Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini 5 Destinasi Wisata Kopi Terfavorit di Indonesia Bagi Kamu Para Food Traveler

List Artikel
21 Februari 2018 | 0 Komentar

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Iklim dan cuaca yang ada di daerah-daerah Indonesia sangat cocok ditanami tanaman kopi. Tak heran jika harga kopi di Indonesia tergolong jauh lebih murah jika dibandingkan negara-negara lainnya. Ada banyak sekali daerah penghasil kopi di Indonesia yang bisa dikunjungi para pecinta kopi. Jadi sambil traveling, kamu bisa sambil mencicip aneka kopi tersebut. Kali ini PergiKuliner punya lima destinasi wisata kopi terfavorit di Indonesia yang ternyata sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, yaitu:

 

1. Angkringan Kopi Joss di Yogyakarta


Sumber: jogjasukasuka.com


Destinasi wisata kopi pertama yang paling banyak dicari wisatawan adalah kopi joss Angkringan Lik Man yang ada di Jalan Malioboro, Yogyakarta. Kopi di sini tergolong sangat unik karena kopinya dicampur dengan campuran arang yang masih panas dan mengepulkan asap. Keunikan inilah yang membuat kopi joss tetap dicintai para wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Angkringan Lik Man sendiri ternyata sudah buka sejak tahun 1960-an hingga sekarang.

 

2. Kopi Gayo di Aceh


Sumber: helloacehku.com


Berbicara tentang daerah yang satu ini, pasti kuliner khasnya yang langsung terbayang, yakni mie Aceh. Tak hanya masakan saja yang terkenal dari Aceh, tapi juga minuman kopinya yang sering disebut dengan nama kopi gayo Aceh. Di daerah asalnya, kopi gayo Aceh dibuat dengan cara yang cukup berbeda karena menggunakan saringan yang sangat besar dan diteteskan dengan cara menarik-nari saringan. Tentunya rasa kopi gayo Aceh di tempat aslinya ini sangat berbeda dengan rasa di kopi gayo Aceh yang ada di kedai-kedai kopi Ibu Kota.

 

3. Kopi Banaran di Ambarawa


Sumber: olipeoile.wordpres.com


Beralih ke daerah Ambarawa, Semarang, kamu bisa mampir ke Kampung Kopi Baranan yang menjadi area perkebunan kopi sekaligus wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Suhu udara yang sejuk membuat tanaman kopi tumbuh subur di sini. Setelah puas menikmati wisata kopi dengan berjalan-jalan melihat proses pemeliharaan kebun kopi, kamu juga bisa mencicip langsung kenikmatan kopi Banaran dan membeli biji kopi dalam bentuh utuh maupun gilingan.

 

4. Kopi Phoenam di Makassar


Sumber: visuallium.blogspot.com


Kalau kamu akan berwisata ke daerah Makassar, jangan lupa untuk mempir ke Kedai Kopi Phoenam yang ada di kawasan Chinatown, tepatnya di Jalan Jampea, Makassar. Di sini ada kopi khas Sulawesi, termasuk kopi Toraja yang bisa kamu icip. Kedai kopi ini memiliki bangunan yang masih sama sejak dibangun puluhan tahun yang lalu, sekitar tahun 1946. Sambil minum kopi, kamu juga bisa mencicip aneka camilan enak pendamping kopi seperti roti bakar serra aneka gorengan.

 

5. Kopi Es Tak Kie di Jakarta


Sumber: pergikuliner.com


Terakhir ada Kopi Es Tak Kie yang ada di kawasan Petak 9, Glodok, Jakarta. Kedai bernuansa tempo dulu ini memang sudah dibangun sejak tahun 1927 dan resepnya diturunkan secara turun temurun sehingga cita rasa khasnya masih tetap sama. Jenis kopi yang disajikan di sini adalah kopi robusta dan arabika yang berasal dari Toraja dan Sidikalang. Selain es kopi susu, ada juga pilihan kopi hangat.


Itu dia lima destinasi wisata kopi terfavorit di Indonesia. Kamu kira-kira tertarik untuk mengunjungi yang mana nih teman PergiKuliner? Tapi kalau kamu masih belum sempat mengunjungi tempat-tempat tersebut, jangan sedih! Kamu masih bisa menikmati kelezatan kopi di tempat-tempat ini kok!

Kopi Es Tak Kie

Foto Kopi Es Tak Kie

Kopi Manyar

Foto Kopi Manyar
Foto Kopi Manyar
Foto Kopi Manyar

Fillmore Coffee

Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee

Chief Coffee

Foto Chief Coffee
Foto Chief Coffee

Hygge Coffee

Foto Hygge Coffee
Foto Hygge Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?