Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Gudeg Jogja vs Gudeg Solo, Apa yang Membuat Keduanya Berbeda?

List Artikel
17 Desember 2017 | 0 Komentar

Gudeg merupakan kuliner khas Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, gula merah, garam, daun salam, dan lengkuas yang dimemarkan. Proses memasaknya membutuhkan waktu berjam-jam sehingga membuat kuliner ini memiliki aroma wangi yang harum serta cita rasa bumbu yang sangat meresap hingga ke dalam daging nangka. Kebanyakan orang mengetahui kalau hanya ada gudeg khas Jogja, padahal ternyata juga ada gudeg khas Solo lho. Lalu apa yang bedanya?


Sumber: pergikuliner.com ( Gudeg khas Jogja)


Dari Segi Tampilan Warna

Jika dilihat secara kasat mata alias hanya dari tampilannya saja, gudeg Jogja memiliki warna yang lebih gelap dan cenderung berwarna cokelat kemerahan. Hal ini dikarenakan adanya penggunaan daun jati pada gudeg Jogja yang juga dimasak bersamaan dengan nangka dalam waktu yang sangat lama. Sedangkan pada gudeg Solo menggunakan daun jambu dan dimasak dengan menggunakan tambahan santan kelapa sehingga warnanya jadi lebih pucat cenderung putih seperti warna opor.



Sumber : pergikuliner.com


Dari Bahan Pembuatan dan Penyajian

Gudeg pada dasarnya memang terbuat dari nangka muda. Tapi ada bahan tambahan lain seperti telur yang ada pada gudeg Jogja. Sedangkan pada gudeg Solo ada tambahan ayam atau ceker yang dimasak bersamaan dengan nangka. Cara penyajiannya juga sangat berbeda. Jika gudeg Jogja biasa disajikan bersama dengan krecek. Lain halnya dengan gudeg Solo yang disajikan bersama dengan krecek, daun singkong rebus, dan kacang tolo.



Sumber: kidsklik.com (Gudeg Solo)


Dari Segi Tekstur dan Cita Rasa

Meski sama-sama terbuat dari nangka, gudeg Jogja terlihat lebih padat karena tidak berkuah tapi saat dimakan, tekstur nangka sangat lembut karena dibuat dalam jangka waktu yang lebih lama. Lain halnya gudeg Solo memang cenderung terlihat lebih empuk dan memiliki kuah yang berasal dari santan. Bisa dikatakan kalau gudeg Jogja adalah gudeg kering sedangkan gudeg Solo adalah gudeg basah. Jika dilihat dari cita rasanya, gudeg Jogja terasa lebih manis sedangkan gudeg Solo cenderung gurih karena santan yang digunakan.

 

Nah! Itu dia perbedaan antara gudeg Jogja dengan gudeg Solo. Teman PergiKuliner masih penasaran juga dan ingin mencicip keduanya langsung? Bagaimana kalau kamu mampir ke tempat makan di bawah ini!

Dapur Solo

Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo

Kopi Legit

Foto Kopi Legit
Foto Kopi Legit
Foto Kopi Legit

Gudeg Yogya Bu Darmo / Bu Yati

Foto Gudeg Yogya Bu Darmo / Bu Yati

Gudeg Pejompongan

Foto Gudeg Pejompongan

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?