Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 3 Penyedap Makanan Alami yang Berbahan Dasar Udang!

List Artikel
7 Januari 2020 | 0 Komentar

Indonesia memang sangat terkenal akan keanekaragaman kulinernya. Masing-masing daerah di Indonesia memang punya kuliner khasnya tersendiri. Banyak orang yang mengatakan kalau cita rasa masakan Indonesia cenderung eksotis karena memang dibuat dari beragam rempah serta bumbunya. Tapi tahukah kamu kalau ada rahasia kecil dibalik kelezatan cita rasa masakan Indonesia? Jika diperhatikan dengan seksama, rata-rata masakan Indonesia menggunakan bumbu penyedap alami yang di dalamnya terdapat kandungan udang. Pada dasarnya, udang yang termasuk dalam kategori seafood ini memang bisa membuat cita rasa masakan menjadi lebih gurih dan umami. Oleh karena itu, udang seringkali diolah menjadi aneka penyedap makanan seperti yang ada di bawah ini:


1. Terasi



Sumber : Beritagar.id


Penyedap makanan alami yang pertama adalah terasi. Terasi dibuat dari hasil fermentasi udang rebon. Warnanya ada yang cokelat kehitaman dan cokelat kemerahan. Cara pembuatannya adalah dengan merebus terlebih dahulu udang rebon, lalu menumbuknya dan beri garam lalu jemur hingga kadar airnya hilang. Setelah itu ditumbuk lagi dan dibentuk hingga berbentuk seperti terasi pada umumnya. Terasi seringkali digunakan pada campuran sambal, tumisan, hingga nasi goreng. Makanan yang diberi tambahan terasi akan memiliki rasa yang lebih gurih dan aroma umami yang sangat khas.


2. Petis



Sumber : wikimedia.org


Berikutnya ada petis yang banyak digunakan oleh masyarakat Jawa Timur. Petis adalah salah satu penyedap alami makanan Indonesia yang dibuat dari bahan utama udang, terutama bagian kepalanya yang direbua hingga airnya mengental lalu diberi tambahan gula merah atau gula batok serta garam. Inilah yang menjadikan petis punya citarasa yang cenderung manis tapi tetap gurih. Selain dari bahan dasar udang, petis juga bisa dibuat dari ikan atau kerang. Cara pembuatannya juga sama kok dengan petis udang. Berhubung petis asalnya dari Jawa Timur, maka petis banyak digunakan dalam aneka kuliner Jawa Timur seperti rujak cingur, lontong balap, tahu tek campur, dan lain sebagainya.


3. Ebi dan Rebon



Sumber : Tribunnews.com


Terakhir ada ebi dan rebon yang merupakan salah satu jenis udang. Ebi dan rebon memang kerap kali dijadikan penyedap alami makanan, baik itu tumisan, gorengan, hingga kuliner berkuah. Rebon merupakan jenis udang yang ukurannya sangat kecil. Kamu bisa menjumpainya dalam keadaan masih utuh atau bubuk. Sedangkan ebi ukurannya lebih besar dengan warna yang lebih orange sementara rebon warnanya agak putih. Keduanya ini seringkali dijadikan campuran bumbu pada sambal, tumisan, gorengan, hingga olahan makanan Indonesia lainnya.

Itulah beberapa penyedap makanan alami yang terbuat dari bahan dasar udang. Selain ketiga penyedap makanan di atas, menurut kamu masih ada lagi tidak penyedap makanan alami yang terbuat dari udang?

Petisan

Foto Petisan
Foto Petisan
Foto Petisan

Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo

Foto Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo
Foto Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo
Foto Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo

Daging Asap Sambal

Foto Daging Asap Sambal
Foto Daging Asap Sambal
Foto Daging Asap Sambal

Sambal Khas Karmila

Foto Sambal Khas Karmila
Foto Sambal Khas Karmila
Foto Sambal Khas Karmila

Master Nasi Pedas Bali

Foto Master Nasi Pedas Bali
Foto Master Nasi Pedas Bali

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?