Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Alasan Pisang Bisa Dijadikan Kuliner Pengganti Nasi!

List Artikel
22 Juni 2019 | 0 Komentar
Bagi masyarakat Indonesia, nasi adalah makanan pokok yang keberadaannya tidak bisa dipungkiri lagi. Bahkan ada pepatah yang mengatakan belum makan namanya kalau belum makan nasi. Tentu saja hal ini bisa menyiratkan kalau nasi adalah makanan yang tidak bisa lepas dari masyarakat Indonesia sehari-harinya. Tapi tahukah kamu kalau keberadaan nasi bisa digantikan dengan bahan makanan lainnya. Kita selama ini mengenal beberapa bahan makanan pengganti nasi yang terbuat dari umbi-umbian seperti seperti ubi, singkong, hingga kentang. Tapi ternyata ada buah yang juga bisa menggantikan nasi, yakni pisang. Kamu mungkin merasa aneh mendengarnya dan merasa kalau pisang hanyalah buah pencuci mulut. Jangan beranggapan seperti itu dulu teman PergiKuliner, karena ada alasan yang membuktikan kalau pisang bisa menjadi pengganti nasi, yaitu:


 Sumber : Supermarketperimeter.com


1. Pisang Memiliki Kandungan yang Setara dengan Nasi
Alasan yang pertama adalah pisang memiliki kandungan yang setara dengan nasi. Masa iya? Dalam pisang terdapat kandungan gizi seperti karbohidrat yang cukup tinggi dan bisa menyamai kadar karbohidrat dari nasi. Dua buah pisang karbohidratnya bisa menyamai semangkuk nasi putih. Coba saja kamu makan dua buah pisang di pagi hari, pastinya perut akan merasa kenyang dan kamu tidak mudah lapar.

2. Pisang Bisa Menyehatkan Saluran Cerna
Pisang tak hanya bisa membuatmu tidak mudah lapar, tetapi juga bisa membuat saluran pencernaanmu jadi lebih sehat. Jika dibandingkan dengan nasi putih, pisang memiliki kandungan serat yang jauh lebih tinggi sehingga bisa mengatur sistem pencernaan dengan lebih bagus. Pisang juga bisa membantu gerakan usus menjadi lebih teratur. Dalam pisang terdapat kandungan pektin yang bisa membuat pencernaan jadi lebih stabil dan mencegahmu dari sembelit. Tak hanya itu saja, bagi penderita penyakit maag, pisang sangat bagus dikonsumsi karena memiliki efek antasid yang bisa mencegah maag.

3. Pisang Lebih Sehat Disantap
Seperti yang sudah dikatakan di atas, ada banyak sekali manfaat dari menyantap pisang yang bisa kamu dapatkan. Tak hanya bagus untuk pencernaan, tetapi kamu juga bisa merasakan manfaat lainnya seperti bisa menurunkan berat badan karena kandungan lemaknya sedikit. Menurut para peneliti, pisang yang mengandung kandungan potasium ini sangat bagus dikonsumsi setiap harinya untuk kesehatan ginjal karena ketika tubuh mendapat asupan potasium yang cukup, maka ginjal akan berfungsi dengan lebih baik lagi. Selain kandungan potasium, dalam pisang juga terdapat senyawa fenolik antioksidan tinggi yang berperan melindungi ginjal dari resiko batu ginjal.

Dengan alasan-alasan tersebut, apakah kamu ingin coba mengganti asupan nasimu dengan menyantap pisang setiap harinya? Jika iya, kamu bisa santap aneka olahan pisang yang ada di bawah ini ya!

Sang Pisang

Foto Sang Pisang
Foto Sang Pisang

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Muju Avenue

Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue

Acai Parlor

Foto Acai Parlor
Foto Acai Parlor

Jamba Juice

Foto Jamba Juice
Foto Jamba Juice

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?