Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ingin Kurus Tapi Suka Makanan Manis? Coba Diet Cokelat yang Lagi Hits!

List Artikel
29 Oktober 2018 | 0 Komentar

Memiliki berat badan berlebih nggak hanya bisa mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari, tapi juga bisa mengganggu kesehatan tubuh karena rentan terkena berbagai penyakit seperti jantung, hipertensi, kolesterol, hingga diabetes. Nggak sedikit orang yang mencoba melakukan beragam cara agar dapat menurunkan berat badan, salah satunya adalah dengan berdiet. Jika selama ini kamu mengenal adanya diet mayo, diet OCD, diet paleo, dan lain sebagainya, tapi pernahkah kamu mendengar adanya diet cokelat?




 Sumber : Amazonaws.com


Selama ini cokelat selalu identik dengan kuliner yang memiliki rasa manis karena cokelat lebih sering digunakan sebagai campuran bahan dessert, bukan masakan. Lantas benarkah cokelat bisa menurunkan berat badan? Jawabannya adalah bisa. Tapi, cokelat yang digunakan dalam diet ini adalah murni cokelat hitam atau yang kita kenal dengan nama dark chocolate. Cokelat hitam sangat bagus digunakan untuk diet karena tidak seperti kedua jenis cokelat lainnya, yakni milk chocolate yang sudah dicampur susu dan white chocholate yang dicampur susu dan gula, dark chocolate ini tidak menggunakan campuran apa-apa sehingga bagus untuk diet.

 

Hal ini bukanlah tanpa alasan. Perlu kamu ketahui kalau dark chocolate mengandung lemak sehat atau asam streatat yang berfungsi memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah dan mencegah peningkatan insulin yang dapat memberi makan sel lemak dalam tubuh dengan gula. Selain itu, ada kandungan vitamin C, vitamin E, zat besi, kalsium, magnesium, dan antioksidan flavonoid yang bisa mencegah insulin mengganggu mekanisme pembakaran lemak. Jika insulin naik, maka proses pembakaran lemak pada tubuh bisa terganggu sehingga kamu mudah terserang rasa lapar. Dengan diet dark chcocolate, maka kamu akan bisa mengontrol nafsu makan.

 



Sumber : Gtreview.com


Diet cokelat nggak sulit dilakukan karena sebenarnya metodenya sangat mudah. Namun meskipun mudah dilakukan, kamu harus menjalaninya secara rutin minimal selama 2 minggu agar hasilnya bisa terlihat maksimal. Berikut adalah tips untuk pola makanmu saat melakukan diet cokelat ya!

 

Sarapan Pagi

Diet cokelat bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi air putih hangat ketika bangun tidur dengan beberapa potong dark chocolate. Air putih hangat berfungsi sebagai detoksifikasi racun dan lemak. Sedangkan kandungan serat yang ada pada dark chocolate akan mampu memberikan asupan serat yang kamu butuhkan saat sarapan. Jika ingin tambahan asupan dan cita rasa yang berbeda untuk sarapan cokelatmu, kamu bisa menambahkan kacang-kacangan yang disangrai seperti almond, walnut, atau kenari.

 

Makan Siang

Untuk makan siang, tentu saja kamu harus mendapat asupan yang lebih banyak karena padatnya aktivitas. Oleh karena itu, konsumsilah dark chocolate dengan tambahan buah-buahan yang kaya akan kandungan serat sehingga bisa mengenyangkan seperti alpukat, melon, apel, pisang, serta mangga. Kamu bisa menyantapnya begitu saja atau dijadikan jus maupun smoothies bowl untuk dicampur dengan dark chocolate. Tapi pastikan kamu nggak menambahkan gula ke dalamnya ya!

 

Makan Malam

Ketika malam, kamu juga harus mengisi perut dengan menyantap dark chocolate. Tapi jangan menyantapnya di atas jam delapan malam ya karena tubuh biasanya sudah berhenti melakukan aktivitas berat sehingga lemak bisa menumpuk lebih cepat. Konsumsi dark chocolate dengan tambahan yoghurt agar pencernaanmu bisa lebih baik saat bangun di pagi hari.

 

Nggak sulit bukan melakukannya? Bahkan bagi kamu yang suka manis, kamu pun masih bisa diet enak lho. Namun selama melakukan diet, usahakan jangan menyantap kuliner yang mengandung karbohidrat dan lemak tinggi seperti nasi dan gorengan ya karena nanti diet cokelatmu pasti akan sia-sia. 

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

BRUN Premium Chocolate

Foto BRUN Premium Chocolate
Foto BRUN Premium Chocolate
Foto BRUN Premium Chocolate

Chocolate Changer

Foto Chocolate Changer

Eric Kayser Artisan Boulanger

Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger

Pipiltin Cocoa

Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?