Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ikan Tuna vs Ikan Salmon, Kira-kira Mana yang Lebih Bergizi?

List Artikel
26 Januari 2017 | 0 Komentar

Bagi penggemar ikan, tuna dan salmon adalah dua jenis ikan yang terkenal akan nilai gizinya yang sangat tinggi. Selain mengandung omega-3 serta protein tinggi, kedua jenis ikan ini sangat bagus dikonsumsi bagi otak kamu agar lebih cerdas. Tuna dan salmon bisa diolah menjadi aneka jenis kuliner, mulai dari kuliner Jepang, Eropa, hingga Indonesia. Buat kamu yang sering menyantap kedua ikan tersebut, kamu pasti bertanya-tanya di antara kedua jenis ikan tersebut, sebenarnya mana yang lebih bergizi dan mana yang lebih sehat?

 


Sumber: pergikuliner.com


Salmon bisa kamu temukan di samudera bersuhu dingin dan subtropis yang jauh dari Indonesia sementara habitat tuna berada di samudera tropis sehingga tuna lebih mudah ditemui dan harganya jauh lebih murah dibanding dengan salmon. Sangat sulit mennemukan salmon segar di Indonesia, kebanyakan salmon di Indonesia, dijual dalam bentuk beku. Meski begitu, kadar nutrisinya tidak jauh berbeda kok. Untuk tahu lebih jelas mengenai kadar gizi tuna dan salmon, kamu bisa melihat perbandingan kandungan nutrisi yang ada pada 100 gram tuna dan salmon  di bawah ini:

 

Salmon:

208 kalori, lemak 13 gram, kolesterol 55 mg, sodium 59 mg, potasium 363 mg, karbohidrat 0, protein 20 gram, vitamin A, vitamin B-12, vitamin C, Iron, vitamin B-6, magnesium.

Tuna:

184 kalori, lemak 6 gram, kolesterol 49 mg, soidum 50 mg, potasium 323 mg, karbohidrat 0, protein 30 gram, vitamin A, vitamin B-12, Iron, vitamin B-6, magnesium, kalsium.

 


Sumber: pergikuliner.com


Jika kamu bertanya ikan mana yang lebih bergizi? Keduanya jelas memiliki kadar gizi yang tak jauh berbeda. Hanya saja jika kamu ingin melakukan diet rendah kalori dan rendah lemak, kamu bisa memilih tuna yang lebih rendah kalorinya, namun jika kamu ingin melakukan diet rendah protein, kamu bisa menyantap salmon yang kadar proteinnya lebih rendah dari tuna. Jadi kita tidak bisa mengatakan kalau ikan salmon lebih bergizi atau kebalikannya karena masing-masing orang membutuhkan nilai gizi yang berbeda-beda sehingga kamu harus melihat mana ikan yang lebih bermanfaat bagi tubuh kamu. 

Nutmeg Cuisine and Bar

Foto Nutmeg Cuisine and Bar
Foto Nutmeg Cuisine and Bar

The Fctry Bistro & Bar

Foto The Fctry Bistro & Bar

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?