Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ingin Jadi Food Blogger yang Terkenal? Ini Langkah-langkah yang Bisa Kamu Ikuti

List Artikel
25 Februari 2018 | 0 Komentar

Kamu suka makan dan berburu kuliner lezat? Jika selama ini kamu hanya sekedar pergi kulineran untuk diri sendiri, bagaimana kalau kamu mulai membagi pengalaman kulineran kepada orang banyak dengan menjadi food blogger. Lalu apa saja yang dikerjakan seorang food blogger? Biasanya food blogger akan mendatangi tempat-tempat kuliner, mulai dari kaki lima, kafe, rumah makan, hingga restoran untuk menyampaikan pendapat tentang tempat tersebut, kualitas kuliner yang disajikan, hingga citarasanya melalui sosial media seperti  instagram, youtube, hingga blog pribadi. Jika kamu sudah menjadi food blogger yang profesional dan terkenal, maka kamu bisa mendapatkan penghasilan yang jumlahnya cukup lumayan. Lalu bagaimana caranya agar bisa menjadi food blogger yang terkenal? Ini langkah-langkahnya!

 


Sumber : pergikuliner.com (event : Ngumpul PergiKuliner Alfa)


1. Tentukan Tema yang Akan Diambil

Sebelum memulai, tentukan tema yang akan kamu ambil terlebih dahulu. Ada banyak tema kuliner yang bisa kamu pilih, mulai dari kuliner kaki lima, kuliner tradisional, jajanan pasar, vegetarian, kuliner sehat, junk food, dan lain sebagainya. Tema yang fokus bisa membuat isi postingan kamu jadi lebih terarah. Misalkan saja jika kamu memilih untuk menjadi food blogger khusus untuk kuliner vegetarian, maka orang-orang vegetarian atau yang ingin menjadi vegetarian akan selalu mengikuti postingan kamu.

 

2. Memilih Gaya Konten

Setelah tema sudah ditentukan, kamu bisa memilih gaya konten. Tapi sebaiknya kamu fokuskan terlebih dahulu ingin menggunakan media apa? Blog atau youtube atau instagram? Jika kamu lebih suka menggunakan blog, maka kualitas tulisan harus sebanding dengan foto yang kamu ambil. Sedangkan jika menggunakan instagram atau youtube, kualitas pengambilan gambar atau video harus lebih fokus. Tentukan juga gaya pengambilan gambar. Apakah ingin melibatkan fotomu di dalamnya atau hanya fokus kepada makanannya saja.  

 

3. Perhatikan Bahasa yang Digunakan

Gaya bahasa juga sangat berpengaruh bagi isi konten. Kamu bisa menentukan terlebih dahulu sasaran followers. Apakah usianya hanya anak remaja, orang tua, perempuan yang sudah menikah, pekerja kantoran, dan lain sebagainya. Hal ini bisa kamu setarakan dengan tema yang kamu ambil. Sebagai contoh, kamu memilih tema kuliner kaki lima dan kafe yang cocok untuk kantong anak muda (anak sekolah dan mahasiswa). Maka kamu bisa menggunakan bahasa gaul atau bahasa sehari-hari yang lebih nyaman digunakan untuk mereka.

 

4. Eksplore Foto dan Video dengan Baik 

Bagi seorang food blogger, visual bisa menyumbang kesuksesan hingga 80%. Visual yang dimaksud di sini pastinya visual makanan dan minuman ya. Bukan visual wajah kamu. Tak jarang ada food blogger yang memiliki tema dan konten yang menarik, tapi karena foto dan videonya tidak bagus, mereka jadi tidak pernah dilirik oleh para pecinta kuliner. Jadi sebaiknya, kamu belajar dan mendalami pengambilan foto dan video dengan mengeksplor secara rutin. Meski hanya berbekal kamera handphone, tapi kalau kamu pintar mengeksplore, hasilnya pasti akan lebih bagus.

 

5. Gunakan SEO

Namanya juga berkutat dengan internet. Sudah pasti kamu harus menggunakan SEO yang tepat. SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization. Bagaimana caranya menggunakan SEO? Kamu bisa membuat keyword-keyword yang berhubungan dengan tema konten yang kamu punya. Setelah itu, kamu bisa menggunakannya pada judul postingan hingga tagar-tagar yang bisa membuat konten lebih mudah ditemukan.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pastinya kamu bisa menjadi food blogger yang terkenal. Tapi jangan lupa untuk selalu konsisten untuk membuat mengupload postingan karena jika kamu tidak konsisten, maka jangan harap followers kamu akan bertambah. 

Nah! Satu lagi wadah yang tepat untuk menyalurkan bakat dan minat kamu dalam dunia kuliner sekaligus membagikan pengalaman kuliner kamu kepada orang lain melalui sebuah tulisan, kamu bisa menggunakan aplikasi direktori seperi pergikuliner.com yang mewadahi minat kamu. Jadi, tidak hanya bisa mencari tempat makan enak, kamu juga bisa membagikan pengalaman kuliner kamu kepada teman PergiKuliner lainnya. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk datangi tempat-tempat di bawah ini ya, supaya penjelajahan kuliner kamu semakin lengkap!

NAMELAKA

Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA

Altitude Grill

Foto Altitude Grill
Foto Altitude Grill
Foto Altitude Grill

Mama Malaka

Foto Mama Malaka
Foto Mama Malaka
Foto Mama Malaka

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?