Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Icip 5 Kuliner Khas NTB yang Punya Cita Rasa Eksotis

List Artikel
11 November 2019 | 0 Komentar

Seperti yang kita ketahui, Indonesia sangat kaya akan ragam kulinernya. Dari Sabang hingga Merauke, kamu bisa menemukan beragam kuliner khas dari suatu daerah dengan citarasa yang berbeda-beda. Inilah kekayaan Indonesia. Tak sedikit wisatawan asing yang sengaja datang ke Indonesia karena kangen dengan cita rasa kuliner Indonesia. Jika biasanya kita membahas tentang kuliner dari Pulau Jawa dan Sumatera, kali ini kita beralih ke bagian timur Indonesia. Ada Nusa Tenggara Barat atau lebih dikenal dengan singkatan NTB yang juga punya kuliner lezat yang tak kalah dari daerah-daerah yang ada di Pulau Jawa dan Sumatera. Kebanyakan kuliner khas NTB ini memiliki cita rasa yang eksotis karena memang penggunaan bumbu rempahnya yang sangat dominan. Untuk menambah pengetahuan kulinermu, cek dulu yuk lima kuliner khas NTB di bawah ini!

 

1. Sate Bulayak



Sumber: digitaloceanspace.com


Pertama ada sate bulayak. Sate ini merupakan kuliner khas NTB yang dari segi tampilannya tidak terlalu berbeda dengan sate khas Indonesia kebanyakan. Tapi jangan salah lho. Sate yang bisa dibuat dari daging ayam, sapi, hingga jerohan ini punya citarasa yang berbeda karena saus kacang tidak sama dengan saus kacang untuk sate kebanyakan. Terdapat tambahan campuran santan, ketumbar, jintan, dan bawang sehingga menjadikan citarasanya lebih legit dan pastinya eksotis.

 

2. Sate Pusut



Sumber : Ceritareena.blogspot.com


Selain sate bulayak, ada sate pusut yang dari segi tampilannya agak mirip dengan sate lilit Bali. Hal yang membedakannya adalah sate pusut ini dibuat dari daging sapi dan ditusuk dengan tusukan sate biasa lalu dibumbui dengan santan, daun heruk, cabai merah, cabai rawit, bawang putih, gula pasir, garam, terasi, dan jeruk nipis. Sudah kebayang belum citarasanya seperti apa? Sudah pasti ada rasa pedas yang bercampur dengan citarasa legit, creamy, dan asam.

 

3. Ayam Taliwang



Sumber : Pergikuliner.com


Kalau kuliner yang satu ini kamu pasti sudah tahu. Yup, ayam taliwang memang berasal dari NTB, tepatnya dari Kampung Karang Taliwang, Lombok. Ayam taliwang ini dibuat dari ayam  kampung yang dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, terasi goreng, kencur, kemiri, gula merah, garam, cabai rawit, dan santan. Citarasanya sudah pasti sangat berbumbu dan gurih. Biasanya ayam taliwang ini disajikan bersama dengan nasi putih hangat dan juga plecing kangkung.

 

4. Beberuk Terong



Sumber : Ytimg.com


Selanjutnya ada beberuk terong yang merupakan salah satu kuliner sehat khas NTB. Bagaimana tidak sehat, semua bahan-bahan adalah sayuran ini. Sesuai dengan namanya, beberuk terong terbuat dari terong, baik itu terong hijau dan juga terong ungu. Kemudian ada kacang panjang yang ditambahkan. Untuk bumbunya menggunakan bawang merah, bawang putih, cabe, tomat, kencur, terasi, garam, dan gula. Semua bumbu ditumis hingga matang lalu diberi perasan air jeruk kemudian dimasukkan terong dan kacang. Tak butuh waktu lama untuk  memasaknya karena sengaja disajikan setengah matang.

 

5. Nasi Kotaraja



Sumber: instagram.com


Terakhir ada nasi kotaraja yang sebenarnya adalah nasi campur khas NTB. Jadi nasi disajikan bersama lauk jangan rarit dan sambal sebie. Jangan rarit merupakan daging sapi berbumbu yang dijemur hingga bumbunya meresap dan digeprek lalu digoreng. Sementara sambal sebie adalah sambal yang dibuat dari cabai rawit hijau yang dicampur dengan terasi, bawang merah, bawang putih, dan garam. Perpaduan cita rasa jangan rarit dan sambal sebie dengan nasi putih hangat ini akan sangat menggoda lidahmu.

 

Itulah beberapa kuliner khas NTB yang perlu kamu ketahui. Jadi kepengen makan makanan Indonesia bukan? Mampir saja ke salah satu restoran di bawah ini!

Mamink Daeng Tata

Foto Mamink Daeng Tata
Foto Mamink Daeng Tata
Foto Mamink Daeng Tata

Pangkep 33

Foto Pangkep 33
Foto Pangkep 33
Foto Pangkep 33

Makassar Seafood Pelangi

Foto Makassar Seafood Pelangi
Foto Makassar Seafood Pelangi
Foto Makassar Seafood Pelangi

Live Seafood Cabe Ijo

Foto Live Seafood Cabe Ijo
Foto Live Seafood Cabe Ijo
Foto Live Seafood Cabe Ijo

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?