Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Caranya Agar Santapan Pancake Jadi Kaya Nutrisi

List Artikel
17 Juni 2020 | 0 Komentar

Pancake merupakan salah satu kuliner yang sangat identik dengan dessert bagi masyarakat Indonesia karena kebanyakan pancake yang dijumpai memiliki rasa yang manis. Pancake selalu dipilih sebagai makanan penutup yang bisa mengakhiri acara makan. Padahal di negara-negara barat, pancake justru lebih sering dijadikan sebagai menu sarapan. Berhubung di negara kita lebih sering dijadikan dessert, pastinya kadar kalori dan lemaknya akan jauh lebih tinggi. Secara, disajikannya bersama dengan es krim dan aneka topping manis seperti sirup dan lain sebagainya. Tapi sebenarnya pancake ini bisa dijadikan sebagai santapan yang kaya akan nutrisi jika kamu menggunakan cara-cara yang ada di bawah ini, yaitu:  



Sumber: Eatthis.com


Menggunakan Campuran Oatmeal di Dalamnya

Pertama adalah menggunakan campuran oatmeal di dalamnya. Biasanya pancake dibuat dengan bahan utama tepung terigu. Oatmeal mengandung serat yang tinggi dan juga punya banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Jika kamu tidak mau menggunakan oatmeal, maka gunakanlah tepung terigu yang gluten free alias bebas gula sehingga pancake jadi lebih sehat.

 

Umbi-umbian Juga Bagus Ditambahkan Agar Kaya Serat

Agar pancake buatanmu kaya akan kandungan protein di dalamnya, kamu bisa menambahkan umbi-umbian seperti ubi, kentang, atau labu di dalamnya. Tentu saja umbi-umbian yang digunakan sudah dikukus terlebih dahulu kemudian dihaluskan agar bisa dicampur dengan bahan-bahan pancake lainnya seperti tepung terigu, telur, susu, dan garam.

 

Gunakan Topping Buah-buahan

Untuk menambah kandungan serat, vitamin, serta mineral di dalamnya, tambahkan saja topping irisan buah-buahan seperti pisang, kiwi, jeruk, peach, strawberry, hingga buah-buahan berry lainnya. Buah-buahan segar mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga kamu tak mudah terserang sakit.


Ganti Gula dengan Madu Alami

Baik itu  pancake manis maupun gurih asin, gula pasir biasanya selalu ditambahkan ke dalam adonan dasarnya. Agar lebih sehat, sebaiknya ganti penggunaan gula pasir dengan madu. Dengan menggunakan madu, cita rasanya akan lebih manis alami dan legit. Tapi kekurangannya adalah adonan pancake lebih mudah gosong, jadi saat mendadarnya, usahakan apinya kecil saja. Jika tak ingin menggunakan madu, maple syrup bisa dipilih sebagai saus siraman untuk menambahkan cita rasa manis pada pancake.


Keju dan Susu Wajib Disertakan

Protein tinggi pada pancake bisa ditambahkan dari susu dan keju di dalam adonannya. Susu yang digunakan bisa jenis susu apa saja, tapi yang lebih bagus adalah susu tanpa lemak tau rendah lemak. Hasilnya memang tidak akan se-creamy jika menggunakan susu full cream. Sedangkan keju yang digunakan lebih baik keju berjenis krim alias cream cheese agar bisa dengan mudah menyatu dengan adonan. Jika tak ada cream cheese, kamu juga bisa menggunakan keju parmesan.


Kurangi Penggunaan Margarin atau Mentega

Cara terakhir agar dapat menjadikan pancake kaya nutrisi adalah mengurangi penggunaan margarin atau mentega. Kedua bahan ini memang bisa menjadikan aroma pancake jadi lebih wangi dan cita rasanya jadi gurih, tapi kadar lemaknya terbilang cukup tinggi. Kamu bisa menggantikan margarin atau mentega dengan minyak zaitun atau minyak canola.


Sekarang sajian pancake mu lebih kaya nutrisi sehingga kamu bisa menyantapnya setiap hari. Agar tidak bosan, kamu bisa bergantian menyantap pancake gurih dan manis secara selang-seling setiap harinya. Semoga informasi di atas bisa berguna untukmu ya, teman Pergikuliner!

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Denny's

Foto Denny's
Foto Denny's
Foto Denny's

Gram Cafe & Pancakes

Foto Gram Cafe & Pancakes
Foto Gram Cafe & Pancakes
Foto Gram Cafe & Pancakes

The Pancake Co. by DORE

Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE

BEAU Bakery

Foto BEAU Bakery
Foto BEAU Bakery
Foto BEAU Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?