Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unik Tekwan Khas Palembang yang Konon Berasal dari Tionghoa

List Artikel
12 September 2023 | 1 Komentar

Tekwan merupakan salah satu kuliner asal Palembang, Sumatera Selatan, yang memiliki tampilan, tekstur, dan rasa yang unik. Meski tidak sepopuler pempek, tekwan juga banyak disukai masyarakat Indonesia. Tekwan bisa dengan mudah dijumpai di restoran atau rumah makan Palembang. Selain itu, biasanya tekwan juga kerap kali dijumpai di tempat yang menjual pempek. Hal ini dikarenakan tekwan kerap kali disajikan sebagai makanan pendamping saat menyantap pempek, karena kuliner ini berkuah dan punya rasa gurih asin sehingga cocok disantap untuk menetralkan rasa pedas setelah menyantap pempek. Menjadi kuliner yang punya banyak penggemar, tekwan punya beberapa fakta unik yang perlu kamu ketahui. Mari kita simak di bawah ini!


Dugaan Adaptasi dari Kuliner Tionghoa



Sumber: pergikuliner.com

 

Fakta unik tekwan khas Palembang yang pertama adalah konon kuliner ini berasal dari Tionghoa. Pasalnya, jika diperhatikan dengan seksama, tekwan ini mirip dengan olahan dimsum atau dumpling khas Tionghoa karena dibuat dari bahan dasar ikan giling yang dibalut dengan adonan tepung baru kemudian dimasak. Perbedaannya adalah tekwan direbus, bukan dikukus. Ditambah lagi, tekwan disajikan dengan aneka bahan pendamping dan kuah gurih yang dibuat dari kaldu udang. Dugaan bahwa tekwan merupakan hasil adaptasi dari kuliner Tionghoa juga dikarenakan banyaknya orang Tionghoa yang menetap di Palembang sehingga mereka mengenalkan makanan khasnya kepada masyarakat setempat. Hingga saat ini, masih sulit ditelusuri secara pasti apakah tekwan benar-benar merupakan hasil adaptasi dari kuliner Tionghoa. Yang pasti, tekwan adalah salah satu hidangan khas Palembang yang populer dan disukai banyak masyarakat Indonesia.


Arti Nama yang Unik



Sumber: pergikuliner.com


Nama tekwan sebenarnya memiliki artian yang cukup unik dan tidak disangka-sangka. Tekwan merupakan singkatan dari kata ‘bekotek samo kawan’ yang diambil dari bahasa Palembang. Arti dari ‘bekotek samo kawan’ adalah kegiatan mengobrol bersama dengan kawan. Penamaan ini diambil menjadi nama kuliner karena dulunya, tekwan selalu menjadi makanan yang disajikan saat sedang berbincang atau mengobrol dengan teman di sore hari. Meski demikian, ada juga yang berpendapat bahwa nama tekwan ini diambil dari bahasa Inggris yakni ‘take one’ yang artinya diambil satu. Hal ini disebabkan karena saat menyantap tekwan, kamu harus mengambilnya satu per satu supaya lebih mudah untuk dikunyah di dalam mulut.


Punya Bentuk yang Beragam 



Sumber: pempekshandy.com


Fakta unik lainnya dari tekwan adalah kuliner ini punya bentuk yang sangat beragam. Tidak ada patokan khusus untuk bentuk tekwan. Kamu bisa menjumpai tekwan yang berbentuk bulat tak beraturan, keriting, hingga ada yang bentuknya seperti awan. Bentuk tekwan yang beragam ini ternyata dikarenakan masyarakat setempat dulunya tidak terlalu memedulikan bentuk dari kuliner ini. Mereka lebih mementingkan rasa dari tekwan sehingga tidak ada aturan bentuk khusus yang ditetapkan saat membuat tekwan.


Punya Ragam Isian yang Unik

 


Sumber: pergikuliner.com


Tekwan termasuk dalam kuliner berkuah khas Indonesia. Kuliner ini bisa dibilang unik karena memiliki ragam isian yang berbeda jika dibandingkan kuliner-kuliner khas Indonesia lainnya. Ada dua isian yang terbilang unik, yakni adanya irisan bengkoang dan bunga sedap malam yang digunakan di dalam tekwan. Selain keduanya, tentu saja ada isian lainnya seperti udang kupas, soun atau bihun, serta irisan daun bawang dan seledri. Saat disajikan, biasanya tekwan akan diberi perasan jeruk limau atau jeruk nipis.

 

Itulah beberapa fakta unik tekwan khas Palembang. Semoga dengan adanya informasi di atas, kamu bisa menambah pengetahuan tentang kuliner Indonesia. Nah, jika ingin menyantap aneka kuliner khas Palembang, kamu bisa mampir ke salah satu tempat makan yang ada di bawah ini!

Pempek Ny. Kamto

Foto Pempek Ny. Kamto
Foto Pempek Ny. Kamto
Foto Pempek Ny. Kamto

Pempek Palembang Awan

Foto Pempek Palembang Awan
Foto Pempek Palembang Awan
Foto Pempek Palembang Awan

Pempek Selamat

Foto Pempek Selamat
Foto Pempek Selamat
Foto Pempek Selamat

Pempek Palembang Gaby

Foto Pempek Palembang Gaby
Foto Pempek Palembang Gaby
Foto Pempek Palembang Gaby

Pempek Rama

Foto Pempek Rama
Foto Pempek Rama
Foto Pempek Rama

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Food recommendations that I like. And of course this is what I absorb in the morning. Thank you for the recommendation for this most popular snack. For more detailed information, please visit our website for further information foodfunandfotos.com
gumilanggilang734@gmail.com | 30 Dec 2023 pk. 02:26 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?