Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ingin Bikin Roti Bakar Sendiri di Rumah Ala Cafe? Ini Tipsnya Agar Jadi Enak!

List Artikel
6 April 2017 | 3 Komentar

Roti merupakan salah satu makanan yang memiliki kadar karbohidrat yang cukup tinggi. Roti selain cocok disantap begitu saja dengan olesan selai atau meises, juga bisa dibakar atau dipanggang. Roti yang dipanggang atau roti yang dibakar hanya memiliki perbedaan di alatnya saja. Roti panggang memiliki tekstur yang lebih chruncy dan keras dibanding dengan roti bakar. Jika roti panggang biasanya identik sebagai menu sarapan, maka roti bakar identik dengan kuliner malam karena kebanyakan roti bakar dijual di kedai kaki lima saat malam hari. 

Nah, kalau kamu ingin buat roti bakar sendiri di rumah, ada tips yang perlu kamu tahu agar roti bakar kamu jadi enak seperti ala-ala cafe, simak di bawah ini!

 

Sumber: pergikuliner.com


Sediakan bahan dan alat yang akan kamu gunakan. Untuk alatnya, jika kamu tak punya alat pembakar sate, kamu bisa menggunakan teflon kok. Sedangkan untuk bahannya, pilih roti tawar dengan potongan yang cukup tebal, lebih bagus lagi jika kamu membeli roti tawar yang belum dipotong-potong oleh penjualnya. Perhatikan bagian pinggir roti karena kamu harus memilih roti dengan pinggiran yang kokoh atau tebal. Setelah roti siap, jangan lupa untuk menyediakan olesannya seperti mentega atau margarin, aneka selai, meises, keju, hingga susu kental manis. 

 


Sumber: pergikuliner.com


Kamu bisa memilih untuk membakar roti bersama dengan isian atau mengolesnya dengan isian belakangan. Disarankan untuk mengoles isian roti sebelum dibakar karena proses pembakaran membuat isi olesan mengkaramelisasi sehingga mengeluarkan aroma wangi yang membuat kamu ingin cepat-cepat menyantapnya. Saat membakarnya, usahakan alat untuk membakar memiliki panas yang cukup karena membakar roti ini harus dengan api yang sedang. Proses pembakaran ini hanya berlangsung sekitar 2 menit untuk menghasilkan warna yang keemasan. Jangan terlalu lama membakar roti karena akan membuat roti menjadi keras. Jika kamu ingin menambahkan topping, tambahkan saat roti baru diangkat alias saat masih panas karena topping akan meleleh dan menyatu dengan roti sehingga cita rasanya jadi lebih lezat. 


Tapi, bagi kamu yang nggak mau repot-repot untuk buat roti bakar sendiri di rumah, kamu bisa ajak partner kuliner kamu ke kedai roti bakar yang sudah PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Roti Bakar Eddy

Foto Roti Bakar Eddy
Foto Roti Bakar Eddy

Warung Nagih

Foto Warung Nagih
Foto Warung Nagih

Sandwich Bakar

Foto Sandwich Bakar
Foto Sandwich Bakar
Foto Sandwich Bakar

Dapoer Roti Bakar

Foto Dapoer Roti Bakar
Foto Dapoer Roti Bakar
Foto Dapoer Roti Bakar

Roti Bakar Ibu Iis

Foto Roti Bakar Ibu Iis

Mau tau lebih banyak tempat makan roti bakar enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek Pergikuliner.com aja sebelum kamu pergi kulineran!


Topik artikel ini:
3 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
terima kasih kak artikelnya snagat membantu saya <a href="https://walisongo.ac.id/">walisongo.ac.id</a>
tutungput34@gmail.com | 13 Oct 2022 pk. 09:14 AM
Foto user umum
terimkasih resepnya. mampir yuk kampus Islam Negeri Semarang. <a href="https://walisongo.ac.id/">walisongo.ac.id</a>
sarikaya@gmail.com | 18 Nov 2022 pk. 10:19 AM
Foto user umum
terimkasih resepnya. mampir yuk kampus Islam Negeri Semarang. <a href="https://walisongo.ac.id/">walisongo.ac.id</a>
sarikaya@gmail.com | 18 Nov 2022 pk. 10:19 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?