Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ikan Asin Sebagai Pendamping Masakan Indonesia, Setuju?

List Artikel
5 Juli 2019 | 0 Komentar
Siapa yang nggak tahu ikan asin? Sebagai warga negara Indonesia, menu ikan asin bukanlah suatu hal yang asing, menu satu ini bahkan selalu hadir di beberapa rumah makan yang ada di Indonesia, khususnya restoran Sunda. Ikan asin merupakan ikan yang diawetkan dengan menambahkan banyak garam, yang biasanya banyak dijual di pasar. Harganya yang tergolong murah dan rasanya yang nikmat ini membuat lauk satu ini banyak diincar oleh masyarakat dan diolah menjadi bermacam-macam. Saking terkenalnya, ikan asin kerapkali berfungsi sebagai pendamping masakan Indonesia lainnya. Hal ini dikarenakan ikan asin merupakan lauk sederhana yang jika diolah dengan baik dan dipadukan dengan lauk tertentu akan  menciptakan gabungan rasa  yang luar biasa dan menjadi salah satu kuliner yang menggugah selera, bahkan banyak disajikan juga di restoran mahal. Sekarang, mari intip yuk kira-kira makanan apa nih yang cocok disandingkan dengan ikan asin!

1. Sayur Asem


Sumber : Njajan.com

Makanan utama yang pertama kali terlintas dalam pikiran jika membayangkan ikan asin pastilah menu sayur asem. Ikan asin memang sangat cocok jika dihidangkan bersama dengan menu satu ini. Segarnya sayur asem akan bertambah nikmat jika kamu melahapnya dengan ikan asin, sambal dan nasi panas. Pasti nambah deh! Hati-hati ketagihan ya!

2. Tumis Sayur


Sumber : Faktualnews.co

Aneka tumis sayur seperti tumis kangkung, tumis bayam, tahu terong dan tumis sayur lainnya akan sangat pas jika dinikmati bersama gurih nya ikan asin. Kombinasi tumis dan ikan asin bisa membuat kamu ketagihan dan teringat dengan masakan rumah. Dan tentunya jadi lebih sehat dong ya?

3. Bubur Manado

Sumber : Sajiansedap.grid.id

Bubur Manado atau Bubur Tinutuan sudah terkenal di masyarakat luas, tak hanya di Manado saja. Rasanya yang semakin unik dengan tambahan jagung manis, ubi dan sayur bayam atau kangkung di dalamnya, membuat banyak orang sangat berselera menyantapnya, apalagi untuk menu sarapan. Nah, biasanya orang Manado akan menikmatinya dengan menu ikan, yaitu ikan roa. Namun, jika kamu kesulitan untuk mendapatkan ikan roa, kamu juga dapat menggantinya dengan ikan asin lho dan jangan lupa juga sambal terasi.

4. Sambal Terasi


Sumber : Fimela.co

Sambal terasi nampaknya merupakan pasangan ikan asin yang paling serasi. Bagaimana tidak? Sambal terasi ini memiliki cita rasa yang begitu pedas, gurih dan nikmat. Menikmati sepiring nasi hangat dengan tambahan sambal terasi saja sudah menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri, apalagi jika ditambahkan beberapa potong ikan asin di dalamnya. Tentunya sensasi rasa pedas dan asin nikmat akan kamu temukan dalam setiap suapan. Dijamin nasimu akan habis seketika deh!

5. Tahu dan Tempe


Sumber : Pergikuliner.com

Tahu dan tempe adalah salah satu lauk wajib di Indonesia. Biasanya lauk satu ini tak bisa lepas dari sambal terasi, lalapan dan tentunya ikan asin. Meskipun jauh dari kata mewah, namun percayalah menikmati santapan dengan menu seperti ini tak pernah kalah lezat dari hidangan mewah manapun.

Kelima makanan di atas menjadi bukti bahwa ikan asin memang cocok menjadi pendamping masakan Indonesia. Semua makanan tersebut bahkan menjadi jauh lebih nikmat dengan kehadiran ikan asin. Setuju? Bahkan membayangkannya saja mampu bikin kamu ngiler dan lapar kan? Yuk, langsung datangi saja salah satu dari beberapa tempat makan di bawah ini!

Paviliun Sunda

Foto Paviliun Sunda
Foto Paviliun Sunda
Foto Paviliun Sunda

Eng's Resto

Foto Eng's Resto
Foto Eng's Resto
Foto Eng's Resto

Waroeng Sunda

Foto Waroeng Sunda
Foto Waroeng Sunda
Foto Waroeng Sunda

Raja Sunda

Foto Raja Sunda
Foto Raja Sunda

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?