Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unik Tentang Bulgogi yang Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Masehi

List Artikel
17 Oktober 2019 | 0 Komentar

Bulgogi merupakan salah satu kuliner khas Korea yang sangat terkenal dan populer di dunia, terutama di Indonesia. Kepopuleran kuliner ini tak lepas dari drama Korea yang seringkali menyajikan kuliner berbahan dasar daging sapi ini sehingga bagi siapa saja yang menontonnya pasti akan tergiur untuk mencobanya. Bulgogi biasanya selalu hadir di dalam menu makanan yang ada di restoran-restoran Korea. Berbicara tentang bulgogi, tahukah kamu kalau ternyata kuliner asal Korea ini punya beberapa fakta unik yang perlu kamu ketahui, yaitu:

 


Sumber : Justonecookbook.com


Keberadaan Bulgogi Sudah Ada Sejak Zaman Masehi

Fakta unik yang pertama pasti akan mencengangkanmu. Jika menurut dari sejarahnya, bulgogi ini ternyata sudah ada sejak zaman masehi, tepatnya sudah ada sejak Dinasti Goguryeo yakni sekitaran tahun 37 Sebelum Masehi hingga 668 Masehi. Ternyata sudah lama juga ya kuliner Korea yang satu ini?

 

Cikal Bakal Bulgogi

Awalnya bulgogi berasal dari maekjeok yakni kuliner khas Korea yang mirip dengan sate daging. Maekjeok merupakan sate daging yang dibuat dari daging babi. Maekjeok berevolusi menjadi seoryamyeok yang merupakan daging sapi yang direndam dengan kaldu daging. Seoryamyeok disajkan bersama dengan bumbu rendamannya. Setelah seoryamyeok, pada abad ke-20 muncullah neobiani yang merupakan olahan daging sapi yang dipanggang. Inilah yang menjadi cikal bakal bulgogi.

 

Pemilihan Daging yang Tidak Boleh Sembarangan

Kita seringkali menyangka kalau bulgogi hanyalah olahan daging manis khas Korea yang bisa menggunakan daging apa saja. Padahal di dalamnya ini tidak boleh mengggunakan daging yang sembarangan. Pemilihan daging yang tepat ditujukan supaya nantinya tekstur daging akan lembut dan lumer di mulut sehingga kita tak perlu repot-repot mengunyahnya. Jenis daging sapi yang digunakan haruslah daging sirloin atu tenderloin. Tak heran bukan kalau harga jual bulgogi terbilang cukup mahal karena memang dagingnya saja mahal.

 

Bulgogi dan Yakiniku Seringkali Dianggap Sama

Hayo, siapa di antara kamu yang masih keliru mengenali bulgogi dan yakiniku? Tak jauh berbeda dengan bulgogi, yakiniku merupakan olahan daging manis tapi asalnya dari Jepang. Meski terlihat sama dari segi tampilannya, yakiniku ini bisa menggunakan jenis daging lain selain daging sapi. Ditambah lagi cita rasanya cenderung tidak semanis bulgogi. Jadi jangan sekali-kali disamakan ya?

 

Bulgogi Bisa Disantap Oleh Semua Kalangan dan Umur

Fakta unik terakhir adalah bulgogi ini bisa disantap oleh siapa saja karena memang cita rasanya tidak pedas. Jadi baik itu anak-anak hingga orang dewasa pun bisa menikmatinya. Selain itu bulgogi saat ini sudah mengalami beragam inovasi sehingga tak lagi hadir begitu saja, melainkan bisa dipadukan menjadi burger, sandwich, hingga pizza. Dengan banyaknya varian inovasi bulgogi, tak heran kalau orang tidak pernah bosan menyantapnya.

 

Itulah beberapa fakta unik dari bulgogi yang perlu kamu tahu. Menurutmu masih ada lagi tidak fakta unik lainnya? 

Oppa Korean BBQ

Foto Oppa Korean BBQ
Foto Oppa Korean BBQ

School Food Blooming Mari

Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari

88 Korean Kitchen

Foto 88 Korean Kitchen
Foto 88 Korean Kitchen

Taeyang Sung

Foto Taeyang Sung
Foto Taeyang Sung
Foto Taeyang Sung

Cafe Korea

Foto Cafe Korea
Foto Cafe Korea
Foto Cafe Korea

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?