Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini 5 Jenis Selada di Dunia yang Paling Banyak Digunakan untuk Salad

List Artikel
25 Oktober 2019 | 0 Komentar

Selada merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang sangat populer di kalangan para pecinta kuliner sehat karena selada banyak digunakan untuk santapan salad. Tidak seperti kebanyakan daun lainnya yang harus dimasak terlebih dahulu sebelum disantap, daun selada ini bisa disantap begitu saja tanpa perlu kamu masak. Hal ini membuat teksturnya masih tetap renyah ketika dikunyah. Daun selada memiliki banyak manfaat bagi tubuh saat disantap seperti bisa melindungi sel neuronal otak, menurunkan kadar kolesterol, dan masih banyak lagi. Daun selada memiliki banyak sekali jenisnya, tapi yang sering digunakan untuk santapan salad ada lima, yaitu:

 

1. Leaf Lettuce



Sumber : Epicurious.com


Jenis selada pertama yang paling banyak digunakan untuk salad adalah leaf lettuce yang bisa dengan mudah kamu jumpai di pasar swalayan maupun tradisional. Leaf lettuce atau yang lebih dikenal dengan nama selada keriting merupakan jenis selada yang ujung daunnya bergelombang dengan warna hijau muda keputihan. Cita rasanya netral dan teksturnya terbilang cukup renyah saat masih segar. Leaf lettuce ini sangat mudah layu, jadi kamu harus menyimpannya di tempat kering.

 

2. Romaine 


Sumber : Popsci.com


Selanjutnya ada selada romaine yang tampilannya sekilas mirip dengan sawi putih. Selada romaine memiliki lembaran daun yang panjang dan agak kaku dengan tulang daun yang sedikit tebal. Selada romaine banyak digunaka untuk sajian caesar salad. Selada romaine punya tekstur yang cukup renyah dengan cita rasa yang lebih manis dan juicy. Mirip dengan leaf lettuce, selada romaine ini juga harus disimpan di tempat yang kering.

 

3. Lollo Rosso



Sumber : Farmbox.ae


Mendengar namanya pasti akan terdengar asing bagimu. Lollo rosso merupakan selada yang tampilannya unik karena pada bagian bawahnya berwarna kehijauan, sementara bagian atas daun berwarna merah keunguan. Warnanya yang cantik ini membuatnya tampil berbeda. Untuk teksturnya tidak jauh berbeda dengan leaf lettuce tapi cenderung lebih lembut sedikit, sementara citarasanya cenderung tidak berasa alias netral.

 

4. Butterhead Lettuce


Sumber : Femina.co.id


Butterhead lettuce atau yang lebih sering disebut dengan selada kepala merupakan jenis selada yang bentuknya memang bulat seperti kepala dengan daun-daunnya yang mencuat ke permukaan sehingga bonggol daunnya tidak terlalu rapat. Butterhead lettuce ini memiliki tekstur yang garing tapi lembut dengan citarasa yang cenderung manis dan gurih. Tidak seperti ketiga jenis selada di atas, butterhead lettuce ini tidak mudah layu.

 

5. Iceberg Lettuce



Sumber : Thespruceeats.com


Terakhir ada iceberg lettuce yang sekilas memang tampak seperti butterhead lettuce. Tetapi jika kamu perhatikan, iceberg lettuce ini memiliki bagian atas yang lebih rapat alias menguncup pada ujungnya. Dinamakan iceberg lettuce karena awalnya pada abad ke-20, selada ini didistribusikan dengan cara meletakkan es batu di atasnya supaya tetap segar. Tekstur iceberg lettuce ini sangat renyah dengan citarasa yang agak manis tapi meninggalkan sedikit rasa getir di lidah.

 

Itulah beberapa jenis daun selada yang cocok untuk dijadikan salad. Dari kelimanya, kamu lebih suka mencampurkan yang mana saja?

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Salad Bar by Hadi Kitchen

Foto Salad Bar by Hadi Kitchen
Foto Salad Bar by Hadi Kitchen
Foto Salad Bar by Hadi Kitchen

Something About Salad

Foto Something About Salad
Foto Something About Salad
Foto Something About Salad

6Pack Salad Bar

Foto 6Pack Salad Bar
Foto 6Pack Salad Bar
Foto 6Pack Salad Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?