Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Ciri-ciri Bubuk Matcha yang Kualitasnya Tinggi!

List Artikel
1 Januari 2020 | 0 Komentar

Bagi penggemar kuliner Jepang pastinya tahu dan mengenal matcha. Matcha ini adalah teh hijau yang berbentuk ubuk yang dihasilkan dari teh hijau yang digiling hingga halus seperti tepung. Berbeda dengan teh hijau atau green tea yang hanya bisa dijadikan minuman teh saja, matcha ini bisa ditambahkan untuk kuliner apa saja seperti pancake, waffle, martabak, es serut, es krim, puding, hingga aneka minuman varian kopi. Matcha bisa didapat dengan mudah di pasaran karena banyak dijumpai di beberapa supermarket. Tapi tahukah kamu kalau matcha ini ada yang berkualitas rendah dan tinggi? Matcha yang berkualitas baik pastinya memiliki cita rasa yang lezat. Tapi bagaimana cara membedakannya? Coba cek dulu ciri-ciri bubuk matcha yang kualitasnya tinggi di bawah ini yuk!

 


Sumber : Matchamu.com


1. Segi Warnanya

Bubuk matcha yang kualitasnya tinggi adalah matcha yang memiliki warna hijau cerah. Bukan warna hijau tua maupun hijau pucat. Bila warnanya hijau tua maka daun teh sudahh tua. Sedangkan bila warnanya hijau pucat dan cenderung kekuningan, maka ini tandanya matcha sudah lama dan tidak segar lagi sehingga kualitasnya menjadi rendah alias tidak bagus.

 

2. Segi Teksturnya

Untuk segi teksturnya, cobalah kamu sentuh bubuk matcha dengan jari. Jika teksturnya sangat lembut dan tipis, maka itu tandanya kualitasnya tinggi. Bisa dikatakan kalau tekstur bubuk matcha yang kualitasnya tinggi mirip dengan tekstur bedak bayi yang sangat lembut. Jika teksturnya ada butirannya dan kasar saat disentuh, itu tandanya bubuk matcha memiliki kualitas rendah.

 

3. Segi Aromanya

Kalau dilihat dari segi aromanya, aroma bubuk matcha yang kualitasnya tinggi akan berbau wangi dan ada sedikit aroma daun atau rumputnya. Hal ini dikarenakan bubuk matcha tersebut mengandung asam amino L-theanine yang diawetkan di dalamnya. Semakin kuat aromanya, maka semakin tinggi kadar asam aminonya dan pastinya semakin menyehatkan tubuhmu.

 

4. Segi Kelarutannya

Kamu juga bisa mengecek kualitas bubuk matcha dari segi kelarutannya. Bubuk matcha yang punya kualitas tinggi akan mudah larut dengan air saat diaduk, baik itu dalam keadaan dingin maupun panas. Hal ini dikarenakan matcha premium tidak akan menggumpal setelah 15 detik di aduk rata. Tapi jika setelah 15 detik kamu masih melihat adanya gumpalan, maka itu tandanya bubuk matcha berkualitas rendah.

 

5. Segi Cita Rasanya

Terakhir adalah mengecek ciri-ciri kualitas matcha yang bagus dari segi cita rasanya. Matcha yang berkualitas premium akan memiliki cita rasa yang manis dan ada sedikit rasa earthy dan rumput meski hanya sedikit. Tapi matcha yang kualitasnya rendah akan memiliki cita rasa yang pahit dan agak menusuk. Ini dikarenakan kandungan asam aminonya rendah sehingga tidak menghasilkan rasa manis dan nikmat untuk disantap.

 

Itulah beberapa ciri dari bubuk matcha yang kualitasnya tinggi. Ingin menyantap aneka olahan matcha yang enak? Mampir saja dulu ke salah satu tempat makan di bawah ini!

Uji Matcha

Foto Uji Matcha
Foto Uji Matcha
Foto Uji Matcha

Amausaan Uji Matcha

Foto Amausaan Uji Matcha
Foto Amausaan Uji Matcha
Foto Amausaan Uji Matcha

Origins

Foto Origins
Foto Origins

Hokkaido Icecream Puff

Foto Hokkaido Icecream Puff
Foto Hokkaido Icecream Puff
Foto Hokkaido Icecream Puff

Soft Ice Cream

Foto Soft Ice Cream
Foto Soft Ice Cream
Foto Soft Ice Cream

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?