Sumber: pergikuliner.com

 

Beda Wilayah di Meksiko, Beda Pula Jenis Taco-nya

Taco dibuat dari roti tortila yang di dalamnya diisi dengan irisan daging berbumbu, daun selada, irisan tomat, alpukat, hingga tambahan lobak. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata di negara asalnya, taco bisa berbeda-beda tergantung dari wilayahnya? Sama halnya dengan kuliner soto khas Indonesia, kita bisa menjumpai beragam soto tergantung dari daerah asalnya. Di Sonora yang terletak di bagian utara Meksiko, taco dibuat dengan isian daging panggang, guacamole, saus salsa, irisan bawang bombang, dan perasan jeruk nipis. Tapi di Baja yang berada di sebelah barat Meksiko, taco disajikan dengan isian ikan goreng, kubis, dan mayones. Lain halnya dengan taco yang ada di Mexico City, taco diberi isian daging kukus dengan selada dan tomat. Jadi, jangan heran kalau kamu bisa menjumpai beragam taco khas Meksiko.

 

Sangat Populer di Amerika Serikat

Hal unik lainnya yang perlu kamu ketahui adalah meski taco adalah kuliner khas Meksiko, kuliner ini lebih terkenal di Amerika Serikat. Kedatangan taco di Amerika Serikat dimulai pada tahun 1910-1920 yang dibawa oleh imigran Meksiko. Para imigran tersebut membuat taco dengan bahan yang ada di Amerika Serikat. Uniknya lagi, taco yang lebih dikenal oleh masyarakat adalah taco versi Amerika Serikat yang di dalamnya berisi irisan daging berbumbu, daun selada, irisan tomat, dan mayones.

 

Itulah sekilas asal-usul dan fakta unik dari taco yang menjadi salah satu kuliner Meksiko terpopuler di Indonesia. Kamu sendiri sudah pernah mencobanya? Buat kamu yang ingin mencicip taco dan kuliner khas Meksiko lainnya, di bawah ini ada beberapa rekomendasi restoran Meksiko untuk didatangi!

Taco Bell

Foto Taco Bell
Foto Taco Bell
Foto Taco Bell

Picante

Foto Picante
Foto Picante
Foto Picante

Oh My Taco

Foto Oh My Taco
Foto Oh My Taco
Foto Oh My Taco

Taco Local

Foto Taco Local
Foto Taco Local
Foto Taco Local

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?