Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Makan Pisang Setiap Hari

List Artikel
14 Agustus 2018 | 0 Komentar

Pisang merupakan salah satu buah yang keberadaannya sangat populer di Indonesia. Ada berbagai macam olahan makanan yang menggunakan bahan baku pisang, mulai dari pisang goreng, piscok, es pisang hijau, kolak, hingga aneka jajanan tradisional yang dikukus menggunakan daun pisang. Pisang sebenarnya juga enak jika disantap begitu saja karena rasa pisang yang cukup manis. Pisang selalu disarankan oleh para ahli gizi untuk disantap setiap hari. Saran ini tak hanya berlaku untuk orang-orang yang sedang berdiet dan para atlet, tapi juga orang biasa. Apa alasannya? Coba kita lihat!


 Sumber : Hearstapps.com


Menambah Energi

Pisang memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi dibanding buah-buahan lainnya sehingga sering dianjurkan untuk disantap saat pagi hari, sebelum melakukan aktivitas untuk memberikan cadangan energi dalam tubuh. Jika tak suka menyantapnya begitu saja, kamu bisa menambahkannya ke dalam sarapan sereal atau smoothies bowl milikmu. Memadukan pisang dengan kacang-kacangan dan biji-bijian akan melengkapi nutrisi sarapan kamu.

 

Mencegah Diabetes

Banyak yang bertanya-tanya bukankah pisang memiliki rasa manis sehingga bisa pastinya ada kandungan gula yang tinggi? Jangan salah paham dulu, kandungan gula pada pisang adalah gula alami yang aman dikonsumsi. Sementara kandunagn serat pada pisang justru mampu menyerap gula dalam aliran darah sehingga bisa mencegah penyakit diabetes. Pisang juga bisa mencegah adanya lonjakan gula darah yang berlebihan sehingga bisa mengontrol kadar gula dalam darah.

 

Membuat Pencernaan Lebih Lancar

Pisang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bisa melancarkan pencernaan kamu sehingga bagus untuk kamu yang sedang menderita sembelit. Tektusnya yang lembut sangat mudah dicerna oleh tubuh sehingga bagus dimakan saat pagi hari. Selain itu, pisang juga bisa melapisi dinding lambung sehingga cocok dimakan bagi para penderita penyakit maag.

 

Menurunkan Hipertensi

Percaya tidak kalau pisang ternyata bisa menurunkan hipertensi lho. Pisang mengandung potasium dan magnesium yang menurunkan tekanan darah tinggi sehingga sangat bagus disantap oleh penderita hipertensi. Selain itu, pisang juga kaya akan mineral yang disebut elektrolit kalium. Zat mineral ini bagus untuk kesehatan jantung karena ketika sudah masuk dalam tubuh dan mengalir dalam aliran darah sehingga bisa membuat jantung tetap berdetak. Jika seseorang kekurangan kalium, maka irama jantung jadi tidak teratur.


Menjaga Metabolisme Tubuh

Dalam satu buah pisang mengandung beragam vitamin, termasuk vitamin B6 yang bisa membantu tubuh memproduksi insulin, hemoglobin, dan amino nonesensial asam yang sangat diperlukan untuk membuat sel-sel sehat sehingga dengan menyantap pisang setiap harinya, tubuh akan terus memproduksi antobodi yang bisa melawan infeksi sehingga tubuh jadi lebih sehat dan metabolisme tubuh terjaga.


Itu dia beberapa alasan kenapa kamu harus makan pisang setiap hari. Ternyata pisang memiliki segudang manfaat buat tubuh ya, teman PergiKuliner. Nah, kalau kamu bosen makan pisang yang itu-itu saja, bagaimana kalau kamu datangi beberapa tempat yang menjual berbagai macam olahan pisang seperti pisang goreng madu, pisang nugget dan lain sebagainya di bawah ini!

Kedai Pisang The Monkey

Foto Kedai Pisang The Monkey

Pisang Madu Manja

Foto Pisang Madu Manja

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Pisang Goreng Djakarta

Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?