Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ingin Kulineran Malam? Ini Dia Tips Agar Tetap Sehat!

List Artikel
21 April 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang sangat suka kulineran malam? Kulineran malam memang banyak dilakukan oleh para pecinta kuliner. Alasannya bisa karena sensasi dan suasananya yang berbeda jika dibandingkan kulineran di saat matahari masih terlihat. Sambil kulineran malam, kita bisa sambil menikmati gemerlapnya lampu serta cahaya bintang dan bulan. Apalagi, ada beberapa kuliner yang biasanya hanya muncul di malam hari seperti sate, bubur, seafood, pecel lele atau ayam, sekoteng, wedang ronde dan lain sebagainya. Dengan beragam kenikmatan yang ditawarkan kuliner malam, siapa sih yang tidak tergoda? Tapi ingat nih, kulineran di malam hari tidaklah sama dengan kuliner di pagi, siang, atau sore hari karena sangat rentan terhadap beragam resiko penyakit. Tapi bukan berarti kamu tak boleh melakukannya. Kita masih bisa kulineran malam dengan menerapkan beberapa tips yang ada di bawah ini!

 


Sumber : Dailyhive.com


1. Mempertimbangkan Jarak Makan dengan Waktu Tidur

Tips yang pertama adalahpertimbangkan jarak makan dengan waktu tidur. Hal ini wajib dilakukan pasalnya jika dalam jangka waktu 1 jam setelah kulineran malam lalu kamu langsung tidur, maka makanan belum bisa diproses sehingga beresiko makanan naik ke atas kerongkongan dan membuat terjadinya asam lambung. Jika ingin kulineran malam, usahakan kamu menyantap makanan setidaknya 3-4 jam sebelum jam tidur atau setelah kulineran, kamu harus memberikan waktu sekitar 3-4 jam sebelum tidur untuk memberi waktu tubuh mencerna makanan yang masuk.

 

2. Pemilihan Makanan yang Sehat

Saat malam hari, semua organ tubuh manusia akan beristirahat, termasuk lambung dan sistem pencernaan. Nah, kalau kamu kulineran malam, setidaknya pilihlah makanan yang sehat sehingga kerja sistem pencernaan tidak terlalu berat. Jadi jangan asal pilih makanan! Ada banyak kok makanan sehat yang bisa dijadikan sebagai pilihan kulineran malam.

 

3. Batasi Jumlah Makanan, Terutama Karbohidrat

Kita juga harus membatasi jumlah asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dilakukan supaya tubuh tidak menyimpan banyak karbohidrat dalam jumlah banyak, secara di malam hari tidak banyak aktivitas fisik yang kita jalani. Jika terlalu banyak menyantap karbohidrat saat malam hari, maka akan berakibat bertambahnya berat badan hingga metabolisme tubuh yang terganggu.

 

4. Pertimbangkan Kondisi Tubuh Saat Memilih Kuliner

Kebanyakan cuaca di malam hari cenderung dingin karena tidak ada sinar matahari. Apalagi jika daerah yang akan kamu datangi kulineran malam baru saja diguyur hujan. Jadi usahakan untuk memilih kuliner yang cocok dengan cuaca dan kondisi tubuh. Misalkan saja cuaca habis hujan sehingga dingin, maka kamu bisa kulineran malam yang hangat-hangat seperti menyantap wedang ronde, bakso, dan lain sebagainya.

 

5. Perhatikan Segi Vitamin dan Mineral

Tips yang terakhir adalah dengan memperhatikan segi vitamin dan mineral yang terkandung dalam makanan atau minuman yang kamu konsumsi saat kulineran malam. Kenapa hal ini disarankan untuk dilakukan? Dengan menyantap vitamin dan mineral seperti yang ada kandungan triptofan, magnesium, kalsium dan vitamin B6, maka tubuh bisa beristirahat dengan nyenyak. Ini dikarenakan keempat kandungan tersebut bisa memproduksi melatonin yang dapat memproduksi zat untuk membuat tidur lebih nyenyak.

 

Dengan adanya informasi di atas, kamu tak perlu khawatir lagi jika ingin kulineran malam. Berikut ini ada beberapa tempat makan yang bisa kamu nikmati di malam hari, rasanya tentu nikmat ya!

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Akademie

Foto Akademie
Foto Akademie
Foto Akademie

Ropang OTW

Foto Ropang OTW
Foto Ropang OTW
Foto Ropang OTW

Waroenk Kenyank

Foto Waroenk Kenyank
Foto Waroenk Kenyank
Foto Waroenk Kenyank

Warung Wakaka

Foto Warung Wakaka
Foto Warung Wakaka
Foto Warung Wakaka

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?