Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Alasan Mengapa Kalkun Jadi Makanan Utama Saat Natal di Inggris!

List Artikel
12 Desember 2018 | 0 Komentar
Apa kalian pernah menonton salah satu episode serial komedi televisi Mr Bean di mana ada salah satu adegan Mr Bean ingin memasak kalkun pada saat perayaan Natal bersama dengan pacarnya. Alih-alih sukses membuat kalkun panggang, kepalanya malah secara tidak sengaja masuk ke dalam badan kalkun tersebut dan tidak bisa dikeluarkan. Adegan ini pasti membuat kita terkejut, bukan hanya karena tingkah laku lucu dari Mr Bean, tapi juga karena ukuran kalkun utuh yang bisa dikatakan 2-3 kali lebih besar dibanding ayam utuh. Bagi masyarakat Indonesia, kalkun menjadi hewan yang bisa dikatakan asing karena kita sangat jarang menemukan olahan kalkun di Indonesia. Tapi tidak dengan negara Inggris yang menjadikan kalkun sebagai makanan tradisional ketika sedang merayakan Natal.

 

Sumber : Bbci.co.uk


Kalkun memang tidak asing bagi masyarakat Eropa karena sering dimasak dengan cara dipanggang dalam oven hingga matang dalam keadaan utuh. Tapi dari negara-negara Eropa yang ada di dunia, Inggris merupakan negara yang tidak pernah absen menyajikan kalkun saat Natal. Ibaratnya kalau di Indonesia, tidak lengkap merayakan lebaran tanpa adanya ketupat. Hidangan utama saat Natal ini seolah diburu dan menjadi makanan wajib yang akan melengkapi perayaan Natal, tak hanya bagi warga biasa, tapi juga keluarga kerajaan Inggris. Hidangan kalkun ini sebenarnya sudah ada sejak jaman nenek moyang Inggris dan diwariskan secara turun temurun. Jika kita melihat dari sejarahnya, perayaan Natal di Inggris awalnya menggunakan olahan masakan yang terbuat dari daging angsa, kelapa babi hutan, hingga burung merak. Tapi sejak 500 tahun yang lalu, yakni pada saat William Strickland yang merupakan tuan tanah asal Yorkshire membawa kalkun ke dataran Inggris, maka masyarakat Inggris, terutama para peternak baru mulai mengenal hewan yang satu ini.

 Sumber : Cloudfront.com


Meskipun kalkun sudah ada sejak lama, tapi sajian dari kalkun ini baru bisa dinikmati pertama kali oleh Raja Inggris Henry VIII pada abad ke-16. Berhubung orang yang pertama kali mencobanya adalah seorang raja, maka tak heran kalau kalkun dianggap sebagai hidangan mewah dan mahal sehingga tak semua orang bisa menikmatinya. Coba saja kamu bayangkan, hingga tahun 1930-an, masyarakat Inggris harus bekerja selama seminggu penuh terlebih dahulu untuk dapat membeli satu ekor kalkun. Kebayang bukan bagaimana harganya? Tapi tentu saja harga yang mahal tersebut sebanding dengan keistimewaan di Hari Natal. Seiring dengan semakin banyaknya peternak kalkun di Inggris, maka daging unggas tersebut semakin murah sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat banyak seperti sekarang ini. Menjadi primadona di Inggris terutama saat Natal membuat masyarakat Inggris bisa menghabiskan total 10 juta ekor kalkun setiap tahunnya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan mengapa kalkun jadi makanan utama saat Natal di Inggris? Kamu sendiri pernah tidak menyantap kalkun ketika sedang merayakan Natal? Jika sulit, kamu bisa cicipi menu olahan daging lainnya di beberapa rekomendasi tempat makan berikut ini ya!

Social House

Foto Social House
Foto Social House
Foto Social House

Altitude Grill

Foto Altitude Grill
Foto Altitude Grill
Foto Altitude Grill

Outback Steakhouse

Foto Outback Steakhouse
Foto Outback Steakhouse
Foto Outback Steakhouse

Tokyo Skipjack

Foto Tokyo Skipjack
Foto Tokyo Skipjack
Foto Tokyo Skipjack

Cork&Screw

Foto Cork&Screw
Foto Cork&Screw
Foto Cork&Screw

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?