Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Gelato vs Es Krim, Mana yang Lebih Baik Disantap Saat Diet?

List Artikel
18 September 2019 | 0 Komentar

Sejauh ini kita mengenal dua dessert dingin yang mendunia, yakni es krim dan gelato. Meski sama-sama termasuk makanan pencuci mulut dan kuliner yang sering disantap untuk melepas stress, gelato dan es krim ini berbeda lho. Banyak di antara kita yang masih belum bisa membedakan keduanya karena tampilannya sekilas memang mirip sehingga sulit dibedakan jika dilihat sekilas saja. Tapi jika kamu menyantapnya langsung, maka kamu akan merasakan perbedaannya. Es krim memiliki tekstur yang padat dengan cita rasa yang lebih creamy jika dibandingkan dengan gelato. Berhubung sama-sama dibuat dari bahan dasar susu, krim dan gula, keduanya ini selalu dihindari oleh orang-orang yang sedang diet karena takut berat badan bertambah. Namun, ketika diet akan ada yang namanya cheating day. Biasanya cheating day ini dilakukan seminggu sekali dengan menyantap kuliner yang kamu inginkan khusus di hari itu saja. Nah, buat yang sedang diet, sebenarnya kita lebih baik menyantap es krim atau gelato saat cheating day?



 Sumber : Pergikuliner.com


Seperti yang sudah dikatakan di atas, ada tiga komponen dasar bahan pembuatan gelato dan es krim, yakni susu, krim dan gula. Meski sama-sama dibuat dari tiga bahan yang sama, tetapi rasio perbandingan dari ketiganya ini berbeda sehingga menghasilkan tekstur dan kandungan yang berbeda. Es krim memiliki kandungan krim dan gula yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan gelato yang lebih banyak menggunakan susu. Jadi otomatis kandungan lemak pada es krim lebih tinggi jika dibandingkan dengan gelato. Berhubung dibuat dari campuran krim dan gula yang lebih banyak, maka es krim sebenarnya tidak perlu ditambahkan bahan tambahan lainnya karena cita rasanya sudah lezat dan creamy.



 Sumber : Pergikuliner.com


Lain halnya dengan gelato yang membutuhkan bahan-bahan campuran lainnya supaya cita rasanya tidak hambar. Jika diperhatikan, gelato memiliki varian rasa yang lebih banyak bukan? Terutama varian rasa buah-buahannya. Untuk lebih mudahnya lagi, jika dibandingkan antara 100 gram gelato dengan 100 gram es krim, kamu bisa melihatnya dengan jelas. Dalam 100 gram gelato hanya mengandung 90 kalori, 3 gram lemak dan 10 gram gula. Tapi dalam 100 gram es krim vanila mengandung 125 kalori, 7 gram lemak, dan 14 gram gula. Es krim selalu disimpan dalam suhu yang lebih dingin dibanding gelato supaya tidak cepat meleleh dan menjaga agar teksturnya tetap ringan dan lembut. Inilah yang menyebabkan kandungan gula pada es krim lebih tinggi karena jika tidak diberi gula yang banyak, maka rasa manis pada es krim tidak akan terasa. Suhu yang dingin bisa menyamarkan rasa, termasuk rasa manis. Sedangkan gelato yang disimpan dengan suhu lebih rendah 15 derajat celcius dari es krim justru tidak diberi banyak gula karena jika diberi banyak gula akan terlalu manis rasanya. Untuk memperkaya cita rasanya, maka gelato lebih sering dicampur dengan bahan-bahan tambahan lainnya. Coba saja kamu perhatikan rasa manis pada gelato dan es krim berbeda bukan?



 Sumber : Pergikuliner.com


Jadi, bukan berarti ketika kamu sedang cheating day saat berdiet kemudian tidak boleh menyantap es krim ya. Boleh-boleh saja menyantap es krim, tapi perhatikan kadar jumlahnya. Setidaknya kamu menyantap cukup satu cup es krim saja. Jika ingin menyantap yang kadar lemaknya lebih rendah, maka kamu bisa memilih untuk menyantap gelato saja.

Nah, buat kamu yang bingung ingin makan gelato atau es krim di mana, jangan khawatir ya, karena PergiKuliner punya beberapa referensi nih buat kamu!

Gelato Secrets

Foto Gelato Secrets
Foto Gelato Secrets
Foto Gelato Secrets

Orbit Gelato

Foto Orbit Gelato
Foto Orbit Gelato
Foto Orbit Gelato

MOONI Artisan Gelato

Foto MOONI Artisan Gelato
Foto MOONI Artisan Gelato
Foto MOONI Artisan Gelato

La Ricchi Ice Cream

Foto La Ricchi Ice Cream
Foto La Ricchi Ice Cream
Foto La Ricchi Ice Cream

Gaya Gelato

Foto Gaya Gelato
Foto Gaya Gelato
Foto Gaya Gelato

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?