Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Icip Beragam Varian Crepes yang Tersebar di Seluruh Dunia

List Artikel
25 April 2019 | 0 Komentar
Crepes di Indonesia dikenal sebagai makanan penutup alias dessert yang memiliki cita rasa manis karena sering diberi topping cokelat, parutan keju, selai buah dan es krim. Tapi ada juga yang menggunakan topping asin seperti smoked beef, tuna, mayonaise, daun selada dan lain sebagainya. Crepes merupakan kuliner yang berasal dari Bretagne, sebuah daerah yang ada di Perancis. Ciri khas dari crepes adalah bentuknya yang tipis dan disajikan dengan cara dilipat atau digulung. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada banyak varian crepes di berbagai belahan dunia, yaitu:

1. Mille Crepes


Sumber : Pergikuliner.com


Mille crepes merupakan salah satu varian crepes yang berasal dari Perancis. Mille crepes memang sedang booming di Indonesia dan banyak dijadikan bisnis kuliner di kalangan para artis ternama. Ciri khas dari mille crepes ini adalah bentuknya yang berlapis-lapis sehingga terlihat sangat cantik. Berhubung bentuknya berlapis-lapis, mille crepes juga sering dijadikan kue ulang tahun. Terdapat puluhan lapis crepes yang ditumpuk berselang-seling dengan whipped cream. Untuk variannya, mille crepes ada yang memiliki cita rasa green tea, oreo, tiramisu, cokelat, strawberry dan masih banyak lagi.

2. Japanese Crepes


Sumber : Moshimoshi-nippon.jp


Di Jepang, crepes lebih banyak dijadikan sebagai dessert yang disukai oleh kaum perempuan. Tak hanya cita rasanya yang manis, bentuknya pun sangat cantik. Crepes di Jepang dijual dalam bentuk mirip cone eskrim alias berbentuk kerucut yang didalamnya berisi es krim, potongan buah-buahan segar, kacang-kacangan, dan saus cokelat atau madu. Kamu bisa menyantapnya sambil berjalan. Crepes banyak dijumpai di distrik Harajuku.

3. Vietnam Crepes


Sumber : Cilantroandcitronella.com


Vietnam crepes, atau yang lebih dikenal dengan nama banhxeo. Banh xeo menjadi jajanan kaki lima khas Vietnam yang paling banyak diburu oleh para wisatawan. Berbeda dengan adonan crepes kebanyakan, banh xeo terbuat dari tepung beras dan santan yang kemudian didalamnya diisi dengan udang rebus dan aneka sayuran segar seperti wortel, tauge, daun ketumbar, dan daun mint yang disiram dengan saus khusus. Cita rasanya sudah tentu segar dan menyehatkan.

4. Dosa Crepes


Sumber : Dosacrepecafe.com


Dosa adalah crepes khas India yang teksturnya cenderung garing dan renyah. Kuliner ini dibuat dari tepung beras, garam, dan air yang difermentasikan selama semalaman baru kemudian dimasak tipis-tipis dan setelah matang digulung dan disajikan bersama dengan saus cocolan. Dosa memiliki banyak variasi, tergantung dari tambahan bahan dasarnya. Ada yang menambahkan bayam, tomat, wortel, dan bawang bombay.

5. Ice Cream Spring Roll


Sumber : Bbcgoodfood.com


Terakhir ada ice cream spring roll yang berasal dari Taiwan. Kuliner ini merupakan jajanan pinggir jalan yang bisa dengan mudah kamu jumpai di pinggir jalanan Taiwan. Sesuai dengan namanya, ice cream spring roll terbuat dari es krim yang diberi kacang karamel dan digulung didalam crepes yang tipis. Cita rasanya tergolong sangat unik karena ada perpaduan asin dan manis didalamnya. Es krim yang digunakan bisa beragam jenisnya, mulai dari eskrim vanilla, strawberry, hingga cokelat.

Nah, itu dia beragam varian crepes yang tersebar di seluruh dunia. Kalau kamu suka yang mana nih teman PergiKuliner? Bagi yang jadi tergiur akan crepes-crepes di atas, kamu bisa langsung kunjungi beberapa tempat berikut ini saja ya!

D'Crepes

Foto D'Crepes

Crepe Signature

Foto Crepe Signature
Foto Crepe Signature

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious

First Love Patisserie

Foto First Love Patisserie
Foto First Love Patisserie
Foto First Love Patisserie

Amausaan Uji Matcha

Foto Amausaan Uji Matcha
Foto Amausaan Uji Matcha
Foto Amausaan Uji Matcha

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?