Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini dia 3 Jenis Nasi Khas Timur Tengah yang Bikin Ketagihan!

List Artikel
13 Oktober 2020 | 1 Komentar

Perkembangan dunia kuliner seolah tiada habisnya. Beragam menu masakan luar negeri pun dapat dengan mudah kita cicipi tanpa harus pergi mengunjungi negara asal hidangan tersebut. Salah satunya seperti kuliner khas luar negeri yang cukup populer di Indonesia yaitu masakan dari Timur Tengah. Kuliner Arab ini banyak sekali diminati orang Indonesia karena rasanya yang khas dengan rempah yang terasa kuat di lidah. Bahkan sajian nasi ala Timur Tengah pun dibuat gurih dengan cita rasa rempah yang tajam. Kamu yang sudah terbiasa dengan masakan-masakan Indonesia yang gurih pastinya juga tak mau ketinggalan untuk mencobanya. Namun sebelum itu, mari berkenalan dulu dengan jenis-jenis nasi khas Timur Tengah seperti yang cukup populer di Indonesia seperti berikut ini:


1. Nasi Kebuli



sumber : Lumajangsatu.com


Nasi kebuli adalah hidangan khas Timur Tengah yang berupa nasi berbumbu yang dengan cita rasa gurih. Nasi ini biasanya dimasak terlebih dahulu bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin. Kemudian disajikan dengan daging kambing goreng dan terkadang ditaburi juga dengan irisan kurma, kismis atau bahkan kacang mete. Nasi kebuli ini biasanya memiliki ciri khas memiliki rasa dan aroma seperti kari dan berwarna kuning.


2. Nasi Mandhi



Sumber : Pergikuliner.com


Kalau nasi mandhi merupakan masakan yang berasal dari Yaman. Warna nasi ini tidak begitu kuning seperti nasi kebuli, melainkan seperti nasi putih dengan campuran rempah-rempah. Nasi mandhi memiliki aroma rempah-rempah yang cukup kuat karena menggunakan kapulaga di dalamnya. Selain itu, ciri khas lain dari nasi mandhi ini adalah aroma asap arangnya yang meresap ke dalam nasi, karena dimasak menggunakan arang sehingga menimbulkan sensasi tersendiri. Nasi mandhi biasanya juga disajikan dengan daging kambing sebagai pendampingnya.


3. Nasi Biryani



Sumber : Tribunnewswiki.com


Berbeda dengan nasi-nasi diatas, nasi biryani merupakan hidangan yang dimasak bersama rempah-rempah, sayuran, atau daging. Nasi biryani berasal dari Persia, dimana kata biryani sendiri berarti goreng atau panggang dalam bahasa Persia. Nasi biryani memiliki rasa yang jauh lebih gurih dengan aroma rempah yang lebih tajam, jika dibandingkan dengan nasi mandhi maupun nasi kebuli. Sama seperti nasi mandhi, nasi biryani pun biasa disajikan bersama dengan aneka olahan menu daging kambing yang lezat.


Ketiga hidangan ini biasanya dibuat menggunakan beras basmati yang berasal dari india. Berbeda dengan beras indonesia pada umumnya, beras ini memiliki bentuk lebih langsing dan lebih panjang. Beras ini juga memiliki aroma yang lebih harum jika dibandingkan dengan beras biasa. Nah dari ketiga nasi khas Timur Tengah seperti diatas, kamu bisa mencobanya di tempat makan di bawah ini dan tentukan mana yang jadi favorit kamu!

Al Jazeerah Signature

Foto Al Jazeerah Signature
Foto Al Jazeerah Signature
Foto Al Jazeerah Signature

Emado's Shawarma

Foto Emado's Shawarma
Foto Emado's Shawarma
Foto Emado's Shawarma

Al-Jazeerah Lounge

Foto Al-Jazeerah Lounge
Foto Al-Jazeerah Lounge
Foto Al-Jazeerah Lounge

Awtar By Hadramawt Palace

Foto Awtar By Hadramawt Palace
Foto Awtar By Hadramawt Palace
Foto Awtar By Hadramawt Palace

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
<a href="https://nasikotaktasneem.com">nasi kotak surabaya</a> Merupakan sub-brand dari Aqiqah Nurul Hayat yang melayani dan menerima pesanan untuk banyak menu nasi kotak dan catering untuk acara atau walimah non-Aqiqah seperti Khitanan, Ulang Tahun, Syukuran dan Acara Perkantoran
na.rakhma11@gmail.com | 22 Mar 2022 pk. 09:15 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?