Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ingin Buat Kaldu Ayam yang Gurih Tanpa MSG? Ini Tipsnya!

List Artikel
11 Juni 2019 | 0 Komentar
Dalam dunia memasak, kaldu menjadi salah satu bahan terpenting yang bisa membuat cita rasa makanan jadi lebih terasa lezat. Kaldu merupakan sari rebusan dari bahan daging atau sayuran. Untuk kaldu sayur, biasanya sayuran yang digunakan adalah bawang bombay, daun seledri, daun bawang, wortel, lobak, kentang, bawang putih, hingga jamur. Sedangkan untuk kaldu daging bisa terbuat dari daging ayam atau daging sapi. Tapi di antara keduanya, kaldu ayam menjadi jenis kaldu yang paling banyak digunakan karena cita rasanya sangat gurih seperti kamu menggunakan penyedap masakan. Supaya bisa membuat kaldu ayam yang terasa lezat, diperlukan beberapa trik khusus. Untuk dapat mengetahuinya, coba simak beberapa tips di bawah ini!


Sumber : Masakapahariini.com

 

Pilih Bagian Ayam yang Banyak Tulangnya
Jika kamu ingin mendapatkan kaldu ayam yang lezat, maka gunakanlah bagian ayam yang paling banyak tulangnya seperti sayap, ceker, leher, paha atau punggung. Alasan utama dari penggunaan ayam yang banyak bagian tulangnya adalah supaya cita rasa kaldunya jadi lebih kuat. Ada banyak kandungan dalam tulang yang saat direbus, bisa terurai dan menjadikan kaldu jadi lebih gurih. Hindari penggunaan ayam bagian dada, apalagi dada ayam fillet yang tidak ada tulangnya sama sekali.

Memberikan Rempah yang Banyak

Ketika membuat kaldu ayam asli, bukan berarti kamu harus merebus ayam dalam air dengan jangka waktu yang lama, tetapi kamu juga harus memberikan bumbu rempah di dalamnya supaya cita rasanya bisa menyedapkan rasa masakan. Bumbu rempah yang digunakan untuk kaldu ayam biasanya adalah bawang putih, bawang bombay, jahe dan merica. Tapi ada juga beberapa orang yang menambahkan biji pala dan cengkeh ke dalamnya. Ketika menggunakan rempah dalam kaldu ayam, kamu harus menyaringnya terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memasak
 
Rebus Ayam dan Rempah dalam Waktu Lama
Untuk mendapatkan cita rasa kaldu ayam yang gurih dan lezat, kamu harus merebus ayam beserta bumbu rempahnya dalam jangka waktu yang lama. Waktu untuk membuat kaldu ayam ini berkisar antara minimal 2-3 jam. Semakin lama waktu yang dibutuhkan, maka semakin lezat cita rasa yang dihasilkan. Berhubung memasaknya dalam waktu yang lama, gunakan api yang kecil. Jika air rebusan sudah mendidih, biasanya akan ada buih berwarna abu-abu kecoklatan yang ada di atas permukaan. Nah, kamu harus mengambil buih tersebut karena buih itu merupakan kotoran yang dihasilkan dari rebusan ayam.

Itulah beberapa trik yang bisa kamu terapkan ketika akan membuat kaldu ayam yang bisa memperlezat masakan tanpa MSG. Tapi tenang saja ya, jika kamu terlalu malas untuk membuatnya sendiri kamu bisa kok menikmatinya di salah satu dari beberapa tempat makan di bawah ini!

Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex

Foto Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex
Foto Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex

Soto Madura Bpk H. Ngatidjo

Foto Soto Madura Bpk H. Ngatidjo
Foto Soto Madura Bpk H. Ngatidjo

Soto Kudus Bupati

Foto Soto Kudus Bupati
Foto Soto Kudus Bupati

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan

Dapur Solo

Foto Dapur Solo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?