Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fast Food vs Junk Food, Apa Sih yang Membuat Keduanya Berbeda?

List Artikel
18 Agustus 2018 | 0 Komentar

Dalam dunia kuliner, kamu pasti mengenal istilah fast food dan junk food. Tak sedikit orang yang salah mengartikan keduanya karena fast food dan junk food dianggap jenis makanan yang sama saja alias hanya berbeda penamaannya. Hal ini bisa kita lihat dari persepsi masyarakat tentang makanan-makanan yang ada di restoran cepat saji seperti burger, pizza, fried chicken, hingga kentang goreng yang dianggap fast food sekaligus junk food. Keduanya sering disamakan karena sama-sama disajikan secara cepat tanpa kita perlu menunggu lama. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya fast food dan junk food ini merupakan jenis makanan yang sangat berbeda.



Sumber : Pergikuliner.com


Meski sama-sama disajikan dengan cepat, fast food belum tentu junk food, sedangkan junk food sudah pasti fast food. Kenapa bisa seperti itu? Fast food merupakan makanan cepat saji, sedangkan junk food merupakan makanan cepat saji yang rendah gizi. Kamu bisa membedakannya dari segi nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Pada fast food, ada nilai gizi yang terpenuhi, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Misalkan saja pada kuliner burger, jika disajikan hanya dengan roti dan daging burger saja, maka burger tersebut dinamakan junk food karena nilai gizinya tidak terpenuhi. Lain halnya jika ada penambahan sayuran seperti selada, tomat, dan mentimun dalam jumlah yang seimbang alias tidak sedikit. Maka burger tersebut dinamakan fast food.


Sumber : Cookpad.com 


Hal lainnya yang bisa membuat kamu membedakan keduanya adalah dari segi bahan baku dan cara penyajiannya. Misalkan saja pada kuliner cilok dan cireng yang meski disajikan dengan cepat, tapi cilok bukan termasuk fast food karena hanya terbuat dari campuran tepung saja sehingga nilai gizinya tidak terpenuhi. Inilah yang membuat cilok serta cireng masuk dalam kategori junk food. Contoh lainnya adalah kuliner ketoprak atau gado-gado yang termasuk dalam kategori fast food karena bisa disajikan dengan cara yang cepat dan semua nilai gizi terdapat di dalamnya.


Sekarang kamu sudah tau kan perbedaan antara fast food dan juga junk food? Sekarang kalau kamu kepingin makan makanan junk food dan fast food, kamu bisa langsung datangi beberapa restoran di bawah ini!

Flip Burger

Foto Flip Burger
Foto Flip Burger
Foto Flip Burger

Pizza Marzano

Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano

Hi Fries

Foto Hi Fries
Foto Hi Fries
Foto Hi Fries

Seblak Wae-Atuh

Foto Seblak Wae-Atuh
Foto Seblak Wae-Atuh
Foto Seblak Wae-Atuh

Forbidden Cakwe

Foto Forbidden Cakwe
Foto Forbidden Cakwe
Foto Forbidden Cakwe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?