Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 5 Fakta Unik Tentang Roti!

List Artikel
30 April 2019 | 0 Komentar
Siapa yang tak kenal roti. Kuliner berbahan dasar tepung ini memang bisa ditemukan di semua penjuru dunia. Alasannya karena roti sangat disukai masyarakat dunia karena bisa dijadikan sebagai menu sarapan, cemilan, hingga bahan pendamping makanan lain. Selain itu, roti juga mudah ditemukan karena ada banyak sekali penjual roti, baik itu penjual kaki lima yang menjual roti di gerobak hingga toko. Roti juga sangat banyak sekali variannya, mulai dari roti tawar hingga roti dengan isian manis seperti selai dan cokelat hingga roti dengan isian tuna, ayam, daging dan sosis. Berbicara tentang roti, tahukah kamu kalau dibalik kepopulerannya ini, roti memiliki segudang fakta unik yang sangat menarik untuk kamu ketahui. Tapi PergiKuliner tidak akan mengungkapkan semuanya karena hanya akan ada lima fakta unik tentang roti yang kali ini akan diungkapkan kepadamu, yaitu:

Sumber : Pergikuliner.com

1. Roti Pernah Menjadi Mata Uang Mesir
Fakta unik yang pertama adalah roti ternyata pernah menjadi mata uang masyarakat negara Mesir. Hal ini dikarenakan roti memiliki harga yang terbilang sangat mahal sehingga keberadaannya bisa menyamai emas. Saking tingginya derajat roti, masyarakat Mesir selalu meletakkan roti di atas makam orang-orang yang sudah meninggal. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa penghormatan dengan memberikan barang mahal kepada orang yang sudah meninggal tersebut.

2. Nama Roti Sandwich Diambil dari Nama Pangeran Sandwich
Sandwich merupakan salah satu jenis varian roti yang sering dijadikan sebagai menu sarapan atau bekal makan siang karena sangat mudah membuatnya. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada fakta unik mengenai nama sandwich ini. Nama roti sandwich ternyata diambil dari nama seorang pangeran bernama Earl of Sandwich atau Pangeran Sandwich. Pangeran Sandwich menciptakan konsep roti berlapis pada tahun 1700-an yang kemudian diberi nama dengan namanya sendiri yakni sandiwch.

3. Roti Tak Mengenal Agama, Ras dan Budaya
Keberadaan roti memang bisa menyatukan semua orang, baik itu yang memiliki ras berbeda, budaya berbeda, hingga agama berbeda. Coba saja kamu perhatikan, ketika perayaan-perayaan besar atau ada hari khusus dalam keagamaan, roti seringkali hadir untuk disantap semua orang. Jadi dalam arti kata lain, roti bisa menjadi pemersatu bangsa dan semua kalangan masyarakat.

4. Roti Pizza Sudah ada Sejak Zaman Sebelum Masehi
Suka menyantap pizza? Pastinya kamu tahu kalau pizza dibuat dari roti pipih yang diatasnya diberi aneka topping menarik yang membuat cita rasanya jadi berbeda-beda. Roti pipih yang digunakan pada pizza ini ternyata sudah ada sejak zaman Mesir Kuno atau pada zaman sebelum Masehi alias 12.000 tahun yang lalu. Pada saat itu, masyarakat Mesir memanggang roti dengan menggunakan kuali dan kayu bakar atau arang lalu menyantapnya dengan susu atau bahan makanan lainnya seperti buah-buahan.

5. Roti Pernah Dilarang di Amerika Serikat
Fakta unik lainnya tentang roti adalah ternyata roti ini pernah dilarang oleh pemerintah Amerika Serikat. Pelarangan roti di Amerika terjadi pada tahun 1943. Sayangnya, alasan dari peralangan tersebut tak jelas dan tak ada penyebabnya. Sejarah mengenai pelarangan roti di Amerika sampai saat ini menjadi pelarangan terburuk yang terjadi dalam sejarah roti sepanjang masa.

Nah, itulah fakta-fakta unik mengenai roti yang mungkin belum pernah kamu dengar. Menurut kamu masih ada lagi tidak fakta unik yang lebih menghebohkan lainnya? Setelah mengetahui fakta unik tersebut,bagaimana kalau kamu langsung menyantap aneka varian roti lezat yang ada di bawah ini!

Roti Eneng

Foto Roti Eneng
Foto Roti Eneng
Foto Roti Eneng

Roti Nogat

Foto Roti Nogat

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Tous Les Jours

Foto Tous Les Jours
Foto Tous Les Jours
Foto Tous Les Jours

Saint Cinnamon & Coffee

Foto Saint Cinnamon & Coffee
Foto Saint Cinnamon & Coffee
Foto Saint Cinnamon & Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?