Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Gilgeori Toast, Roti Panggang Jalanan Khas Korea yang Mulai Viral

List Artikel
22 Desember 2023 | 0 Komentar

Para penggemar K-Drama dan K-Pop pastinya pernah melihat olahan roti yang sering dijajakan di pinggir jalan ini. Gilgori toast merupakan roti panggang jalanan khas Korea yang sekarang sedang viral karena mulai menjamur di Indonesia. Kuliner Korea di Indonesia memang sedang naik daun karena semakin banyaknya penggemar K-Drama dan K-Pop di Indonesia yang membuat minat akan kuliner khas Korea semakin tinggi. Ada banyak restoran hingga gerai jajanan khas Korea yang bisa dengan mudah kita jumpai di Indonesia, salah satunya adalah gerai gilgori toast. Olahan roti khas Korea ini sangat viral karena ada banyak kedai kopi hingga kafe yang mengadaptasinya dalam menu kuliner mereka. Supaya kamu bisa mengenal lebih baik lagi tentang gilgori toast, yuk kita simak pembahasan berikut tentang kuliner yang lagi viral saat ini!

 


Sumber: pergikuliner.com


Roti Panggang Jalanan

Gilgori dalam bahasa Korea memiliki arti jalanan. Jadi jika digabungkan, gilgori toast berarti roti panggang jalanan. Penamaan tersebut digunakan karena roti panggang ini selalu dijual oleh pedagang kaki lima pinggir jalan. Biasanya, gilgori toast ditemukan di dekat jalanan sekolah hingga kampus karena kebanyakan yang membelinya adalah anak sekolah dan mahasiswa yang butuh menu sarapan praktis. Meski demikian, ada juga pekerja kantoran yang membelinya untuk sarapan atau makan siang yang singkat. Gilgori toast biasanya dibungkus dengan kemasan kertas sehingga kamu bisa menyantapnya dengan menggunakan tangan tanpa memerlukan peralatan makan tambahan.


Dijuluki sebagai Roti Panggang Nenek

Gilgori toast juga memiliki nama julukan lain, yakni halmeoni toast atau roti panggang nenek. Mengapa disebut demikian? Karena pada masa kemunculan gilgori toast ini, kebanyakan penjualnya adalah nenek-nenek. Konon, fenomena kuliner roti panggang jalanan ini bermula dari seorang nenek yang ingin membuatkan bekal untuk anak dan cucunya sebagai menu sarapan yang mudah disantap saat sedang terburu-buru. Karena anak dan cucunya sangat menyukai roti panggang buatannya, sang nenek pun mulai mendagangkan roti panggang tersebut di depan rumahnya yang berada di pinggir jalan.

 

Isian Gilgori Toast yang Sederhana

Isian dari gilgori toast terbilang sangat sederhana jika dibandingkan dengan roti panggang atau sandwich dari negara-negara Barat. Gilgori toast dibuat dari dua lembar roti tawar biasa yang di dalamnya berisi campuran sayur dan telur. Untuk membuat isian ini, dibutuhkan kubis yang diiris tipis-tipis, wortel yang diserut halus, daun bawang cincang, dan bawang bombay yang kemudian ditumis bersamaan dengan kocokan telur yang sudah diberi garam dan lada. Isiannya sangat sederhana sehingga membuat harganya sangatlah terjangkau bagi semua kalangan.


Muncul pada Musim Gugur hingga Musim Dingin

Meski merupakan kuliner jalanan kaki lima, penjual gilgori toast biasanya akan lebih menjamur pada saat musim gugur hingga musim dingin. Pasalnya, gilgori toast termasuk kuliner yang disiapkan secara langsung setelah ada pesanan yang masuk atau pada saat ada yang membeli sehingga disajikan dalam keadaan masih hangat. Dengan begitu, kuliner yang hangat ini sangat cocok saat disantap musim gugur hingga musim dingin untuk memberikan sensasi hangat pada tubuh. Namun, bukan berarti tidak ada pedagang gilgori toast di musim panas maupun musim semi. Tetap ada yang menjualnya, hanya saja tidak sebanyak pada musim gugur dan musim dingin.

 

Setelah membaca pembahasan gilgori toast di atas, semoga wawasanmu mengenai ragam kuliner dari berbagai budaya semakin luas, ya. Nah, buat yang suka menyantap roti panggang, di bawah ini ada beberapa rekomendasi gerai roti panggang yang bisa kamu datangi karena rasanya sangat enak. Yuk, coba kita cek bersama-sama!

Jiwa Toast

Foto Jiwa Toast
Foto Jiwa Toast
Foto Jiwa Toast

Toast Republik

Foto Toast Republik
Foto Toast Republik
Foto Toast Republik

Tousta Toast & Teabar

Foto Tousta Toast & Teabar
Foto Tousta Toast & Teabar
Foto Tousta Toast & Teabar

Toss Toast & Coffee

Foto Toss Toast & Coffee
Foto Toss Toast & Coffee
Foto Toss Toast & Coffee

Noesa Toast

Foto Noesa Toast
Foto Noesa Toast
Foto Noesa Toast

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?