Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Hindari Kuliner-kuliner Ini untuk Sarapan Karena Bisa Bikin Mules

List Artikel
16 September 2019 | 0 Komentar

Sarapan menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan saat pagi hari karena dengan tidak melewatkan sarapan, maka kamu bisa mendapatkan asupan energi serta vitamin dan gizi yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Selain itu, sarapan juga bisa membantu tubuh agar bisa tetap menjaga berat badan karena kalau sudah sarapan, keinginan untuk menyantap camilan karena rasa lapar tidak akan terjadi. Ada banyak sekali menu sarapan di Indonesia yang bisa kamu pilih, mulai dari sarapan ala western seperti sandwich, oemelet, pancake, hingga waffle. Lalu ada menu sarapan orang Indonesia seperti nasi goreng, bubur, nasi uduk dan lain sebagainya. Kita seringkali melewati sarapan karena alasan takut mules ketika sedang beraktivitas. Padahal tak semua menu sarapan bisa memicu rasa mulas. Setidaknya ada lima kuliner yang jika kamu jadikan sebagai menu sarapan bisa membuat perutmu cepat mules, yaitu:

 

1. Lontong Sayur



Sumber : Diahdidi.com


Pertama ada lontong sayur. Lontong sayur ini memang menjadi salah satu menu sarapan terfavorit masyarakat Indonesia. Kamu bisa menemukan dengan mudah kuliner ini dijajakan di pedagang kaki lima gerobak saat pagi hari. Selain mudah dijumpai, harganya juga sangat terjangkau. Tapi sayangnya, lontong sayur bisa memicu rasa mules jika kamu menyantapnya di pagi hari. Alasannya adalah karena lontong sayur mengandung santan dan cabai yang cukup banyak di dalamnya. Santan memiliki kadar lemak sedangkan cabai memiliki rasa pedas yang kuat sehingga kalau disantap saat perut kosong di pagi hari bisa membuat perut melilit mules.

 

2. Nasi dengan Sambal



Sumber : Pergikuliner.com


Kuliner kedua yang wajib kamu hindari saat sarapan adalah nasi yang dibarengi dengan sambal. Sebagai masyarakat Indonesia sejati, pastinya kita merasa kalau nasi menjadi makanan pokok. Jadi kalau belum sarapan dengan nasi, maka belum sarapan namanya. Menyantap nasi sebenarnya tak menjadi masalah, hanya saja jika kamu menyantapnya dengan sambal dan gorengan, pastinya perutmu akan cepat mulas. Intinya kalau kamu menyantap makanan yang pedas untuk sarapan, maka kadar asam dalam lambung akan cepat naik dan mengakibatkan perut mules.

 

3. Sup dari Sayuran Bergas



Sumber : Thefrugalfoodiemama.com


Sup memang terbilang cukup jarang dijadikan sebagai menu sarapan, tapi ada juga beberapa orang yang mengonsumsinya saat sarapan karena ingin menyantap sesuatu yang berkuah dan ringan. Tapi tidak semua sup aman untuk dikonsumsi saat sarapan. Ada beberapa jenis sup, seperti sup brokoli, sup kembang kol, sup kubis, sup lobak, hingga sup sawi yang ternyata bisa memicu rasa mules. Alasannya adalah semua sayuran tersebut memiliki kadar gas yang cukup tinggi sehingga bisa membuat perut kembung dan mengakibatkan produksi asam lambung meningkat. Jika ingin menyatap sup untuk sarapan, kamu bisa menggunakan sayur kentang, wortel, atau jamur.

 

4. Salad Buah



Sumber : Simply-delicious-food.com 


Siapa di antara kamu yang sedang berdiet? Bagi orang-orang yang sedang berdiet atau sedang menurunkan berat badan, salad menjadi makanan yang paling sering disantap. Tapi jangan menyantap salad buah di pagi hari ya karena bisa menyebabkan perut kamu cepat mules. Kenapa bisa demikian? Ada beberapa buah pada salad yang bisa mengiritasi lambung karena kamu menyantapnya dalam keadaan perut kosong, yaitu buah kiwi, strawberry, blueberry, jeruk, lemon, serta buah-buahan lainnya yang bercita rasa asam. Jika ingin aman menyantap salad buah untuk sarapan, kamu bisa memilih apel, melon, pisang dan alpukat.

 

5. Jus Jeruk



Sumber : Toiimg.com


Terakhir ada jus jeruk yang sering dianggap sebagai minuman yang bagus dikonsumsi di pagi hari. Jeruk memiliki kadar asam dan vitamin C yang tinggi sehingga ketika kamu minum saat sarapan dan perut sedang kosong, maka lambung akan mudah teriritasi karena konsisi lambung menjadi asam. Tentu saja hal tersebut bisa mengakibatkan perut mules. Jika kamu ingin minum jus, sebaiknya pilih jus apel yang lebih aman dikonsumsi di pagi hari.

 

Itulah beberapa menu kuliner yang tidak aman dikonsumsi pagi hari karena bisa bikin mules. Kamu bisa menikmati kuliner di atas ini di waktu lain ya, misalnya di siang dan juga malam hari. Nah, buat kamu yang ingin menyantap kuliner tersebut bisa datang ke salah satu tempat di bawah ini ya!

Bubur Kwang Tung

Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung

Bubur Hao Dang Jia

Foto Bubur Hao Dang Jia

Bubur Ayam Barito

Foto Bubur Ayam Barito
Foto Bubur Ayam Barito
Foto Bubur Ayam Barito

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?