Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Icip 5 Kuliner Lontong Khas Surabaya yang Rasanya Paling Mantap

List Artikel
16 November 2018 | 0 Komentar
Lontong merupakan kuliner Indonesia yang terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus di atas air hingga matang. Berhubung menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya, maka bagian luar lontong berwarna agak kehijauan. Tekstur dari lontong ini lebih lembut dibanding ketupat. Sebagai sumber karbohidrat, lontong banyak dipadukan dengan beragam kuliner lainnya sehingga cita rasanya menjadi semakin lezat. Lontong bisa dengan mudah kamu temukan di Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Timur seperti di kota Surabaya. Di kota pahlawan ini, ada banyak sekali varian kuliner lontong yang patut kamu coba. Simak yuk!


1. Lontong Balap


Sumber : Masakandapurku.com

Yang pertama ada lontong balap yang banyak kamu jumpai di pedagang kaki lima dengan menggunakan gerobak. Tapi sekarang sudah banyak tempat makan atau restoran yang menjual menu lontong balap. Kuliner khas Surabaya ini terbuat dari campuran lontong yang diiris-iris lalu dicampur dengan tauge, tahu dan lentho yang disiram dengan kuah kaldu bening dengan bumbu petis. Lontong balap biasanya disajikan bersama dengan sate kerang.


2. Tahu Tek


Sumber : Pergikuliner.com


Surabaya memang terkenal akan kuliner olahan tahunya. Salah satu olahan tahu yang terkenal adalah tahu tek. Tahu tek ini disebut tahu tek karena tahu yang sudah digoreng kemudian digunting-gunting sehingga menimbulkan bunyi tek tek. Tahu tek ini di dalamnya tidak hanya terdapat tahu saja, tapi juga ada irisan lontong kentang, mentimun, dan tauge yang kemudian disiram dengan saus kuah yang terbuat dari campuran kacang tanah, petis, bawang putih dan cabai.


3. Lontong Kupang


Sumber : Travelingyuk.com


Kuliner yang satu ini memang terlihat asing bagi masyarakat di luar kota Surabaya karena lontong kupang hanya ada di kota pahlawan tersebut. Hidangan lontong kupang menggunakan bahan baku kupang putih dan lontong dalam sajiannya lalu disiram dengan kuah petis dan disajikan bersama sate kerang. Nah, buat kamu yang belum tahu kupang, kupang adalah sejenis kerang yang hidup di lumpur air asin sehingga masuk dalam kategori seafood.


4. Lontong Mie



Sumber : Pergikuliner.com


Kuliner selanjutnya ada lontong mie yang di dalamnya terdapat mie kuning, irisan lontong, tauge dan tahu goreng yang nantinya akan disiram dengan kuah campuran dan pada bagian atasnya diberikan udang. Cita rasa dari lontong mie ini sangat segar. Lontong mie bisa disantap pada saat sarapan, makan siang, hingga makan malam karena pedagang lontong mie di Surabaya banyak yang buka selama 24 jam.


5. Lontong Kikil



Sumber : Cookpad.com


Buat para pecinta kikil, kamu pasti akan suka menyantap kuliner lontong kikil yang terbuat dari campuran kikil sapi yang dipadu dengan irisan lontong dan disiram dengan kuah kental karena terdapat campuran rempah kemiri di dalamnya. Selain kemiri, ada rempah jahe, kunci, jintan, ketumbar, bawang merah, kunyit, sereh, serta daun jeruk sehingga jadi segar.

 

Jadi itu dia lima kuliner lontong khas Surabaya yang rasanya paling mantap. Apa saja nih yang sudah pernah kamu coba? Nah, jangan lupa juga mampir ke beberapa rumah makan yang menjual menu lontong di bawah ini ya!

Lontong Mie Ny. Marlia

Foto Lontong Mie Ny. Marlia
Foto Lontong Mie Ny. Marlia

Depot Langgeng Jaya

Foto Depot Langgeng Jaya

Tjikini

Foto Tjikini
Foto Tjikini

Lontong Mie Babah Hoi

Foto Lontong Mie Babah Hoi

Tahu Tek Tek

Foto Tahu Tek Tek

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?