Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Icip 7 Makanan Khas Bandung yang Populer di Indonesia

List Artikel
11 April 2019 | 0 Komentar

Bandung merupakan salah satu kota wisata yang memiliki beragam makanan dengan cita rasa yang berbeda-beda. Saat kamu pergi ke Bandung, tak perlu khawatir jika ingin pergi kulineran karena hampir di setiap sudut kota terdapat penjual makanan, baik itu penjual kaki lima, restoran, hingga kafe. Beberapa makanan di Bandung memiliki pengaruh dari makanan Belanda sehingga cita rasanya menjadi unik dan berbeda. Meski ada banyak makanan khas Bandung, tapi ada beberapa yang sangat populer sehingga dikenal seluruh masyarakat Indonesia dan bisa dijumpai di kota lain selain Bandung. Mari kita lihat deretan makanan tersebut.

 

1. Seblak



Sumber: Pergikuliner.com


Pertama, ada seblak yang pernah menjadi makanan fenomenal karena memiliki cita rasa yang sangat pedas sehingga dicari dan diburu masyarakat Indonesia. Seblak merupakan makanan khas Bandung yang terbuat dari bahan utama kerupuk, ceker ayam, sosis, bakso, mie kuning yang dimasak dengan kuah merah yang terbuat dari aneka bumbu rempah Indonesia seperti bawang merah, bawang putih, cabe, daun jeruk. Saat membeli seblak, kamu pasti akan ditanya ingin level kepedasan tingkat berapa, semakin tinggi levelnya maka semakin tinggi tingkat kepedasannya.


2. Batagor


Sumber: Pergikuliner.com


Kalau makanan khas Bandung yang satu ini sudah pasti jangan ditanya lagi kepopulerannya karena bisa dengan mudah didapatkan di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Jadi, di dalamnya terdapat bakso yang diselimuti dengan kulit pangsit dan tahu yang di dalamnya terdapat bakso. Keduanya digoreng hingga garing lalu dipotong-potong dan disiram dengan saus kacang. Saat akan disajikan, siraman saus kacang akan diberi perasan jeruk limau sehingga aromanya jadi lebih wangi dan cita rasanya jadi lebih menggoda.


3. Siomay



Sumber: Pergikuliner.com


Siomay juga merupakan salah satu makanan khas Bandung yang diberi saus kacang. Hanya saja, siomay tidak di goreng melainkan direbus. Dalam sajian siomay, di dalamnya terdapat bakso, tahu putih, tahu coklat, kentang rebus, kol, pare, dan siomay tenggiri. Sama seperti batagor, saat disajikan siomay diberi perasan jeruk limau. Kamu bisa dengan mudah menemukan pedagang siomay di pinggir jalan, kafe dan restoran.

 

4. Colenak


Sumber: Blue.kumparan.com


Colenak merupakan singkatan dari dicocol makin enak. Makanan ini terbuat dari tape singkong yang sudah di fermentasi selama berhari-hari lalu dibakar hingga kecoklatan dan disajikan dengan gula merah cair yang dicampur dengan kelapa parut. Saat menyantapnya kamu harus mencocol tape bakar dengan gula merah dan kelapa parut. Colenak banyak dijumpai di malam hari karena cocok dijadikan sebagai cemilan malam.

 

5. Surabi




Sumber: Pergikuliner.com


Selanjutnya ada surabi yang menjadi makanan khas Bandung yang sering dijadikan oleh-oleh oleh para wisatawan. Surabi dibuat dari bahan dasar tepung beras, santan, dan parutan kelapa. Ciri khas dari makanan ini adalah cara pembuatannya yang dibakar dengan menggunakan arang sehingga aromanya jadi khas dan berbeda. Surabi khas Bandung ini biasa disajikan dengan kuah kinca yang terbuat dari gula merah dan santan.

 

6. Mie Kocok


Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner yang satu ini jangan ditanya kelezatannya. Mie kocok sering disantap saat malam hari karena bisa menghangatkan tubuh. Mie kocok terbuat dari nie kuning yang dicampur dengan tauge, bakso, seledri, daun bawang, bawang goreng, dan perasan jeruk limau. Kuah yang digunakan adalah kaldu sapi sehingga citarasanya jadi lebih gurih. Berhubung mie kocok merupakan kuliner malam, maka kamu bisa dengan mudah menemukannya di malam hari.

 

7. Cendol


Sumber: Pergikuliner.com


Terakhir ada cendol yang sebenarnya termasuk minuman khas Bandung. Cendol dibuat dari tepung beras yang diberi pewarna daun suji sehingga warnanya menjadi lebih hijau. Cendol disajikan dengan santan, gula merah cair, dan juga es batu. Tapi ada juga cendol yang diberi tambahan ketan hitam, nangka, atau duren sehingga cita rasanya jadi lebih berbeda dari biasanya.



Nah, udah tau kan apa aja makanan khas Bandung? Kalau kamu kepingin mencicipi aneka makanan di atas, langsung aja datengin tempat-tempat di bawah ini!

Siomay Prijaji

Foto Siomay Prijaji
Foto Siomay Prijaji
Foto Siomay Prijaji

Hejo Hejo Tjendol

Foto Hejo Hejo Tjendol
Foto Hejo Hejo Tjendol

Mie Kocok Bandung Cipete

Foto Mie Kocok Bandung Cipete

Serabi Notosuman

Foto Serabi Notosuman
Foto Serabi Notosuman

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?