Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Identik dengan Natal, Tahukah Kamu Makna dari 5 Hidangan ini?

List Artikel
21 Desember 2022 | 0 Komentar
Natal sebentar lagi tiba. Siapa yang sudah tak sabar dengan natal tahun ini? Pasti semua kaum nasrani sudah mempersiapkan diri dari jauh hari untuk hari Natal yang sudah tinggal hitungan jari ini. Berbicara tentang natal, pasti kamu sudah tak asing dengan beberapa makanan seperti gingerbread, eggnog, puding Natal, candy cane dan tentunya ayam kalkun. Di setiap rumah yang merayakan Natal pasti menghidangkan salah satu dari kelima makanan tersebut. Namun tahukah kamu apa makna dari kelima makanan tersebut? Simak dulu yuk!

1. Gingerbread


Sumber: Onceuponachef.com

Gingerbread atau kue jahe adalah yang paling identik dengan natal. Kue tersebut nyatanya adalah kue khas musim dingin di Eropa. Namun, karena natal selalu identik dengan musim dingin, maka akhirnya kue jahe ini pun menjadi hidangan khas natal. Pada dasarnya, kue jahe ini dibuat dari campuran remah roti, kacang almond, gula, rose water, dan tentunya jahe. Kue ini menjadi lebih unik karena dibentuk seperti manusia.

2. Eggnog

Sumber: Motoroffence.co.uk

Desember identik dengan musim dingin dan tentunya natal. Nah, eggnog ini adalah salah satu minuman yang familiar dengan natal. Minuman berupa campuran susu, telur, gula, krim, dan alkohol ini memang populer di daerah Barat. Pada dasarnya eggnog disajikan dalam keadaan panas. Namun belakangan ini eggnog dingin juga populer. Bahkan bisa diracik dengan ataupun tanpa alkohol. Tahukah kamu bahwa ternyata dulunya eggnog juga dikenal sebagai minuman kesehatan lho!

3. Candy Cane

Sumber: Dinneratthezoo.com

Nah, kalau makanan yang satu ini banyak dicari oleh anak-anak nih. Permen berbentuk tongkat ini memiliki banyak makna terkandung didalamnya. Seperti halnya bentuk tongkatnya terinspirasi dari tongkat yang digunakan para penggembala sapi, yang mendatangi Yesus saat masih bayi. Sebagian lain juga mengatakan bentuk permen tersebut yang sekilas seperti huruf ā€œJā€ yang berarti Jesus. Sedangkan garis merahnya merupakan lambang dari darah pengorbanan Yesus.

4. Pudding Natal


Sumber: Selerasa.com

Christmas Pudding atau puding natal ini memiliki makna paling dalam. Karena ada tradisi yang masih terus dilakukan ketika akan membuat pudding natal, yaitu harus menggunakan tiga belas jenis bahan sebagai lambang dari Yesus dan murid-muridnya. Tradisi lainnya yang masih dipegang adalah setiap anggota keluarga juga harus ikut mengaduk adonan dari arah timur ke barat, di mana itu melambangkan perjalanan orang bijak.

5. Kalkun Panggang


Sumber: Masakapaya.com

Yang terakhir ada kalkun panggang yang pasti menjadi hidangan utama di saat natal tiba. Bukan tanpa alasan mengapa kalkun dipilih oleh kaum Kristiani sebagai hidangan khas natal. Daging kalkun dianggap lebih lembut dibanding daging ayam ataupun daging merah. Potongannya yang besar juga dianggap sesuai jika dimakan bersama keluarga besar.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan makna dibalik kelima makanan khas natal tersebut? Kamu bisa membuat hidangan ini sendiri atau jika tak mau repot kamu bisa membelinya. Coba cek beberapa referensi dari PergiKuliner di bawah ini, ya!

Sana Sini Restaurant - Hotel Pullman Thamrin

Foto Sana Sini Restaurant - Hotel Pullman Thamrin
Foto Sana Sini Restaurant - Hotel Pullman Thamrin
Foto Sana Sini Restaurant - Hotel Pullman Thamrin

NAMELAKA

Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA

PASOLA - Hotel The Ritz Carlton Pacific Place

Foto PASOLA - Hotel The Ritz Carlton Pacific Place
Foto PASOLA - Hotel The Ritz Carlton Pacific Place
Foto PASOLA - Hotel The Ritz Carlton Pacific Place

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?