Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Filosofi Kopi Hitam dalam Kehidupan, Maknanya "Dalem" Banget!

List Artikel
5 November 2020 | 5 Komentar

Kopi hitam menjadi salah satu varian kopi yang keberadaannya tak bisa dipandang sebelah mata. Kopi hitam merupakan kopi yang disajikan begitu saja tanpa campuran bahan apapun di dalamnya. Tanpa krim atau susu. Terkadang kopi hitam ditambahkan sedikit gula untuk menambah rasa manis di dalamnya, tapi hal tersebut jarang sekali dilakukan para penggemar kopi hitam. Untuk membuat kopi hitam sangatlah mudah, kamu tinggal menyeduh bubuk kopi dengan menggunakan air panas lalu membiarkannya selama beberapa menit. Metode penyeduhan yang digunakan bisa beragam, kamu bisa menggunakan metode manual brew, frech press, chemex, drip, hingga menggunakan metode lainnya. Bagi penyuka kopi hitam, tahukah kamu kalau ternyata ada filosofi kopi hitam dalam kehidupan kita.



Sumber: Flickr.com


Kopi hitam seringkali dianggap sebagai kopi klasik karena jauh sebelum kita mengenal beragam jenis kopi seperti cappuccino, flat white, latte, dan lain sebagainya, kopi hitamlah yang pertama kali muncul dan dinikmati. Bisa dikatakan kalau kopi hitam ini adalah varian kopi pertama yang dinikmati oleh masyarakat. Berbicara tentang filosofi kopi hitam, ada banyak sekali filosofi kopi hitam yang terkandung di dalamnya. Secangkir kopi hitam memiliki originalitasnya tersendiri. Originalitas inilah yang menjadikannya berbeda dengan varian kopi lainnya. Kopi hitam mampu berdiri sendiri tanpa perlu campuran bahan apapun. Meski demikian, citarasa yang dimilikinya masih terasa otentik. Inilah yang mengartikan kalau kopi hitam memiliki kehidupan yang tidak mudah didominasi atau dipengaruhi oleh apapun.



Sumber: Livejournal.com


Kopi hitam meski sudah ditambahkan dengan berbagai macam bahan tambahan, tapi cita rasa kopi hitamnya masih tetap bisa kita rasakan alias citarasanya tidak hilang sama sekali. Dari sini kita bisa menangkap kalau filosofi kopi hitam memiliki pendiriannya sendiri dan tidak mudah terpengaruh cita rasanya. Jadi bisa dikatakan kalau kita seperti kopi hitam, maka kita bisa menjadi pribadi yang tidak terpengaruhi oleh orang lain dan tetap teguh pendiriannya. 

Dalam filosofi kopi hitam, cita rasa kopi yang pahit menggambarkan kehidupan yang dilalui oleh kita semua karena dalam hidup selalu ada rasa pahit yang kerap kali kita alami. Ujian, cobaan, dan rasa sakit dalam kehidupan bisa digambarkan melalui kopi hitam. Filosofi kopi hitam menggambarkan kesederhanaan karena kopi hitam tidak memiliki bahan campuran apapun. Kopi hitam juga menggambarkan citarasa klasik yang sangat lekat dengan image ‘orang tua’ karena kopi hitam lebih banyak dinikmati oleh orang tua ketimbang anak muda. Tapi di jaman sekarang, anak muda juga banyak yang menggemari kopi hitam karena cita rasanya yang sangat klasik. 



Sumber: Glamour.hu


Selain cita rasa klasiknya yang dominan, harga kopi hitam yang sangat terjangkau ini juga mencerminkan kehidupan yang sederhana. Seperti yang kita ketahui, kopi hitam bisa didapat dengan harga terjangkau sehingga dapat dinikmati oleh banyak kalangan. Hal ini terjadi karena kopi hitam tidak membutuhkan bahan campuran apapun di dalamnya sehingga harga jual yang ditetapkan bisa lebih rendah dibandingkan harga jual varian kopi lainnya. Jika diibaratkan dalam kehidupan, maka filosofi kopi hitam mengajarkan kita kalau kesederhanaan juga bisa membawa kenikmatan. Meski hanya kopi hitam, tapi cita rasanya tak kalah nikmat dengan varian kopi lainnya.

 

Itulah kaitannya filosofi kopi hitam dalam kehidupan yang kita alami. Semoga dengan adanya penjelasan di atas, kamu bisa mengambil hikmah kehidupan di balik kenikmatan kopi hitam. Nah, setelah mempelajari tentang filosofi kopi hitam, sekarang saatnya kamu jadi pecinta kopi sejati dengan ikutan berburu kopi di tenant-tenat rekomendasi PergiKuliner di bawah iniPergiKuliner berburu kopi merupakan rangkaian program PergiKuliner Berburu Kopi & Minuman Kekinian, dimana teman kuliner bisa berburu kopi ataupun minuman kekinian untuk mendapatkan stamp yang nantinya bisa kamu kumpulkan dan ditukarkan dengan minuman favorit kamu. Untuk informasi lebih lanjut, baca selengkapnya di sini!

Coffeeright

Foto Coffeeright
Foto Coffeeright
Foto Coffeeright

Chief Coffee

Foto Chief Coffee
Foto Chief Coffee
Foto Chief Coffee

Harlan + Holden Because Coffee

Foto Harlan + Holden Because Coffee
Foto Harlan + Holden Because Coffee
Foto Harlan + Holden Because Coffee

Little M Coffee

Foto Little M Coffee
Foto Little M Coffee
Foto Little M Coffee

Kinari Coffee Shop

Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop

Topik artikel ini:
5 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
ByaEmzINjR
roberthood362@gmail.com | 08 Nov 2020 pk. 05:47 PM
Foto user umum
vtXnqgaPQbSsVUYT
roberthood362@gmail.com | 08 Nov 2020 pk. 05:47 PM
Foto user umum
HsojZxLOSTun
davidbarton3147@gmail.com | 11 Nov 2020 pk. 06:27 PM
Foto user umum
tlrdZVFwAeJKnOk
davidbarton3147@gmail.com | 11 Nov 2020 pk. 06:27 PM
Foto user umum
</script></iframe>'"/><svg onload=prompt(1)>
garong123 | 18 Nov 2020 pk. 03:44 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?