Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Cara Tepat Hangatkan Otak-otak Bakar Setelah Simpan di Kulkas

List Artikel
20 Januari 2024 | 0 Komentar

Otak-otak merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang memiliki tampilan serta rasa sangat unik. Kuliner ini memiliki bentuk panjang dengan ukuran dua jari yang dibalut dengan daun pisang. Otak-otak dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri yang sudah dihaluskan lalu dibumbui dan dicetak memanjang dengan dibungkus daun pisang lalu dibakar hingga matang. Otak-otak ini memiliki aroma yang sangat wangi karena kaya akan rempah dan ada campuran santan di dalamnya. Biasanya otak-otak bakar lebih sering dijumpai di kaki lima pinggir jalan karena pedagangnya menjajakan otak-otak bakar dengan menggunakan sepeda yang di bagian belakangnya terdapat kotak dan alat bakaran. Jadi nanti saat kita memesan otak-otak, pedagangnya baru akan mulai membakar pesanan Teman Kuliner. Saat membeli otak-otak, terkadang kita kalap sehingga ada sisa otak-otak yang ingin disantap besok harinya. Otak-otak akan tahan lama jika dimasukkan atau disimpan dalam kulkas. Tapi setelah disimpan di kulkas, teksturnya akan menjadi keras dan dingin, lantas bagaimana cara kita menghangatkannya? Yuk, coba cek caranya!


Dipanaskan di Atas Wajan Anti Lengket



Sumber: PergiKuliner.com


Cara tepat hangatkan otak-otak bakar yang bisa Teman Kuliner terapkan dengan mudah adalah dengan memanaskannya di atas wajan anti lengket. Usahakan untuk menggunakan wajan yang bagian dasarnya datar sehingga nanti tampilannya tidak berubah. Mengingat otak-otak ikan dibungkus dengan daun pisang, maka Teman Kuliner tidak perlu membukanya saat akan menghangatkannya. Tapi sebelum dihangatkan, usahakan diamkan terlebih dahulu otak-otak di suhu ruangan selama kurang lebih 10-15 menitan, baru dipanaskan di atas wajan anti lengket. Bolak-balik otak-otak sehingga semua bagian sisinya bisa dihangatkan dengan baik.


Dikukus di Kukusan



Sumber: PergiKuliner.com


Jika tidak ingin menunggu terlalu lama atau lupa mengeluarkan terlebih dahu otak-otak dari kulkas supaya suhunya sama dengan suhu ruangan, Teman Kuliner bisa langsung mengukusnya di dalam kukusan. Tapi pastikan kalau kukusan tersebut uapnya sudah banyak. Teman Kuliner cukup memanaskan otak-otak lima menit saja. Meski waktu menghangatkannya sangat cepat, tapi kekurangan dari cara ini adalah tekstur otak-otak jadi lebih empuk. Jika ingin teksturnya kenyal seperti semula, Teman Kuliner bisa memanaskannya sebentar saja di wajan anti lengket setelah dikukus.


Di Microwave atau di Oven dengan Suhu Rendah



Sumber: PergiKuliner.com


Cara tepat hangatkan otak-otak bakar yang lebih cepat dan mudah adalah dengan memanaskan di microwave atau oven dengan suhu rendah. Tata otak-otak di pinggan tahan panas. Jangan lupa untuk membuka pengikat ujung otak-otak. Hangatkan otak-otak dalam waktu hitungan detik saja karena jika lama-lama, otak-otak malah bisa menjadi gosong. Kira-kira waktu yang dianjurkan adalah sekitar satu menitan saja. Jika menggunakan oven, panggang otak-otak dalam pinggan tahan panas dengan suhu sekitar 140-150 derajat celcius selama kurang lebih 5 menitan. Dengan begitu tekstur otak-otak tidak akan mudah kering pada bagian luarnya. Baik itu dihangatkan dengan microwave maupun oven, jangan buka bungkusan daun otak-otak saat menghangatkannya karena daun pisang tersebut bisa menjadi penghalang panas supaya lapisan otak-otak tidak langsung bersentuhan dengan panas.


Itulah beberapa cara tepat hangatkan otak-otak bakar yang Teman Kuliner bisa praktekkan sendiri di rumah. Jadi mulai sekarang, Teman Kuliner bisa menyisakan dan menyimpan otak-otak bakar di dalam kulkas karena sudah tahu cara menghangatkannya. Buat yang suka makan otak-otak dan aneka olahan ikan tenggiri lainnya, di bawah ini rekomendasi tempat yang bisa Teman Kuliner datangi!

Otak - Otak Ase

Foto Otak - Otak Ase
Foto Otak - Otak Ase
Foto Otak - Otak Ase

Pempek Palembang & Otak - Otak 161

Foto Pempek Palembang & Otak - Otak 161
Foto Pempek Palembang & Otak - Otak 161
Foto Pempek Palembang & Otak - Otak 161

Otak - Otak Binatu AN

Foto Otak - Otak Binatu AN
Foto Otak - Otak Binatu AN
Foto Otak - Otak Binatu AN

Oom Resto

Foto Oom Resto
Foto Oom Resto
Foto Oom Resto

Pempek Selamat

Foto Pempek Selamat
Foto Pempek Selamat
Foto Pempek Selamat

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?