Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ingin Belajar Menjadi Pencicip Kopi Profesional? Pelajari Hal Ini Dulu!

List Artikel
24 Oktober 2018 | 0 Komentar

Menikmati secangkir kopi memang menjadi sebuah hal yang paling nikmat dilakukan. Sebagai penikmat kopi, pernahkah kamu berpikir untuk memiliki profesi yang berkaitan dengan kopi? Ada beberapa profesi yang berkaitan dengan kopi, mulai dari barista, pemilik kedai kopi, coffee roaster, hingga coffee tester yang lebih dikenal dengan nama pencicip kopi. Profesi ini lambat laun mulai mendapat perhatian dari masyarakat seiring dengan majunya industri kopi di Indonesia. Tapi ternyata untuk menjadi pencicip kopi profesional, kamu harus terlebih dahulu mempelajari hal-hal yang ada di bawah ini, yaitu:



Sumber : Pergikuliner.com


1. Bedakan Warna Biji Kopi dari Proses Penyangraian

Pertama adalah membedakan warna biji kopi. Kopi dengan jenis single origin yang sama, bisa memiliki cita rasa yang berbeda jika disangrai dengan tingkatan yang berbeda. Misalkan saja yang satu disangrai dalam waktu 15 menit, tapi yang satu lagi hanya 10 menit. Dari warna dan aromanya, kamu nanti harus bisa membedakannya karena hal ini akan menentukan cita rasa kopi yang akan kamu icip. Jadi kalau dari biji kopinya saja kamu sudah bisa menebak seperti apa rasanya, pasti kamu sudah dianggap profesional.

 

2. Mengetahui Karakteristik Kopi

Untuk dapat menjadi pencicip kopi profesional, kamu pasti harus belajar untuk mengetahui bagaimana karakteristik kopi. Hal yang satu ini memang tidak bisa dipelajari secara instan karena kamu harus menghapalnya satu persatu kopi single origin yang ada di Indonesia serta di dunia. Misalkan saja untuk kopi Aceh Gayo, bagaimana fragrance, serta tingkat acid dan body-nya. Fragrance merupakan aroma alias wangi dari kopi. Acid merupakan tingkat keasaman kopi. Sedangkan body merupakan tingkat kekentalan dari kopi tersebut. Dengan mengetahui karakteristik kopi, kamu jadi tahu lebih dulu bagaimana cita rasa kopi sebelum mencicipnya.

 

3. Mencicip Segala Jenis Kopi

Namanya juga ingin menjadi pencicip kopi profesional, pastinya kamu harus mencicip segala jenis kopi single origin yang ada di dunia, termasuk Indonesia. Semakin banyak jenis kopi single origin yang kamu icip, pengetahuanmu tentang rasa kopi akan semakin luas. Kopi yang harus diicip ini juga bukan hanya kopi single origin saja, tapi juga jenis kopi blend yang memadukan dua hingga tiga jenis kopi single origin. Dengan begitu, lidahmu akan lebih mengenal cita rasa kopi yang berbeda-beda.


Itu dia tiga hal yang bisa kamu pelajari ketika kamu ingin menjadi seorang pencicip kopi profesional. Kalau kamu ingin mencari coffee shop di Jakarta untuk mengasah kemampuan kamu mengenali cita rasa kopi, gunakan aplikasi PergiKuliner untuk membantu kamu menemukan coffee shop-coffee shop terbaik di Jakarta ya, atau kamu bisa langsung datang ke lima coffee shop rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Wisang Kopi

Foto Wisang Kopi
Foto Wisang Kopi
Foto Wisang Kopi

Coffee Smith

Foto Coffee Smith

Simetri Coffee Roasters

Foto Simetri Coffee Roasters
Foto Simetri Coffee Roasters

Homebound Coffee

Foto Homebound Coffee
Foto Homebound Coffee

Toby's Estate

Foto Toby's Estate
Foto Toby's Estate
Foto Toby's Estate

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?