Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unik Tentang Mie Aceh yang Bikin Kamu Makin Doyan

List Artikel
11 Juli 2017 | 1 Komentar

Sering menyantap mie Aceh? Sesuai dengan namanya, mie Aceh merupakan mie yang berasal dari Aceh. Berbeda dengan mie khas Indonesia lainnya seperti mie kocok, mie godog, hingga bakmi jawa yang kebanyakan memiliki cita rasa cenderung manis gurih, mie Aceh justru memiliki rasa yang cukup pedas dan aroma rempah yang sangat kuat sehingga kamu bisa dengan mudah membedakannya dengan mie khas Indonesia lainnya. Buat kamu yang sering menyantap mie Aceh, yuk ketahui dulu beberapa fakta unik tentang mie kesukaan kamu ini!



Sumber: pergikuliner.com

 

1. Mie yang Khas

Salah satu ciri khas mie Aceh yang paling kentara adalah penggunaan jenis mie kuning yang berbeda. Mie yang digunakan pada mie Aceh adalah mie kuning yang dibuat sendiri dengan bentuk yang cukup tebal. Penggunaan warna kuning yang lebih cerah pada mie Aceh memang disengaja agar tampilannya jadi lebih menarik. Untuk tekstur mienya tergolong lembut dan tidak terlalu kenyal seperti jenis mie kuning lainnya.

 

2. Mie Aceh Punya Tiga Jenis

Mie Aceh terdiri dari tiga jenis, yakni mie Aceh goreng kering, mie Aceh goreng basah, mie Aceh kuah. Untuk mie Aceh goreng kering seperti layaknya mie goreng kebanyakan. Sementara untuk mie Aceh kuah adalah mie Aceh yang diberi kuah. Lalu untuk mie Aceh goreng basah yang terdengar unik ini adalah mie Aceh yang disajikan dengan tambahan sedikit kuah. Kuah yang digunakan bukanlah kuah bening dan creamy seperti kuah mie kebanyakan, tapi kuah yang digunakan adalah kuah kari yang kental dan gurih.

 

3. Menggunakan Lebih dari 20 Rempah

Cita rasa mie Aceh yang khas ini ternyata didapat dari bumbu rempah yang digunakan. Terdapat lebih dari 20 jenis bumbu rempah yang digunakan pada mie Aceh seperti bawang merah, bawang putih, kapulaga, cabe merah, kunyit, jinten, lada putih, lada hitam, cuka, daun salam, kemiri, dan masih banyak lagi. Penggunaan banyak rempah ini membuat kamu bisa dengan mudah membandingkannya dengan mie asal daerah lainnya. Selain menggunakan bumbu rempah yang banyak, untuk menambah cita rasa, biasanya mie Aceh ditambahkan dengan irisan daging sapi, ayam, hingga seafood seperti kepiting, udang, dan cumi.

 

4. Menu Pelengkap Warkop di Aceh

Tidak diketahui sejak kapan mie Aceh menjadi kuliner di daerahnya. Tapi awalnya, mie Aceh hanya disajikan sebagai menu tambahan alias pelengkap pada warkop-warkop di Aceh layaknya warkop yang ada di beberapa daerah di Jawa dan Jakarta yang memiliki menu mie rebus dan mie goreng sebagai makanan pendamping minum kopi. Berhubung mie yang dijual di warkop Aceh memiliki bumbu repah yang khas, perlahan mie yang popular di warkop Aceh ini kemudian dijual di berbagai rumah makan Aceh dan terkenal hingga sekarang dengan nama mie Aceh.

 

5. Topping yang Berbeda

Mie Aceh menggunakan topping seperti bawang goreng, emping, mentimun, cabai rawit potong, dan yang membuatnya terasa unik adalah potongan jeruk nipis dan acar bawang merah. Penggunaan potongan jeruk nipis adalah agar perasannya bisa membuat cita rasa mie Aceh lebih segar dan tidak terasa eneg saat kamu kebanyakan menyantapnya. Sementara acar bawang merah disajikan untuk menetralisir aroma rempah mie Aceh yang sangat kuat.

 

Jadi ingin menyantap mie Aceh? Bagaimana jika kamu mampir ke salah satu gerai mie Aceh di bawah ini!

 

Mie Aceh Bang Jaly

Foto Mie Aceh Bang Jaly
Foto Mie Aceh Bang Jaly

Pondok Bangladesh Rajanya Mie Aceh

Foto Pondok Bangladesh Rajanya Mie Aceh

Waroeng Mie Aceh Bang Iwan

Foto Waroeng Mie Aceh Bang Iwan

Mie Aceh Buzz

Foto Mie Aceh Buzz

Mie Aceh Wagyu (Mie-Gyu)

Foto Mie Aceh Wagyu (Mie-Gyu)

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
One of the most obvious characteristics of Acehnese noodles is the use of different types of yellow noodles. The noodles used in Acehnese noodles are yellow noodles which are made by yourself and are quite thick. Please visit our site https://foodfunandfotos.com/
gumilanggilang734@gmail.com | 22 Dec 2023 pk. 09:36 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?