Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ingin Bikin Kopi Ala Barista Coffee Shop? Ini Tips Menyeduhnya di Rumah!

List Artikel
30 Oktober 2018 | 0 Komentar

Menikmati secangkir kopi di coffee shop pastinya sudah menjadi rutinitas atau kegiatan wajib kamu. Kopi dinilai sebagai minuman yang banyak manfaatnya bagi tubuh, mulai dari bisa meningkatkan konsentrasi, meredakan stres, membuat pikiran jadi lebih tenang, dan masih banyak lagi. Kenikmatan kopi di coffee shop tentunya adalah karena barista-baristanya yang berhasil memilih, mengolah, dan menyajikan kopi dengan teknik-teknik khusus. Terkadang kita penasaran ingin mencoba membuat sendiri kopi di rumah seperti yang dibuat barista di coffee shop. Tapi tak jarang hasil kopi buatan kamu jauh dari kata enak. Buat kamu yang penasaran kepengen mencoba membuat kopi ala barista coffee shop, PergiKuliner akan memberikan tips mudahnya untuk kamu di bawah ini!



Sumber : Pergikuliner.com


Pilih Biji Kopi yang Berkualitas

Menyeduh kopi instan boleh-boleh saja kok, tapi lebih disarankan untuk menyeduh kopi dari bubuk kopi yang digiling sendiri. Jika tak punya alatnya, kamu bisa membeli kopi giling di coffee shop. Barista akan memilihkan jenis kopi dengan cita rasa favoritmu misalkan kamu lebih suka yang ada aroma buahnya. Jika tak sempat pergi ke coffee shop dan terpaksa harus menyeduh kopi instan, pilihlah kopi instan yang tanpa bahan campuran apapun karena nantinya kamu bisa menambahkan gula dan krim sesuai dengan selera.

 

Seduh dengan Suhu yang Tepat

Banyak orang yang salah kaprah tentang suhu air yang digunakan untuk menyeduh kopi. Kebanyakan dari kita menganggap kalau air yang digunakan untuk menyeduh kopi adalah air mendidih. Padahal suhu yang tepat untuk menyeduh kopi adalah pada kisaran 89-96 derajat celcius. Kamu bisa melihatnya dari bagian atas permukaan air yang sudah mulai mengeluarkan gelembung kecil-kecil. Menyeduh kopi dengan air yang mendidih bisa merusak cita rasa asli kopi bubuk.

 

Perhatikan Perbandingan Kopi dan Air

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah menakar perbandingan kopi dan air yang tepat. Kamu pasti pernah mengalaminya saat menyeduh kopi yang terlalu encer atau terlalu kental dan terasa lebih pahit. Idealnya tiap gram bubuk kopi diseduh dengan 15 cc air panas. Jika kamu menggunakan kopi bubuk instan dalam sachet, air yang digunakan idealnya antara 140 hingga 150 cc.

 

Trik Penyeduhan Khusus

Terakhir ada trik khusus yang bisa kamu coba di rumah. Larutkan kopi dengan satu sendok makan air dingin sebelum kamu menyeduhnya dengan air panas. Hal ini bisa membuat kopi terekstraksi lebih lambat sehingga menimbulkan aroma yang kuat dan cita rasa yang lezat. Setelah kopi benar-benar larut, kamu bisa menambahkan air panas dan mengaduknya kembali hingga tercampur rata.


Nah, itu dia beberapa trik yang bisa kamu tiru ketika kamu ingin membuat kopi enak ala-ala barista di kedai kopi. Tapi kalau kamu malas untuk membuat kopi sendiri, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ngopi di Jakarta. Kamu bisa cek rekomendasi coffee shop favorit di Jakarta melalui aplikasi PergiKuliner kamu atau lihat langsung beberapa daftarnya di bawah ini!

Dua Coffee

Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee

Fillmore Coffee

Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee

Papa & Mama Bistro and Coffee

Foto Papa & Mama Bistro and Coffee
Foto Papa & Mama Bistro and Coffee
Foto Papa & Mama Bistro and Coffee

Doma Dona Coffee

Foto Doma Dona Coffee
Foto Doma Dona Coffee
Foto Doma Dona Coffee

Six Ounces Coffee

Foto Six Ounces Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?