Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Harum & Nikmat, Inilah 5 Jenis Nasi Bakar yang Populer di Indonesia

List Artikel
3 Agustus 2020 | 0 Komentar

Nasi bakar merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang terbilang sangat populer. Kuliner ini adalah turunan dari nasi timbel karena memang bahan yang digunakan hampir mirip yakni nasi yang dibungkus daun pisang. Hanya saja cara memasaknya berbeda. Nasi timbel dikukus sementara nasi bakar sudah pasti dibakar di atas arang. Berhubung cara memasaknya dibakar, maka aromanya sangat wangi karena aroma daun pisang yang dibakar akan menimbulkan wangi yang sangat khas. Belum lagi lauk pauk yang disertakan di dalamnya. Saat dibakar, sudah pasti akan ada proses pematangan serta karamelisasi yang menjadikan citarasa nasi bakar jadi lebih nikmat. Ada banyak sekali jenis nasi bakar yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan masing-masing daerah punya nasi bakar khasnya tersendiri. Dari banyaknya jenis nasi bakar di Indonesia, ada lima yang paling populer, yaitu:


1. Nasi Bakar Teri



Sumber: Resepmamalusi.wordpress.com


Pertama ada nasi bakar teri. Jenis nasi bakar ini paling favorit dan diminati sehingga sangat populer. Nasi bakar teri dibuat dari nasi yang di dalamnya diisi dengan teri yang sudah digoreng lalu ditumis bersama dengan aneka bumbu rempah. Biasanya teri dibumbui dengan tambahan cabai hijau atau cabai merah sehingga menciptakan rasa yang pedas. Dengan menambahkan teri pada nasi bakar, maka cita rasa nasi bakar teri ini jadi lebih terasa gurih.


2. Nasi Bakar Tuna Pedas



Sumber: Cookpad.com


Nasi bakar tuna pedas. Seperti namanya, nasi bakar ini terbuat dari campuran nasi dan tuna yang dimasak dengan bumbu pedas. Ikan tuna yang sudah dikukus terlebih dahulu disuwir-suwir lalu dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai, garam, lengkuas, sereh, dan daun salam. Setelah ditumis hingga wangi, suwiran tuna dimasukkan ke dalam bumbu. Nasi yang dicampur dengan tuna pedas ketika dibakar akan menimbulkan aroma wangi yang khas. Apalagi saat kamu membuka bungkusan daunnya, aroma wangi yang bercampur aroma pedas akan menggugah selera.


3. Nasi Bakar Oncom



Sumber: Resepkoki.id


Oncom ternyata tak hanya cocok untuk dijadikan sebagai isian combro saja, tetapi juga cocok dijadikan isian nasi bakar. Pengolahan oncom untuk nasi bakar tak jauh berbeda sebenarnya dari cara pembuatan oncom untuk combro karena sama-sama dibumbui dengan bawang dan cabai. Hanya saja bedanya adalah penambahan daun kemangi. Daun kemangi berfungsi untuk menciptakan aroma wangi yang berbeda, apalagi saat nasi yang sudah diberi isian oncom kemangi tersebut dibakar. Aromanya pasti akan sangat wangi.


4. Nasi Bakar Ayam Kemangi



Sumber: Resepkoki.id


Penambahan kemangi tak hanya cocok pada oncom saja , tetapi juga ayam. Nasi bakar ayam kemangi tentu saja tidak menggunakan potongan ayam di dalamnya, melainkan suwiran daging ayam rebus yang kemudian ditumis lagi bersama dengan bumbu kuning dan kemangi. Jika ingin menambah cita rasa pedasnya, biasanya akan ada irisan cabai rawit merah di dalamnya. Nasi bakar ayam kemangi tak hanya punya aroma yang wangi dari kemanginya, tapi cita rasanya juga sangat kaya rempah.


5. Nasi Bakar Cumi



Sumber: Olx.co.id


Terakhir ada nasi bakar cumi yang punya citarasa sangat gurih dan asin. Cumi yang digunakan bukan cumi segar melainkan cumi asin. Sebelum diolah, cumi asin direndam dalam air panas terlebih dahulu baru kemudian dipotong-potong dan dimasak dengan cara ditumis bersama dengan bawang merah, bawang putih, lengkuas, sereh, salam, daun jeruk, serta irisan cabai merah atau cabai hijau. Tak jauh berbeda dengan nasi bakar lainnya, nasi bakar cumi punya aroma wangi yang sangat menggoda.


Itu dia lima jenis nasi bakar yang populer di Indonesia. Kalau kamu ingin mencari tempat nasi bakar enak di Jakarta, bisa banget nih mampir ke tempat-tempat rekomendasi Pergikuliner di bawah ini!

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan

ou tu Cafe

Foto ou tu Cafe

Pusat Nasi Bakar

Foto Pusat Nasi Bakar

Amertha Warung Coffee

Foto Amertha Warung Coffee

Sego Daun

Foto Sego Daun
Foto Sego Daun
Foto Sego Daun

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?